alexa-tracking

Rupiah Lemah, Asing dan Jokowi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b951170529a4568778b456a/rupiah-lemah-asing-dan-jokowi
Rupiah Lemah, Asing dan Jokowi


INILAHCOM, Jakarta - Berbagai kalangan khawatir dan cemas dengan merosotnya nilai rupiah. Dikhawatirkan menghantam dunia usaha dan perbankan.

Namun, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso memastikan sampai saat ini, perbankan masih dalam kondisi aman di tengah pelemahan rupiah dan indeks saham. Apa yang terjadi?

WImboh menilai, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berikut Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam beberapa waktu terakhir merupakan kondisi yang masih wajar. Mengingat Indonesia terbiasa volatile.

Dia berhujah, strategi yang paling tepat saat ini, adalah memperkuat koordinasi antar-pemangku kepentingan, sebagaimana arahan yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

Wimboh berpendapat, komunikasi publik merupakan hal nomor satu dan paling penting di samping juga upaya untuk mendorong ekspor, meningkatkan ekspor. Mampukah rezim Jokowi?.

Persoalannya adalah ada sejumlah penyebab dari merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dewasa ini. Ini soal ekonomi dan non-ekonomi.

Ada campur tangan asing yang sengaja melemahkan Indonesia karena pemerintahan Jokowi sangat lemah.

Ekonom senior yang juga mantan Menko Ekuin dan kepala Bappenas, Kwik Kian Gie memaparkan analisanya.

Kwik mengungkapkan, sejak 1970 hingga hari ini, dolar Singapura yang tadinya 1 dolar AS setara dengan 3 dollar Singapura, sekarang menguat menjadi 1,3 dolar Singapura. Mengalami penguatan hingga 57%.

Sementara, lanjut Kwik, untuk Malaysia yang tadinya 1 dollar AS setara 3 ringgit, sekarang berubah menjadi 3,93 ringgit. Yang artinya mengalami depresiasi 31%. Thailand dengan mata uangnya bath, tadinya 1 dolar AS setara 21 bath merosot menjadi 31,86 baht pada 2018. Terjadi depresiasi 52%.

Sedangkan Filipina dari 1 dolar AS setara 6 peso, kini menjadi 51,9 peso. Artinya, mengalami depresiasi hingga 756%.

Dan, Indonesia dari 1 dolar AS setara Rp363 pada 1970. Saat ini menjadi Rp14.000 per dolar AS. Artinya, depresiasi berlipat-lipat yakni 3.757%. Setelah 40 tahun lebih menganut neoliberalisme ekonomi.

Kalau sepanjang 48 tahun seperti ini, mengapa rupiah tidak turun lagi?

Ini jelas bukan hanya masalah ekonomi dan non-ekonomi. Indonesia yang bangsanya juga lembek ini ternyata terus direkayasa kekuatan asing agar terus terpuruk dan menjadi bangsa yang lemah dan tergantung

Kwik menilai, salah satu faktor penyebab merosotnya nilai tukar rupiah bukanya hanya persoalan ekonomi. Namun ada campur tangan asing. Lho?

Karena yang saya pelajari, selama saya menjabat di pemerintahan adalah Indonesia sendiri memang direkayasa oleh kekuataan asing untuk menjadi bangkrut dan terpuruk, ungkap Kwik, Jumat (18/5/2018).

Dari data Kwik tentang nilai tukar mata uang negara-negara di ASEAN dengan dolar AS sejak 1970 hingga 2018, terkuak sejumlah fakta. Bahwa, ada beberapa negara yang memang mengalami penguatan mata uangnya terhadap dolar AS. Namun, ada juga yang mengalami penurunan seperti terurai di atas.

Sekali lagi, kalau sepanjang 48 tahun seperti ini, mengapa Rupiah tidak turun lagi? Ini jelas bukan hanya masalah ekonomi dan non-ekonomi.

Kuat dugaan adanya rekayasa asing agar mata uang kebanggan rakyat Indonesia, terus terpuruk. Sehingga, bangsa Indonesia menjadi lemah dan terus terperangkap dalam jebakan utang luar negeri. Kecuali ada pemimpin nasional yang sangat kuat dan mengerti persoalan bangsa dan membalikan itu, kata Kwik.

Masalah serius lainnya adalah Indonesia bakal kesulitan menjelma menjadi negara berpendapatan tinggi (higher income), atau negara maju pada 2030. Karena, pendapatan per kapita Indonesia masih belum memadai.

Hal itu disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo dalam sebuah diskusi publik di Jakarta. Dia mengatakan, adalah mission impossible untuk Indonesia menjadi negara maju. Pandangan Perry bersandar kepada proyeksi BI yang memakai pendekatan supply side.

Bila pertumbuhan ekonomi nasional, rata-rata sebesar 5,6% maka Indonesia diprediksi bisa naik level. Dengan pendapatan per kapita di atas US$10 ribu pada 2045.

Sementara pada 2017, pendapatan per kapita Indonesia baru US$3.876. Indonesia bisa naik level lebih cepat jika pertumbuhan ekonomi lebih tinggi yaitu 6,4%. Sayangnya, pertumbuhan ekonomi RI hanya 5%. Tak mampu menembus angka 6,4% atau lebih. Untuk tumbuh 5% saja harus ditopang dengan utang dan utang lagi.

Jadi, masuk akal apabila Perry memproyeksikan pesimis bahwa Indonesia bisa naik kelas dari negara berpendapatan menengah (middle income) ke berpendapatan tinggi (higher income). Atau menjelma menjadi negara maju di 2030. Sebab, ya itu tadi, pendapatan per kapita Indonesia masih belum memadai dan pertumbuhan ekonominya masih kontet.

Namun, bukan berarti pintu sudah tertutup. Penguasa dan para pembantunya harus bekerja lebih keras dan cerdas. Kontribusi sumber daya manusia terhadap perekonomian dan rasio investasi riil, wajib ditingkatkan.

sumber

Indonesia tanah air BT,
Gak kaya-kaya... Masuk jebakan middle income trap
Bangsa bodoh yg ane cintai sampai mati.
image-url-apps
selama 40th dan yg salah tetap jokowi emoticon-Traveller
image-url-apps
Quote:


kampret gak mau tau.
yang penting wowok presiden !!

emoticon-Blue Guy Bata (L)
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:
Reply to 4141525's post
image-url-apps
Quote:


Ane, sebagai keturunan petani. Leluhur ane gak ikut ikutan perebutab kemerdekaan dari penjajah. Nasibnya ya gitu2 ajah.. Mungkin klo dulu kita tetap gabung hindia belanda, ada perubahan nasib keluarga ane,, jadi pinter bahasa belanda dan irigasi jauh lebih bagus dari kondisi sekarang.

Sukarno cs, nyebarin mimpi bahwa mereka bisa membawa bangsa ini ke arah yg lebih baik. Entah campur tangan asing mana, mereka berhasil mendirikan republik ini.

PDIP sebagai manifesto ideologi sukarno sudah diberi kesempatan utk membuktikan mimpi itu bisa jadi kenyataan. Ternyata, nasib ane gak lebih baik dari leluhur ane yg petani tadi. Keringat ane dihargai UMR doang... Beda nasib sama komisaris BUMN yg bergaya hidup seperti gubernur jendral VOC.
image-url-apps
Quote:


bentar boz.. PNI dan PDIp ndak pernah benar benar menguasai negara ini macem golkar yg 32th dan demokrat 10th.. setalah pemilub 55 pemberontakan masih ada dimana mana

BUMN itu badan usaha milik mbahnya bos, suka suka dia, bodo amat mo rugi mo untung.. yg penting karyawan makmur

Quote:


Entah kenapa gw juga rada2 percaya kalau indonesia tetap dijajah belanda..
Nasib bangsa ini bakal lebih baik daripada dijajah bangsa sendiri
Reply to 4141525's post
image-url-apps
Quote:


Apa tanggung jawab moril pdip sebagai mengaku sebagai penerus pemikiran sukarno,
Untuk mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia.?!

Menjadikan boneka sebagai presiden,
menghapus subbsidi bbm,listrik..
Membuat nilai tukar rupiah terpuruk..
Bangun infrastruktur tanpa perencanaan yg matang.
Korupsi di segala tingkat pemerintahan

Terserah partai mana yg berkuasa, kondisi Indonesia ya bakal gini2 juga khan??!


image-url-apps
Quote:


lu hidup dijawa bos?

tanya kaskuser yg diluar jawa, dalam 4th yg slalu direcokin

dulu listrik berapa sekarang gimana
dulu bbm berapa sekarang berapa
dulu semen berapa sekarang berapa
dulu jalan gimana sekarang seperti apa

dah itu saja dulu emoticon-Traveller
Reply to 4141525's post
image-url-apps
Quote:


Ane org jawa yg nebeng hidup dikalimantan..bener kata ente bre,dri tahun 1988 baru tahun 2016 PLN masuk daerah ane...klo mslah bbm dri 10 taun yg lalu bensin eceran ya 10ribu(mngkin efek jauh dri SPBU)emoticon-Shakehand2
Reply to 4141525's post
image-url-apps
Quote:


Emang lo tinggal dimana?

Gua disumatera, sama aja
Zaman berkembang ya dunia ikut berkembang, jd bukan zaman jokowi doang daerah gua berkembang
image-url-apps
Quote:


nah.. adil kan IYKWIM

×