alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anwar Nasution Sebut Jumlah Jamaah Haji RI Turut Lemahkan Rupiah
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9714039478684e288b4568/anwar-nasution-sebut-jumlah-jamaah-haji-ri-turut-lemahkan-rupiah

Anwar Nasution Sebut Jumlah Jamaah Haji RI Turut Lemahkan Rupiah

Quote:


SUMBER


sebenarnya indonesia termasuk hebat si
bayangkan saja
duit miliaran dolar tiap tahun mengalir ke arab saudi

segelintir orang dengan talenta dan jiwa nasional yang luar biasa
selalu sibuk memikirkan ekonomi negara
sibuk membuat aliran dana masuk ke dalam negeri

tapi kalangan lain sibuk mengalirkan uangnya ke arab saudi
seandainya duit itu berputar di indonesia saja
wow sekali pastinya

emoticon-Traveller
Diubah oleh kaskus.sajalah
Halaman 1 dari 3
duit2 dia buat urusan ibadah dia sendiri. Ngapa lu yg repot ngurusi. emoticon-Imlek
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
ditempat ane antrian haji sampe 30 tahun lho

bayangkan berapa duit yg bisa dihasilkan bila diinvestasikan...

emoticon-Embarrassment
perlu ada moratorium haji dari kemenag, dan yanv diutamakan haji adalah mereka yang belum pernah berhaji sekalipun
Balasan post jeffrey.maulana
Quote:


Lah sekarang memang begitu bro
Balasan post jeffrey.maulana
dan tetap aja rupiah melemah
Nah akhirnya ada juga yg berani ngomong ini di depan publik..

Mudah2an ga jadi penistaan agama nih, org tolol kalo di omongin kadang kagak ngerti soalnye.. emoticon-Big Grin
Diubah oleh filusufkacang

Haji itu udah ada sejak zaman Indo dibawah Netherland Indische.
Knapa baru skarang nyalahin haji?

Dari dulu juga haji tiap tahun ga masalah kok.

Lagipula jumlah uang yg terbuang di haji itu juga masih mending, karna kateringnya juga dari Indonesia. Maskapainya juga sbagian pakai Garuda. Tenaga kesehatan n layanan2 nya dari Indo, artinya masih bnyak uang yg kembali ke Indo juga.

Bandingkan dengan jutaan liburan orang Info tiap tahun ke luar negeri.
Kalo yg mnengah di paling di KL atau Singapore. Yg banyak duit ke Korea, Japan, hingga ke Eropa.

Berapa puluh T yg dibawa keluar dalam setahun wisata ratusan ribu orang Indo itu?
Itu jauh lebih besar dari wisata haji lho.




pemerintah yg gak becus,
orang haji disalahin

makin goblok aja ras nastak

emoticon-Wkwkwk
Ibadah haji merugikan negara?
Wah lo mau dipersekusi emoticon-Hansip
Diubah oleh gembalaonta212
Quote:


Mana mau kemenag ngelakuin itu..

Skrg haji yg super plus2 setahun berangkat bisa nyampe 200-300 juta tarifnya..

Bayangin aje ongkos haji yg cuman 25-30 juta itu bisa bengkak sampe 10 x lipat kira2 pada kemana tuh uang? emoticon-Big Grin
Balasan post filusufkacang
Quote:


Tempat yang sebetulnya biasa biasa aja disulap jadi destinasi wisata yang wajib dilakukan bagi yang mampu..
trik marketing yang luar biasa emoticon-Traveller
Balasan post ngeri.tenan
Quote:


Lah, justru ngendap 30th di dalam negeri itu juga udah investasi namanya.

Coba tanyain ke Kemenag, bunga nya diapain itu duit ratusan Trilyun?

Jadi masalah haji tu bukan semata dilihat orang buang duit ke Saudi aja.
Tp sejak lama sebelum duit dibuang ke Saudi itu duit2 mereka udah ngendap lama di dalam negeri.

Harusnya juga jd fundamental keuangan dalam negeri itu.
Coba audit Kemenag

Yha... opung nembak kaki sendiri.

Kemarin sebenarnya serangannya udah kenceng, eh kalo dibelokin ke situ malah jadi gabisa dipake kan--
Jumlah jemaah haji tahunan cuma 200rb.. Jumlah turis indonesia ke luar negeri 9 jutaan..
Balasan post berylucu
berkat rahmat Tuhan yang maha esa
Quote:


Mungkin jaman dulunya si mamad ga mengira kalo paket perjalanan ini bisa sebooming ini...

Walopun di atas ada yg bilang kalo katering, penerbangan di lakukan oleh perusahaan lokal.. Tapi biaya semua di berikan dalam kurs dollar, makanya sering ada penyesuaian biaya dari pendaftaran sampe keberangakatan..

Suka ga suka travel ini adalah salah satu penyebab penguatan kurs dollar..

Karena jumlahnya setiap tahun sangat besar... Bisa ribuan jemaah berangkat setiap tahun.. emoticon-Big Grin
ga ngerti ane
Diubah oleh chyana
Bahkan untuk mengalirkan miliaran dolar ke arab saudi, orang2 sini rela antri bertahun2.duit2 mereka pribadi.

#lanjutkantangisanmu.

emoticon-Traveller
emoticon-Traveller
emoticon-Traveller
Diubah oleh hakiki648
1. Turki
2. Argentina
3. Mokar makar
4. Haji
5. Next?
Dan nastak masih goblog
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di