alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bahan Baku Dihajar Dolar, Pengrajin Tempe Terpaksa Susutkan Ukuran
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b94ff7b582b2e92328b4568/bahan-baku-dihajar-dolar-pengrajin-tempe-terpaksa-susutkan-ukuran

Bahan Baku Dihajar Dolar, Pengrajin Tempe Terpaksa Susutkan Ukuran

AKURAT.CO Muhammad Sofyan (21), pengusaha tempe muda asal kota Semarang ini berharap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang telah resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara Rabu (5/9) lalu agar segera menurunkan harga kedelai, saat Rupiah makin alami penurunan.

"Selamat buat Pak Ganjar, semoga Jateng tambah makmur dan pengusaha kecil kayak saya bisa diperhatikan saat dolar naik gini," kata pengusaha muda tersebut, ditempat usaha tempenya Kampung Bedagan Baru Nomor 15 Semarang, kepada Akurat.co, beberapa waktu lalu.

Sofyan berharap Ganjar, sebagai kepala daerah untuk bisa menekan harga kedelai yang meroket akibat melemahnya rupiah terhadap dolar AS. Pasalnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang saat ini menembus angka Rp.14.850, per satu dolar AS akan semakin membuat harga kedelai naik lebih tinggi.

Baca Juga:

Loyonya Rupiah Didominasi Dampak Krisis Argentina dan Turki
DPD: Pemerintah Bisa Meniru Turki dan Venezuela, Ramai-ramai Tukar Dolar
KSP: Jangan Jadikan Isu Rupiah Sebagai Komoditas Politik
"Tiga hari ini harganya naik terus, dari Rp.7.300 sampai Rp.7.500," kata Sofyan.

Diceritakan Sofyan, tiap hari di membutuhkan tiga kwintal kedelai, dan harus kedelai impor dari Amerika.

"Kalau kedelai lokal ukurannya kecil jadi terpaksa pakai import, tapi harga juga naik terus," katanya.

Untuk menjaga omset stabil, Sofyan menyiasati ukuran tempenya lebih disusutkan sedikit namun tetap dengan harga lama. Ukuran tempe plastik kecil dihargai Rp.2.500, tempe sedang Rp.3.500, dan ukuran besar Rp.5.000.

"Tiap bungkus plastik kedelai terpaksa kami kurangi sekitar 5-8 gram, nyusut sedikit tapi harga tetap," ujarnya.

Dia berharap, kepemimpinan Ganjar Pranowo diperiode kedua mampu menekan harga kedelai di pasaran. Atau meningkatkan kualitas kedelai lokal agar bisa setara kedelai impor.

"Kalau bisa turunkan harga kedelai dibawah Rp.7.000, seperti kondisi ideal. Agar keuntungan pengusaha lumayan. Atau bisa meningkatkan kualitas petani kedelai agar lebih baik dari import," tukasnya. []


https://m.akurat.co/id-311797-read-bahan-baku-dihajar-dolar-pengrajin-tempe-terpaksa-susutkan-ukuran


https://economy.okezone.com/view/2018/09/09/4/53026/keluhan-pedagang-tempe-imbas-naiknya-harga-kedelai



https://www.suara.com/foto/2018/09/09/171500/rupiah-melemah-pedagang-tahu-memperkecil-ukuran


Diubah oleh: dogvenom88
Halaman 1 dari 2
Bahan Baku Dihajar Dolar, Pengrajin Tempe Terpaksa Susutkan Ukuran
Seriously?


Ketika saya baca satu artikel ... soekarno pernah menyinggung soal bangsa tempe dan tahu .. bukan bangsa steak atau barat ..


Ternyata indo bukan penghasil kacang kedelai ..




Apa lagi yg fiktif selain ini?
pinter ya saat ini,daging mahal,telur mahal,tempe sekarang mahal,biar bodo,gampang ditipu2
emoticon-Wkwkwk

goreng tempe tipis namanya kripik tempe


Bahan Baku Dihajar Dolar, Pengrajin Tempe Terpaksa Susutkan Ukuran


kurang jauh maennya


Ana lihat sekarang banyak masyarakat jateng yang menyesal karena salah pilih di pilgub tempo hari, banyak yang curhat ke ana mereka sebenernya lebih percaya sama sudirman said tapi karena banyak tekanan maka banyak yang terpaksa memilih ganjar, semoga di pilpres 2019 nanti saudara saudaraku di jateng ga salah pilih lagi
Yg penting bakso tepung masih 10.000. ... kata nastak. emoticon-Big Grin
Quote:
Diubah oleh 54m5u4d183
Balasan Post ndoromuda
Quote:


Jgn pilih yg lambene lamis, jgn pilih yg suka main tekan2.
sekalian aja bikin tempe mendoan emoticon-Leh Uga
Balasan Post ndoromuda
Quote:


Jateng kui basis e pdipret, setiap desa ada relawan yg punya aliran dana surga dari mbok mega, dadi kudu menang apapun caranya

Pas kemenangan ganjar para relawan langsung mengadakan pesta dangdutan, mabok ciu emoticon-Ngakak
Ada yang pernah makan tempe hasil kedelai lokal ? emoticon-Big Grin
Balasan Post ghostavic
Quote:


Garem, beras impor juga.
Kata uno bener dong skarang setipis kartu atm emoticon-Ngakak
Balasan Post phalang.distal
Quote:


Yang penting merakyat
Balasan Post ndoromuda
Quote:

Ana mens nya lancar kan...??
bagi taikers gak masalah karena taikers makannya bukan tempe tapi bakso tikus pake kuah doang harga tetap 10 ribu, bayarnya kasbon nanti pelunasannya kalau sudah viral di internet aja emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman
Balasan Post ghostavic
ironisnya bangsa barat ( USA ) yang paling banyak ekspor KEDELAI ke indon sebagai bahan baku tahu dan tempe dimari emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman
mesti hemat anggaran biar pelanggan pada ngak puyeng
Diubah oleh i86
Balasan Post unwell
Quote:


Ini foto ente ngerjain sohib ente apa foto siapa bre.

Wkwkqkwk
Yg penting harga tetap...emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di