alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Puluhan Ribu Warga Sri Lanka Protes Penyerahan Pelabuhan kepada Tiongkok 99 Tahun
3 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b94744954c07a99498b4567/puluhan-ribu-warga-sri-lanka-protes-penyerahan-pelabuhan-kepada-tiongkok-99-tahun

Puluhan Ribu Warga Sri Lanka Protes Penyerahan Pelabuhan kepada Tiongkok 99 Tahun

Puluhan Ribu Warga Sri Lanka Protes Penyerahan Pelabuhan kepada Tiongkok 99 Tahun
Ribuan warga Sri Lanka berunjuk rasa, memprotes pemerintah mengkhianati rakyat. (AFP)

Beberapa hari terakhir unjuk rasa besar-besaran terjadi di Sri Lanka memprotes korupsi pemerintah, mengacu diserahkannya hak pengolaan pelabuhan Hambantota selama 99 tahun kepada Tiongkok komunis. Selain itu mereka juga menuntut presiden untuk mundur.

Unjuk rasa yang diselenggarakan oleh oposisi ini menyerukan kepada jutaan pendukungnya untuk turun ke jalan, bahkan mantan Presiden Mahinda Rajapaksa juga diundang untuk bergabung.

Barisan unjuk rasa sempat memblokir beberapa jalan utama di ibukota Kolombo, menyebabkan sekolah di dekatnya menghentikan pelajaran, perusahaan juga membiarkan karyawannya pulang kerja lebih awal agar terhindar dari kemacetan lalu lintas

Salah satu pemimpin unjuk rasa yang anggota Kongres, Dinesh Gunawardance mengatakan, mereka memprotes pemerintah karena bertindak bertentangan dengan opini publik, yakni menjual aset negara, sehingga biaya hidup rakyat meningkat tajam, dan pemerintah terpaksa menaikkan pajak yang membuat kehidupan rakyat makin sulit.

Kaum oposisi sangat mengecam pemerintah saat ini karena terlalu berlebihan dalam menggantungkan pertumbuhan ekonominya kepada Tiongkok komunis, terutama karena tidak mampu membayar utang pembangunan pelabuhan strategis yang berjumlah USD. 1,4 miliar lalu pada akhir tahun lalu menandatangani kontrak menyewakan pelabuhan Hambantota selama 99 tahun kepada Tiongkok.

Hal ini membuat Beijing memperoleh sebuah pelabuhan strategis di Samudera Hindia. Transaksi ini mengancam kedaulatan Sri Lanka.

Akun microblogging Kedutaan Besar AS pada pekan ini meneruskan sebuah laporan dari Harvard University.

Isi laporan menuduh Beijing melakukan diplomasi jebakan utang kepada negara kecil. Negara kecil akhirnya menjadi korban karena tak mampu membayar utang terpaksa mematuhi pengaturan negara kreditur, hal mana akan menciptakan kesempatan kepada negara kreditur untuk bebas bertindak dalam mewujudkan tujuan strategisnya.

Laporan menunjuk nama negara-negara yang rentan masuk diplomasi jebakan utang Tiongkok komunis, termasuk Djibouti, Kenya, Filipina, Kamboja, Malaysia, Pakistan, Laos, Sri Lanka, Papua New Guinea dan Palau. Di antaranya, Sri Lanka telah menyewakan pelabuhan Hambantota selama 99 tahun kepada Tiongkok.

Laporan juga menyinggung soal PM baru Malaysia yang berangkat ke Beijing untuk membatalkan 3 proyek Tiongkok karena kemampuan membayar kembali utang.

Periode jabatan parlemen Sri Lanka kali ini akan berakhir pada bulan Agustus 2020. Pemilihan umum Sri Lanka tidak mungkin diadakan sebelum bulan februari 2020, kecuali dua-pertiga dari anggota sepakat untuk membubarkan parlemen. Jadi rezim saat ini masih memiliki waktu 1 tahun lebih untuk berkuasa. (Sin/asr)

http://www.erabaru.net/2018/09/09/puluhan-ribu-warga-sri-lanka-protes-penyerahan-pelabuhan-hambantota-kepada-tiongkok-99-tahun/

Awas bahaya laten cina!

Quote:


Quote:


Puluhan Ribu Warga Sri Lanka Protes Penyerahan Pelabuhan kepada Tiongkok 99 Tahun
Diubah oleh LordFaries
Halaman 1 dari 2
99 tahun... knp ga 100?
Quote:


lagi2 propaganda amerika
bajingan amerika paok itu liciknya main adu domba
amerika teriak debt trap adu domba negara2 lain dgn china
tapi paoknya amerika sendiri pinjam duit & masih utang pada china
china itu negara pemberi utang terbesar amerika
https://www.kaskus.co.id/thread/59a6...15295-triliun/
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad5...rika-terbesar/
Quote:



sumbermu dari bule inggris

wtf...bule inggris klaim inggris itu negara paling jujur di dunia

kenyataannya aja inggris itu bajingan paok yg paling suka menjajah di dunia ini dgn taktik liciknya

Studi: 90 Persen Negara di Dunia Pernah Dijajah Inggris
http://internasional.kompas.com/read...ampaign.Kpopwp

Malaysia mega project (joint venture: Malaysia & Mainland) : Melaka Gateway (di pintu muka dari selat Melaka) ,...Malaysia memberikan konsesi (hak pakai) kepada Mainland ,...selama 99 tahun ,..setelah lewat dr masa 99 tahun sejak resmi beroperasi ,...sepenuhnya mjd milik pemerintah Malaysia.

Jadi lebih ke klausul , syarat dan ketentuan (hitam diatas putih) yg telah deal ,...jauh seblm project dimulai !!!!
Kemarin gua dah bilang
Tp pada gak percaya
Balasan post methadone.500mg
Quote:


Pada bulan Maret 2018 lalu, Rex Tillerson—saat itu Menteri Luar Negeri AS— memperingatkan negara-negara Afrika harus berhati-hati untuk tidak kehilangan kedaulatannya ketika menerima pinjaman atau utang dari China.
China Tidak Menjajah Afrika
https://international.sindonews.com/...ika-1522552899
Balasan post fatescript
Quote:


Pertanyaan yg sama kenapa yg jualan henpon harganya selalu 999 dibelakang?
Quote:


kaya di alfamart biar kelihatan dikit angka nya
Menjajah secara halus
Jangan minjam duit sama cina.
Jangan hutang pasti enak hidupnya
Balasan post dvd777
Quote:


boleh saja gak dilarang,

pertanyaannya kenapa mereka suka minjam sama china emoticon-Big Grin
Balasan post dvd777
Karena yg mau kasih pinjam cuman cina aja.
Negara2 yg protes kaga mau kasih.
minjam mau, bayar gak mau

enak benar hidup seperti ini emoticon-Big Grin


Quote:



Quote:


Biar pembeli ga enak minta kembalian
mending sewa 99thn, di hongkong ada negara yg sewa tanah utk kedutaannya sampe 999thn emoticon-Big Grin


Quote:


Mgkn gk pake aturan yg ribet2 asal cair terserah tu proyek untung apa kagak.

klo barat mgkn msh liat2 ini proyek beneran bgs gak, ad faktor2 politik jg main emoticon-Big Grin
Quote:


memangnya apa masalahnya tiongkok menyewa pelabuhan milik srilanka ?kan tidak dirampas. apalagi pelabuhan itu dibangun dengan dana dari tiongkok, bukan dibangun srilanka sendiri.

kayak gini tiongkok sudah termasuk sangat baik lho.

kalau tidak menurut kalian harusnya tiongkok bagaimana ?

apakah lebih baik tiongkok tidak usah menyewa pelabuhan, tetapi cukup minta srilanka melunasi utangnya sekarang juga ?

kalau seperti ini malah lebih menguntungkan tiongkok, karena srilanka sekarang pasti tidak sanggup, kalau begini caranya tiongkok bisa menguasai srilanka jauh lebih besar lagi.

tetapi lama2 aku jadi mau tau, siapa sih sebenarnya orang hebat yang terus mengajari kamu kalau berutang itu tidak perlu dibayar, dan kalau utang kamu ditagih yang salah adalah orang yang memberi kamu utang, dan kalau kamu diberi kemudahan melunasi malah harus dicaci maki ?

Diubah oleh kecapbasi
Quote:


Sickman of asia ternyata berbahaya...
Indonesia jg besar tp ga bisa kyk mrk (amerika, rusia, china)
Balasan post noeyes
Quote:


apanya berbahaya?
yang ngajarin kamu kalau hutang sudah jatuh tempo tidak usah dibayar dan kalau yg punya uang tagih kamu lalu kamu maki2dia itu siapa?

sarap bener ye elu, mirip lo macam kenalan gua sudah punya hutang susah bayar sarap lagi ngotot pula mau atur2 gimana cara pelunasan seenak jidat menurut dia trus pas ketemu atur2 hidup orang pula.
lihat sumbernya itu dari Erabaru.net ( Epoch Times ) ,sumbernya falun dafa ( falungong)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di