alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pelemahan Rupiah, BI : Jangan Lihat Dari Nilai, Tapi Pergerakannya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b975a309478682a168b4567/pelemahan-rupiah-bi--jangan-lihat-dari-nilai-tapi-pergerakannya

Pelemahan Rupiah, BI : Jangan Lihat Dari Nilai, Tapi Pergerakannya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia (BI), Doddy Zulverdi menyebut bahwa pelemahan rupiah yang sempat terjadi di Indonesia jangan dilihat dari nilai angkanya.

Namun, dilihat dari seberapa cepat pergerakan perubahan angkanya. Menurut Doddy hal ini karena nilai mata uang memiliki relative price atau harga relative yang berbeda dari tahun ke tahun.

"Nilai tukar selalu kecenderungannya adalah level-level ketika kita menghadapi masalah besar yakni krisis. Pemahaman yang perlu kita tanamkan, karena perubahan itu tidak bisa dilihat secara angka psikologis, tapi seberapa cepat ia bergerak," kata Doddy, Senin (10/9),

Ia mencontohkan bahwa nilai mata uang akan bergerak terus dari tahun ke tahun, dimana nilai mata uang saat ini berbeda dengan 20 tahun lalu ataupun 50 tahun kedepan.

"Nilai tukar adalah salah satu contoh indikator ekonomi yang tidak bisa dilihat dari suatu angka tertentu, angka Rp 15.000 sekarang dengan angka Rp 15.000 pada 20 tahun lalu beda nilainya, misalkan di 50 tahun lagi katakanlah rupiah kita lebih lemah lagi," ujarnya.

Menurutnya di Negara lain, masalah nilai tukar tidak pernah menjadi berita besar jika saja pergerakannya masih soft. Namun jika perubahan angka terlalu cepat dan cenderung berkali-kali lipat dari biasanya, inilah yang akan menjadi masalah.

"Di Amerika, Australia, Korea nilai tukar itu bergerak tidak pernah menjadi berita besar kecuali pergeraakan cepat. Itu seberapa cepat dia (mata uang) bergerak. Bagi pelaku usaha itu seberapa cepat nilai tukar itu bergerak, kalau Rp 17.500 bergerak kangka Rp15.000 pada dua hingga tujuh bulan, tentu sangat berbeda jika itu terjadi di 1997 dan 1998 yang perubahannya berkali lipat," jelasnya.

Menurutnya masalah kondisi atau situasi ketidak pastian global yang terjadi saat ini menyebabkan konsisi ekonomi timpang. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan karena sejauh ini pelemahan rupiah atau penguatan rupiah (dalam beberapa hari) masih berada di range aman.

"Faktor-faktor kenapa kita sampai pada situasi sekarang ini, situasi ini tidak telepas dari ekonomi global yakni ekonomi dunia pertumbuhannya berat sebelah," ungkapnya.

Ketimpangan ekonomi ini dialibatkan dari berbagai kebijakan yang terjadi diluar negeri seperti kebijakan kenakan suku Bungan amerika serikat kepada beberapa Negara serta gejolak ekonomi Argentina dan Turki yang berdampak pada Indonesia.

"Ketimpangan ini terjadi karena pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat tumbuh kuat sedangkan Eropa, Jepang dan China melemah. Selanjutnya kenaikan sukau bunga Fed Fund Rate, masalah perdagangan antara AS dan sejumlah negara, serta resiko dari gejolak ekonomi Turki dan Argentina," kata Doddy.

https://m.kontan.co.id/news/pelemahan-rupiah-bi-jangan-lihat-dari-nilai-tapi-pergerakannya

Rupiah lemah jangan dilihat dari nilainya emoticon-Shakehand2
4 tahun dari 11rb ke 14 rb. kerja lu apa
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh 54m5u4d183
goblok
Balasan post TraderBT
Quote:


pencitraan, bagi2 sembako dan sepeda, bagi2 surat tanah juga emoticon-Angel
Quote:


emoticon-Cool
hoax membangun gak abis-abis
di akhir zaman pemerintahan sby 1 dollar berapa rupiah ya? ada info?

moga bisa stabil kalau perlu menguat tuh rupiah
Balasan post kazuraba
Quote:


11.600-12.200 september 2014
Quote:


wah masih lumayan. Semoga pemerintahan skrg atau kedepannya bisa lebih baik lagi emoticon-Shakehand2 dan dimohon ga nyalahin rakyat, oposisi dll dll. pemerintah dikasih kepercayaan buat ngurus negara. masalah kalau banyak yang dukung berarti pemerintahan skrg memuaskan. sebaliknya begitu kalau banyak yang ga suka, ada yg salah dimata rakyat. bukan menghina pemerintah ya emoticon-Shakehand2
rakyat mana butuh hal bginian tau nya harga pangan stabil murah tersedia. akses pendidikan gratis.kesehatan yg bagus udah itu ajah
Quote:


Pelemahan Rupiah, BI : Jangan Lihat Dari Nilai, Tapi Pergerakannya
yg penting harga bakso masi 10 rb,pergi mati aja yg kelojotan ama naik nya dollar....
Ingat bener ane, dulu jaman beye krisis global thn 2008, usd cuman 9800, sgd cuman 7000, ekonomi keluarga malah melonjak tajam. Rezim yg katanya cebong sia2 belaka
Pergerakan ma nilai ya searah. Mana ada pergerakan turun nilai meningkat. emoticon-Cape d...
hehe...proses ditutup, yang penting hasil
Balasan post R4itouYagami
Quote:


mksdnya krisi 2008 ekonomi keluarga lu malah naik banget gitu ya?
Balasan post kaskus.sajalah
Maksudnya usaha mikro yang melonjak naik ini faktor kenapa indonesia pada saat itu tidak begitu terdampak.
BI itu bank sentral dan dia itu independen diluar pengaruh pemerintahan jadi terserah dia ajalah.
emoticon-Ngakak


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di