alexa-tracking

Imbas Dolar Naik, Ukuran Tempe Semakin Tipis

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b94cecce05227eb238b4567/imbas-dolar-naik-ukuran-tempe-semakin-tipis
Imbas Dolar Naik, Ukuran Tempe Semakin Tipis
Liputan6.com, Jakarta - Pelemahan rupiah turut mempengaruhi harga kacang kedelai impor yang terus melejit. Akibatnya, itu juga berdampak pada tahu dan tempe di pasar tradisional yang secara ukuran ikut mengecil.

Hal itu diutarakan Yati (44), seorang pedagang tahu dan tempe di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Meski secara harga jual masih sama, ia menyiasatinya dengan membuat ukuran tahu menjadi sedikit lebih kecil demi mengakali harga bahan baku kacang kedelai yang meninggi.

"Harga Tahu Bandung di sini masih sama, Rp 6.000 per 10 potong (kecil). Tempe juga, masih Rp 5.000 selonjor (sepotong besar). Tapi ukurannya dibuat lebih kecil gara-gara harga kacang (kedelai) yang impor itu sekarang mahal," ujar dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Minggu (9/9/2018).

BACA JUGA
Ketua KEIN Ungkap Dua Solusi Nyata untuk Perkuat Kembali Nilai Rupiah
VIDEO: Pelemahan Rupiah 2018 Segenting Tahun 1998?
Nasib Tempe Lamongan Tergerus Pelemahan Nilai Tukar Rupiah
Namun begitu, dia mengaku tak tahu betul harga kacang kedelai impor di pihak produsen. "Itu sih yang tahu para pembuatnya, saya cuman jualan aja di sini," sambungnya.

Sementara itu, seorang penjual tahu-tempe lain di pasar yang sama bernama Taufik (45) menuturkan hal serupa. Dia mengatakan harga jualnya kini masih standar.

"Tahu Bandung masih Rp 6.000 (isi 10 potong kecil), tahu semur Rp 5.000. Kalau tempe selonjor/sepotongnya Rp 7.000," ungkap dia.

"Masih standar harganya. Boro-boro mau dinaikin, pembeli sekarang aja sepi," keluh Taufik.

Senada dengan dua pedagang sebelumnya, Fauzi (32) yang merupakan pedagang tempe di Pasar Kebayoran Lama menyatakan, dia memang mengetahui informasi perihal kenaikan harga impor kacang kedelai karena dolar AS kian perkasa. Namun demikian, itu saat ini belum berimbas pada produk tempe dagangannya.

"Harga kacang kedelai impor dan Rupiah yang terus tinggi sekarang belum berpengaruh ke harga tempe, belum naik. Ini saya jual sekitar 1/4-1/3 kg harganya masih Rp 5.000. Makin siang malah makin ke bawah (harganya), bisa saya turunin sampai Rp 3.000," tutur dia.

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3640052/rupiah-melemah-ukuran-tahu-dan-tempe-mengecil



Imbas Dolar Naik, Ukuran Tempe Semakin Tipis



Liputan6.com, Banjarnegara - Meski rupiah sedikit mulai menguat, namun harga kedelai masih tetap tinggi, yakni mencapai Rp 7.400 per kilogram.

Menghindari kerugian, para perajin tahu asal Desa Karangtengah, Banjarnegara, Jawa Tengah, seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (8/9/2018), memilih mengecilkan ukuran tahu dan mengurangi jumlah produksi.

BACA JUGA
Rupiah Melemah Bawa Berkah Bagi Pengekspor Ikan Hias di Sleman
Bank Dunia: Indonesia Tak Perlu Khawatir Dolar Naik
Rupiah Melemah, Sandiaga: Tempe Jadi Setipis Kartu ATM
Selain itu, para pedagang tempe tidak berani menaikkan harga tempe karena bahan makanan ini untuk rakyat menengah ke bawah.

Di Jakarta, pedagang gorengan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, juga terpaksa mengurangi ukuran tempe menjadi lebih kecil atau tipis. Hingga saat ini, pedagang gorengan belum menaikkan harga jualnya.

Saat ini, pemerintah terus berupaya untuk menstabilkan nilai rupiah dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengurangi impor. (Galuh Garmabrata)


https://m.liputan6.com/news/read/3639690/imbas-dolar-naik-ukuran-tempe-semakin-tipis
klo tempe tebel ... gorengnya agak lama.. biar menyerap.. kalau tempe tipis... pasti lebih cepat matangnya karena tipis...

klo ane lebih suka beli tempe tebel.. lalu dipotong tipis2...

kalau yang suka dipotong tebal2 ya balik lagi kayak yang ane bilang... gorengnya agak lama dibandingkan tempe yang tipis
image-url-apps
Enak tempe tipis gan, kriuk kriuk, kalo gorengan ya pas, itu menurut ane.

Btw tumpengan partai PD pake sambel tempw ga ya? Dapet yg tebel apa tipis?
KASKUS Ads
Imbas Dolar Naik, Ukuran Tempe Semakin Tipis

BAHKAN HANYA TEMPE YANG JADI SAKSI BISU
emoticon-Takut
image-url-apps
Biasa aja lah, dollar naik turun udah dari jaman dulu.. jangan kaya orang susah.. santai aja kaya di pantai..

https://m.liputan6.com/regional/read/3637882/respons-santai-produsen-tempe-cirebon-di-tengah-gejolak-kenaikan-harga

:Cool:
ROKET dibalik jadi TEKOR......september meROKET.....SEPTEMBER meTEKOR emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata
mau 2019 masih miskin? makanya jangan kebanyakan nanem kayu dan batu emoticon-Leh Uga
Quote:


IYE GW TAU CARA LO NGEJAWAB SEPERTI DI BAWAH INI :

Imbas Dolar Naik, Ukuran Tempe Semakin Tipis
Males bre maenan meme
image-url-apps
Quote:


Di bikin orek tempe juga enak gan
Quote:


BUKAN MALES, BILANG AJA GAK BISA.


ngek.
Reply to dalamuka's post
Quote:


ane pernah abisin orek sekilo emoticon-Leh Uga

gara2 laper tapi gak ada nasi... adanya oreg..

Pakatalu
Reply to dalamuka's post
Quote:


iya siap...




eh orek2 tempenya ketiup angin!!!! emoticon-Takut
Quote:


siap deh!

kasian sodara kita di Lombok tetap dukung ya sumbang2 emoticon-Sorry
image-url-apps
tiap hari berita ini ada emoticon-Hammer2
Quote:


iya tiap hari harga kenaikan kebutuhan Pokok rakyat indonesia selalu ada,

gara2 minjem duit ke aseng buat bangun infrastruktur dari duit rakyat dipake bangun tol dll.. malah vendornya TKA sama perusahaan aseng yg ga bisa bahasa indonesia

gak jelas juga bangun tol byk2 buat apa, pakenya pesawat ko kemana2 buat apa byk2 tol
Quote:


Pidio taun lawas, wong banyumas tulih ki?
Kocak nemen Om

emoticon-Leh Uga
Quote:


motornya keren tuh gan emoticon-Matabelo
image-url-apps
Quote:
×