alexa-tracking

Cerita Rp 100 Ribu Bawang dan Cabai Sandiaga Uno Ternyata Serius

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b94fb819252334b468b4568/cerita-rp-100-ribu-bawang-dan-cabai-sandiaga-uno-ternyata-serius
Cerita Rp 100 Ribu Bawang dan Cabai Sandiaga Uno Ternyata Serius


TEMPO.CO, Jakarta - Bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Uno ternyata sama sekali tidak bercanda soal cerita uang Rp 100 ribu yang hanya dapat dipakai untuk berbelanja bawang dan cabai. Menurut dia, cerita itu didengarnya langsung dari seorang ibu bernama Lia saat dirinya berkunjung ke Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu.

Sandi mengatakan keterangan itu benar adanya, bukan sebuah candaan. "Dia (Lia) menyampaikan sendiri dalam sesi doorstop, bisa lihat transkripnya," kata Sandi saat ditemui selepas menghadiri acara Agrinex ke-12 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu, 9 September 2018.

Akan tetapi, Sandi tidak merinci berapa kilo bawang dan cabai yang dibeli Lia. Dia mempersilakan wartawan untuk bertanya langsung kepada yang bersangkutan.

"Bu Lia sampaikan bahwa dia ribut sama suaminya karena uang yang dikasih tidak bisa belanja untuk kebutuhan hidupnya karena untuk beli bawang dan cabai saja sudah habis," kata Sandi.

Cerita soal Ibu Lia ini disampaikan Sandi di depan para wartawan pada Rabu lalu, 5 September 2018 dalam acara bincang-bincang dengan tajuk "Kiat Sandi Uno untuk Menghadapi Dolar yang Semakin Menggila". Menurut Sandi, kondisi yang dialami Ibu Lia bisa sangat dimengerti karena dampak dari menguatnya kurs dolar terhadap rupiah akan berdampak pada harga bahan pokok.

Lantas, ucapan Sandi ini pun ramai diperbincangkan di media sosial salah satunya oleh salah satu calon legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Mohammad Guntur Romli. Di akun Instagramnya @gunromli, Guntur mengunggah video istrinya, Nong Andah Darol Mahmada, yang berbelanja dengan uang Rp 100 ribu.

"Dari uang 100 ribu ini saya bisa beli: ayam 1 ekor 30 ribu, tahu 10 ribu, tempe 5 ribu, bawang merah dan putih 10 ribu, cabe dan tomat 5 ribu, beras 11.500, pepaya 11.000. Makanan yang sudah lengkap dan bergizi," ujar Nong dalam video itu.

Sementara itu dari laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional per September 2018, rata-rata harga bawang merah ukurang sedang di Provinsi Riau adalah Rp 22.400 per kilo, bawang putih ukuran sedang Rp 25.150 per kilo, cabai merah besar Rp 24.600 per kilo, dan yang paling mahal cabai rawit merah Rp 35.650 per kilo. Maka jika masing-masing bahan ini dibeli satu kilo saja, maka jumlahnya mencapai Rp 107.800.

Sandiaga Uno yang juga lahir di Pekanbaru mengatakan bahwa cabai memang menjadi salah satu penyumbang inflasi terbesar di kampung halamannya tersebut. Oleh sebab itu, menurut dia salah satu solusi agar harga bahan pokok di sana lebih terjangkau yaitu melakukan pendekatan yang lebih holistik atau menyeluruh.

sumber

Menurut pak Enggar, ibu Lia ini tergolong emak-emak kurang nawar.
image-url-apps
Bawang Bombay sudah masuk belum, itu masih kurang....!!!!!
image-url-apps
Bawang merah + bawang putih + bawang bombay + cabe sekilo ya habis 100rb!!
Kalo beli goceng cabai dikasih 5 biji doang kali!!
KASKUS Ads
image-url-apps
kubu hoax
image-url-apps

Yakin deh selama sistem negara ini ga berubah maka ga lama lagi negara ini bakal benar benar bangkrut
Intinya negara ini tidak hanya perlu seorang pemimpin yang baru tapi negara ini juga sangat memerlukan perubahan sistem dan itu harus segera
image-url-apps
Akan tetapi, Sandi tidak merinci berapa kilo bawang dan cabai yang dibeli Lia. Dia mempersilakan wartawan untuk bertanya langsung kepada yang bersangkutan.



makanya san ,
sebelum ente koar koar ,
kudunya ente nanyak dulu.
ibu beli bawang dan cabai seberapa banyak ???

sudahlah percaya saja sama emak-emak yang belanja
bapak-bapaknya juga kalau 'jajan' nggak pake nawar
emoticon-Hammer2
image-url-apps
100rb belinya 100kg jg kurang no, mending lu bahas harga lipbalm aja lah, ane percya lu lebih tau hargane emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
fitnah dan hoax melulu kubu itu tu
image-url-apps
Quote:


yoi gan, ane kadang bingung ketika Uni Eropa ikut pake SBYnomics kita malah ninggalin itu dan berubah pake sistem sampah

image-url-apps
analoginya begini ,
bawa duit 20 rebu cukup buat beli seporsi bubur ayam.

tapi gak akan cukup kalo lu borong bubur ayam segerobak.

sandi memang rada rada gemesin deh...

emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:
Ah paling masalah klasik distribusi dan pasokan nggak bisa jaga..emoticon-Big Grin
image-url-apps
Belanja dimana dulu ?
Kalo di super market mah mana cukup
Ke pasar coba
Itu 100k udah cukup buat makan sekeluarga 3x sehari
Telur 21k/kg
Daging Frozen aja 80k/kg
Ayam Frozen 31-40k/ekor


Emang mau makan bumbu doang gak pake lauk lain ? emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
Si partai silit item udh ga ada prestasi samsek, caper kmn2, ngelanggar aturan pemilu berkali2, msh aja cari muka emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


Ganti sistem apa?
Kok jadi ga jelas bin gelap begini?
Sekarang sistemnya apa yg mau diganti?
Terus pakai sistem apa?
Alasannya juga di jebrengin disini dan siapa yg bisa dan pastikan sistem yg elo bilang itu pasti berhasil daripada sekarang,
Resikonya siapa yg nanggung KL gagal?

Kayaknya Sandi dan Prabowo tipe orang kaya yang gak tau harga sembako.

Yang satu bilang bawang + cabai = 100rb, satunya lagi bilang 2 bungkus Indomie = 20rb.

Diskoneksi dengan kenyataan, maklum gak pernah mikirin duit habis.
Reply to qentangz's post
image-url-apps
Quote:



Agan pikir rakyat indonesia mau gitu beli daging frozen??
Ana pribadi mengkonsumsi daging harus yang bener bener fresh dan ana yakin itu daging dari sapi atau ayam yang dipotong sesuai syariat
Karena kebanyakan timses nya orang online jadinya gak paham harga dilapangan. Sekarang revisi, sekarang alasan diperinci untuk yang ini dan yang itu, lain kali rekrut orang yang tahu lapangan juga pak. Cyber tim sudah bagus, sayang pada gak ada yang mau turun lapangan sendiri
image-url-apps
100k buat beli cabai doang bisa aja terjadi klo ditipu sama pedagangnya walau rada ga masuk akal juga itu kemungkinan
emoticon-Thinking

soal pasutri ribut soal duit belanja sih mungkin banget emoticon-Traveller
×