alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
[Ask] diperjuangin atau tinggalkan?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b95267fdcd770f2628b4567/ask-diperjuangin-atau-tinggalkan

[Ask] diperjuangin atau tinggalkan?

Halo, Selamat Malam agan dan sist 😊

Saya mau cerita, mohon untuk diberi masukan yahh.

Ini bermula dari saya (20th) dijodohkan oleh kakek saya dgn cucu dari kakaknya kakek. Perjodohan cucu dg cucu bermaksud utk mempererat keluarga. Cowok yg di jodohkan dg saya berusia 28th, mapan, agamanya jg baik.

Awalnya ayah saya setuju dg perjodohan tersbt. Sudah sholat istikharah jga katanya, sempet bilang jg ke kakek "iya, saya ridhoi pak, mereka ber2 cocok"

Suatu hari, keluarga si cowok minta pertemuan. Tp tiba2 ayah nggak setuju, takutnya lgsng dilamar. Saya jg di bilangin fokus kuliah aja dulu. (fyi : saya baru semester 4) tp saya tetep maksa untuk diadakan pertemuan.

Stlh itu diadakan pertemuan, keluarga si cowok ke rumah saya dgn niatan memperkenalkan (saya dg mas IR). Karena awalnya cuman tau dari foto aja. Jadilah kita ketemuan, sama2 malu2 kucing.

Keluarga si cowok, minta kepastian untuk siap dilamar kapan, tpi ayah saya marah2. Bilangnya suruh kenalan aja antara saya dg mas IR. Pacaran kayak anak jaman sekarang. Tp keluarga si cowok yg agamanya dalam banget itu nggak mau. Oke, setelah pertemuan itu keadaan keluarga memanas. Ayah dan kakek marahan, smpi nggak dianggap menantu lagi. Karena awalnya kan ayah bilang setuju, tp kenapa berubah segampang itu gituloh? Sampai saat ini sy nggak tau alasannya...

Nggak lama ms IR ngehubungi sy, kita saling ngechat tanya kabar, dll -+ 1 bulan lamannya. Setelah itu bapaknya msIR nanya lg kapan bisa di lamar. Tpi tetep ayah nyuruh kenalan aja dulu, lamaran nunggu saya lulus+ kerja dulu.
1 bln berlalu lgi, bapaknya mas IR tetep nanyain kpn bisa di lamar. Karena dianya kasian sm anaknya, udah 28th gitu pengennya cepet dinikahin. Apalagi dia anak ke 2, kaka dan adiknya udah nikah. Dia doang yg belum, karena nunggu mapan dulu katanya. (fyi: adiknya nikah mas IR yg ngedanain)

Sy udah ngomong pelan2 ke ayah, saya mau dilamar. Tpi ayah tetep aja suruh lanjut kuliah smpai di tawarin buat lanjut s2. Tp saya nggak mau, karena kuliah ambil jrsan pend. Ekonomi dri awal bkan pilihan saya. Awalnya saya skloh smk biar langsung kerja.. Bukan kuliah terus jadi guru. (fyi : sy nggak pd buat jdi guru, krna nggak bisa ngomong di dpn orang banyak, public speakingnya kurng)

Stlh itu perjodohan dibatalin olh kakek, tp tiba2 mas IR balik ngehubungin saya. Dia bilang nggak mau dijodohin lg, udah cocok sm saya. Kemudian kita ketemu, dia dri pasuruan sm keluarganya ke rmh kakek di mlg. Kita di kasih kesempatan buat ngomong berdua, ini first time kita ngomong pjg lbr. Sy lihat ms IR tanggung jawab bgt, tegas, humoris jga, pengetahuan agamanya jg baik. Dia mutusin untuk ngejalanin taarufan sekiranya tahun dpn itu harus ada pernikahan.

Nah, sy bingung gimana caranyaa buat cari restu ke ayah, yg wataknya keras kepala banget? Apalgi keluarga si cowok nuntutnya tahun depan hrs ada pernikahan. Saya udah nyerah beberapa kali, dan ikhlasin mas IR untuk di jodohin dgn yg lainnya, tpi dia tetep bergantung sama saya..
Saya udah sholat istikharah, belum ada jawaban mimpi malah ada kemantapan hati untuk menikah muda dn meninggalkan kuliah..
Mohon pendapat dan masukkannya. terimakasih🙏🙏






Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
terus istikharah terus sis u ngehadapi bapak yang keras.
Kasusnya sama kayak saya mbak.
Keluarga saya yg udah ngebet tapi pihak ceweknya yg blom ad kejelasan, umur saya juga sama am mas IR 28 Tahun :v
maaf bantu jawab...

"gilr will always be a daddy little girl, no matter how old is she..."


dari penjelasan singkat yang ane baca sih ayah sista masih kurang "legowo" buat ngelepasin sista.. apalagi umur masih 20 tahun trus dijodohin sama umur 28.. sebagai ayah pasti bakal ngelakuin apapun untuk melindungin putrinya.. ada positif dan negatifnya sebenernya tergantung sudut pandang sista sendiri.. pertanyaannya adalah apa udah siap diumur yang sangat muda udah ngebangun komitmen sama pasangan yang baru ketemu dan beda 8 tahun..? tapi dilain sisi apa sista bakal sia2in waktu muda sista buat lanjutin kuliah dibidang yang ngga sista suka..? itu semua balik lagi ke sista sendiri.. kalo udah siap lahir batin dengan segala resikonya saran ane sih monggo diperjuangkan.. apalagi katanya agamanya kuat dan bertanggung jawab.. tapi kalo sekiranya masih ada keraguan ya monggo dipikir pikir lagi.. dalam hal seperti ini memang salah satu pihak ada yang harus mengalah.. tapi cepat atau lambat moment ini (sista dilamar) pasti akan kejadian walaupun ayah sista siap atau tidak siap..

skrg balik lagi ke keyakinan sista dan pasangan.. setiap ayah dimuka bumi ini cuma ingin yang terbaik buat anaknya.. dan itu suatu hal yang mutlak..
maafkan ane yang hina dina ini agak lancang dalam bertutur..
emoticon-Nyepi
Quote:


Apa alasan kamu maksa buat diadakan pertemuan padahal ayah kamu tidak setuju? Gatel?

Bapak kamu sudah menyatakan pandangannya ke keluarga cowo. Tunggu kamu selesai kuliah + kerja dulu. Terus keluarga cowo gak nganggap ucapan ayah kamu? Ucapan ayah kamu dianggap angin sepoi-sepoi numpang lewat? Sudah dibilangin, nanya lagi, nanya lagi.

Kamu tulis ini menekankan cowo dan keluarga cowo orang yang tahu agama. Menurut agama kamu, keputusan putrinya menikah dengan siapa adalah hak ayah kamu kan? Terus kenapa kamu dan kakek kamu mengadakan pertemuan dengan keluarga cowo tanpa sepengetahuan ayah kamu?

G lebih condong dengan keputusan ayah kamu. Kuliah + bekerja dulu. Kita tidak tahu masa depan seperti apa. Amit-amit jika sampai cerai setidaknya ayah kamu bisa tenang karena kamu punya gelar + pengalaman kerja.

Lagipula, menyelesaikan kuliah + kerja adalah pengalaman hidup yang berharga dan bisa membuka wawasan kamu. Pikiran ingin menikah cepat dan menjadi ibu rumah tangga, sorry to say, itu pola pikir yang sempit.

Tidak perlu pasif agresif dan secara halus menyalahkan ayah kamu. Bicara terus terang ke ayah kamu bahwa menikah adalah keinginan kamu. Jangan berlindung di balik tameng, keluarga cowo maunya gini, si cowo ngambil keputusan harus nikah tahun depan. Helloooo? Lebih berhak ayah kamu atau cowo itu dalam menentukan pernikahan kamu?
Diubah oleh cloning.ortillo
Umur 20 th itu maaih sangat muda imo buat nikah ya. Lagipula kita ga bisa tau seorang itu dalem2nya gimana hanya dari sekali ketemu. Ayah ente bisa menentang sebegitu keras, udah pasti banyak pertimbangan. Masih panjang jalan ente ke depan, Sis. Jangan buru2 mau nikah, karena nikah juga bukan hal gampangm banyak yg tulis thread tentang permasalahan mereka seudah nikah.
Balasan post cloning.ortillo
Quote:


iya dong
udah kegatelan dia punya kue apem emoticon-Angkat Beer
Quote:


setuju banget, siapa yg bisa jamin cowo yg bakal jd suami sista akan terus mencintai sista hingga mati? ga selingkuh, menelantarkan keluarga dan kimpoi lg. sementara saat itu semua terjadi, status sista "hanya" ibu rumah tangga lulusan SMA dan ga punya pengalaman kerja,plus harus menghidupi anak2 sista. well, dunia pernikahan ga seindah novel dan film drakor sist..ayah sista dlm posisi yg benar
Saya setuju sama keputusan ayah kamu...udah bener kuliah dulu... pacaran aja buat mengenal lebih dekat..asal jangan sampe hoho hihi aja .. usia 20 mah masih labil
nikah itu ibadah sis kalo kamu berpegangan pada itu istikharah bukan gatel. sekarang prinsip kamu kemana ... kalo sebijak itu yakin kamu gpp kuliah lagi.
Diubah oleh noviati_cantik
kuliah dulu kelarin baru nikah. ayah itu memandang dr sisi positif.. toh bukan nolak nikah.. tp waktunya ditunda.. kalo si cowo ga mau ya udah brrt bukan jodoh kamu. ga cm dia kan cowo d dunia ini? atau kamunya yg ga pede bs ngedapetin cowo lain???
Kalau dia emang yakin kamu jodohnya harusnya dia jg bersedia mau menunggu kamu sampai lulus kuliah

Bersabar itu termasuk berjuang jg
Diubah oleh ryderfr
Balasan post Stripteased
Quote:


emoticon-fuck3
Kalo nikah tapi tetap kuliah, gimana? Bisa?

Wajar aja orang tua mau anaknya punya bekal buat masa depan (lulus kuliah, punya pengalaman kerja). Mungkin juga ayah kamu pengen ada yg bantu secara finansial nanti kalo dia sudah tidak produktif. Kalo kamu nggak lulus kuliah, jadi IRT, terus suami nggak ngasi uang lebihan, mana bisa bantu ortu.

Dan kamu baru kenal beberapa bulan loh sama mas itu, ayah kamu kenal kamu sudah 20 tahun. Umur 20 tahun itu masih muda banget. Tebakanku, kamu nggak pernah pacaran atau ditaksir cowo secara terang2an ya? Jadi sekalinya ada yg nembak langsung berbunga2 banget.

Kamu kan menekankan dia agamanya kuat ni, tapi kok bukan PDKT ke ayah kamu malah ke kamu? Kalo dia beneran niat banget harusnya dia PDKT in ayah kamu, meyakinkan beliau kalo dia layak dan pasti bisa membahagiakan anaknya. Bukannya bikin pusing kamu dengan secara nggak langsung minta kamu ngerengek ke ayah kamu buat nerima dia sebagai menantu.

Dan sebelum nikah itu banyak yg harus kalian omongin.
1. Setelah nikah masih lanjut kuliah nggak? Kalo iya, siapa yg biayain?
2. Tinggal dimana?
3. Kapan mau punya anak?
4. Kalo kamu jadi IRT, dia ada jatah ngasi ke ortu kamu atau nggak?
5. Urusan keuangan gimana?
6. Urusan kerjaan RT gimana?
7. Kalau tinggal sendiri, jadwal kunjungan ortu dan mertua gimana?
8. Ada niat poligami nggak?

Dan semuanya itu nggak bisa kamu percaya dengan kata2 aja, harus liat juga dari tingkah laku dia. Kalo baru ketemu sekali dua kali mah, terlalu berisiko kalo aku bilang, apalagi kamu masih 20, dan ayah juga nggak setuju.
Ya mau gimana.. lo harus tetep ikutin kemauan bokap lo.
emangnya gak bisa nikah dan lanjut kuliah? harus ya berhenti kuliah demi nikah?
Kenapa cowok lu gak cari cewek lain aja yg siap dinikahin
Setiap post nya cloning ortillo itu perlu ditanyakan, karena dia selalu cenderung komen jangan nikah

Maksudnya dipertanyakan, dia itu sudah nikah atau belom emoticon-Big Grin

Jangan jangan dia menyebarkan paham terselubung yaitu gak nikah sampai ...

Maksudny Biar kalo dia jomblo, ada temennya emoticon-Big Grin
emoticon-Stick Out Tongue
Cmiiw
Balasan post iam.erka
Quote:


Setiap post nya iam.erka itu perlu ditanyakan, karena dia selalu cenderung komenin post g, tapi gak berani quote g langsung.

Maksudnya dipertanyakan, dia itu caper ama g atau bukan emoticon-Tai

Jangan jangan dia gak bahagia dengan pernikahannya makanya caper mulu ke g.

Maksudny Biar dia dapat perhatian dari g. emoticon-fuck3 emoticon-fuck2

No need to correct me, I'm rarely wrong.
Diubah oleh cloning.ortillo
nikah tuh gak gampang sista, bukan masalah ketemu org yg di suka trs nikah,
lebih kompleks dr itu, bener kata mas2 yg d atas anak perempuan mau udh usia brpa pun ttp anak kecil bagi ayah nya huhu
dan satu lg nikah itu ibadah terlama dimana cobaan nya Masya Allah kalo gak kuat bisa menyerah di tengah jalan hihi
nurut aja kata org tua
Hm kalau hati udh mantep nikah. Ya tinggal tunjukin ke bapak nya kalau kamu emg mantep. Sering2 beres rumah, belanja, masak. Kan keliatan tuh ntar sama bapaknya, oh ni anak emg kayaknya udh bisa dilepas.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di