alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Tingkat Kepercayaan Publik Filipina terhadap Duterte Capai Titik Terendah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b94eabddad770e5768b456c/tingkat-kepercayaan-publik-filipina-terhadap-duterte-capai-titik-terendah

Tingkat Kepercayaan Publik Filipina terhadap Duterte Capai Titik Terendah

Tingkat Kepercayaan Publik Filipina terhadap Duterte Capai Titik Terendah

Minggu, 9 September 2018 | 10:11 WIB

Tingkat Kepercayaan Publik Filipina terhadap Duterte Capai Titik Terendah

MANILA, KOMPAS.com - Tingkat kepercayaan publik Filipina terhadap Presiden Rodrigo Duterte menempati titik terendah sejak mulai menjabat.

Hasil tersebut diperoleh melalui survei independen yang dilakukan oleh lembaga penelitian yang berbasis di Filipina, Social Weather Stations (SWS).

Survei yang dilakukan digunakan untuk mengukur tingkat kepercayaan publik terhadap kepribadian presiden.

Hasil survei yang diumumkan pada Sabtu (8/9/2018) tersebut menunjukkan angka +57, yang turun delapan poin dari survei sebelumnya.

Itu menjadi poin terendah yang pernah diraih selama sembilan kali survei yang dilakukan sejak Duterte mulai menjabat sebagai presiden pada Juni 2016.

Meskipun hasil survei disebut yang terendah, namun kepercayaan publik Filipina terhadap Presiden Duterte masih berada dalam peringkat "sangat baik".

Melansir dari SCMP, survei dilakukan dengan mengurangi persentase responden yang menjawab dengan "kurang percaya" terhadap Duterte dari mereka yang mengatakan "cukup percaya" terhadap presiden.

Survei terakhir dilakukan SWS dengan 1.200 responden. Dimulai pada akhir Juni, sepekan setelah pernyataan Duterte yang menyebut Tuhan dengan kata "bodoh".

Pernyataan itu keluar dari Duterte yang membalas kritikan oleh para pemuka Gereja Katholik atas kampanye anti-narkotika yang telah menewaskan ribuan orang.

Duterte meraih tingkat kepercayaan tertinggi pada angka +79, yang didapat melalui survei yang dilakukan tak lama setelah dirinya menjabat.

Menurut Ramon Casiple, Kepala Institut untuk Reformasi Politik dan Pemilihan di Manila, mengatakan menurunnya tingkat kepercayaan terhadap presiden adalah hal wajar untuk tahap dua tahun masa jabatannya.

Dan meskipun mengalami penurunan, kantor kepresidenan Filipina menyambut positif hasil survei.

"Kami kini bekerja dua kali lipat untuk membantu keluarga yang terkena dampak harga tinggi sementara menjaga ekonomi tetap stabil," kata juru bicara kepresidenan Harry Roque dalam sebuah pernyataan.

Inflasi tahunan di Filipina tengah mencapai tingkat tertinggi dalam hampir satu dekade terakhir pada bulan Agustus.

Editor: Agni Vidya Perdana

Sumber: SCMP

Sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di