alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Impor Beras dan Gula saat Dolar AS Tinggi, Ini Kata Pemerintah
3.29 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b971734c0d770654d8b4567/impor-beras-dan-gula-saat-dolar-as-tinggi-ini-kata-pemerintah

Impor Beras dan Gula saat Dolar AS Tinggi, Ini Kata Pemerintah

Jakarta - Pemerintah telah mengambil beberapa langkah untuk mengurangi defisit transaksi berjalan demi menjaga rupiah. Namun di satu sisi banyak yang mempertanyakan ketika pemerintah justru membuka keran impor untuk bahan pangan seperti beras dan gula.

Deputi III Kantor Staf Presiden (KSP) bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis , Denni Puspa Purbasari menjelaskan, struktur impor yang dilakukan setiap tahun terdiri dari 70% bahan baku, 18% barang modal dan 12 barang konsumsi. Sementara impor beras dan gula yang dipersoalkan merupakan masuk dalam kategori konsumsi yang memang menjadi upaya pemerintah melakukan pengereman.

Dia menekankan beras dan gula adalah bagian penting dari kebutuhan bahan pokok. Komoditas ini perlu dijaga ketersediaannya, jika tidak daya beli masyarakat yang terhantam.

"Karena itu pemerintah realistis menjaga daya beli masyarakat bawah. Sebab 25% dari belanja masyarakat miskin itu untuk beras. Jadi harus stabil," tuturnya di bilangan Cikini, Jakarta, Sabtu (8/9/9/2018).

Pemerintah, kata Denni, juga tidak sembarangan mengambil kebijakan untuk membuka keran impor beras dan gula. Jikapun hal itu dilakukan pemerintah juga menunggu waktu yang tepat untuk mengguyurnya ke pasar.

"Impor bahan pangan itu kecil banget loh tarik mundur sejak tahun 2000 atau 2005 berapa impor bahan pangan Indonesia. Jadi apa yang dilakukan Pak Jokowi ini berlebihan atau tidak itu statistik enggak bisa bohong bahwa impor beras di era Jokowi adalah yang terendah," tambahnya.

Seperti diketahui Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menambah izin impor beras untuk Perum Bulog sebesar 1 juta ton. Dengan begitu, total izin telah mencapai 2 juta ton.

Penambahan izin impor tersebut pada dasarnya telah diputuskan sekitar tiga bulan lalu dan berlaku hingga Agustus 2018.

Kemendag juga telah mengeluarkan izin impor gula sebanyak 1,1 juta ton. Dari total tersebut, Perum Bulog hanya mendapatkan 60 ribu ton.

https://m.detik.com/finance/berita-e...ata-pemerintah

Saya tidak tau
Saya tidak tau
Saya tidak tau

Mukidi anjing

Haiyaaaaaaa cilakaaaaaaaaa waaaaaa emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek
Halaman 1 dari 2
yg gila itu saat mau panen, impor 2 juta ton beras, padahal biasanya sektiar 300rban ton saja emoticon-Ngakak
jelas ada yg cari fee dari impor ini mah, si brutus paling emoticon-Ngakak
Impor itu untuk menekan harga,ujungnya menahan laju inflasi,emang bener sih

Tapi apa sejalan dgn nawacita yg diusung ?
Juga sejalan kah dgn janji kampanye 2014?

Impor Beras dan Gula saat Dolar AS Tinggi, Ini Kata Pemerintah
Makin tinggi dolar, makin besar fee nya. Bukan begitu Jok.

Inget gak 2014 ngomong gak bakal impor pangan?
Mentri Jemvut anak buah brutus
Quote:


Impor Beras dan Gula saat Dolar AS Tinggi, Ini Kata Pemerintah
emoticon-Imlek
Diubah oleh 92702689
Balasan post sibrorr
Quote:


Nawacinak gan emoticon-Imlek
Quote:
maqin yaqin...pulang qamfuung...jualan kursi
Justru impor banyak membuktikan warga miskin makin banyak emoticon-Big Grin

koplak😂
Balasan post superman313
Quote:


Jokoflak emoticon-Imlek
Sungguh aneh, kok thread begini ratenya rendah ya gan?
gak papa impor asal yang impor jokowi
Balasan post sibrorr
itu bukan masalah kalau rupiah kuat

ketika rupiah tergerus, itu masalah besar



Quote:


Quote:


ente bikin tritnya mngkritik JOKOWI melulu sih gan... emoticon-Big Grin

Coba,
kalau ente memuji2 JOKOWI SETINGGI LANGI..emoticon-Big Grin

di jamin ente dpt rate yg tinggi... emoticon-Recommended Seller
Balasan post kakekane.cell
Quote:


Kaskus udah ga netral lagi ya gan! emoticon-Marah

Apa kabar gan?
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


baik2 saja mas... Td pagi lg ngebersihin (menjamas) bnda2 pusaka, kepunyaan mndiang ayah... emoticon-Big Grin

ini kan, TAHUN BARU SURA... kepercayaan lokal, (walau ane sndiri muslim) msh santer didaerah ane... emoticon-shakehand
Balasan post kakekane.cell
Quote:


Puji Tuhan, semoga agan dan keluarga diberikan rezeki yg melimpah dan kesehatan yg baik dari Tuhan, Amin emoticon-Smilie
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di