alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Nasib Alibaba jika Jack Ma pensiun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b946e3d98e31bfa6c8b456e/nasib-alibaba-jika-jack-ma-pensiun

Nasib Alibaba jika Jack Ma pensiun

Nasib Alibaba jika Jack Ma pensiun
CEO Alibaba Group Jack Ma (tengah) menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9).
Pendiri Grup Alibaba, Jack Ma, dikabarkan akan segera pensiun dari kursi CEO perusahaan e-commerce yang telah ia dirikan 19 tahun itu.

Dalam wawancara dengan New York Times, pengusaha asal Tiongkok tersebut menyebut akan pensiun pada usia ke-54 pada Senin 10 September 2018. Berbagai spekulasi muncul atas nasib perusahaan e-commerce raksasa tersebut sepeninggal Ma nanti.

Meski demikian, Ma akan tetap ada dalam jajaran dewan direksi di perusahaan dengan nilai pasar 420 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp6.278 triliun itu. Di samping itu, Ma akan fokus kepada organisasi filantropi "Jack Ma Foundation" dan mendedikasikan waktunya untuk meningkatkan pendidikan di pedesaan.

Di Indonesia, Presiden Joko Widodo telah meminta Ma untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) guna menghadapi perkembangan ekonomi digital.

Dalam wawancaranya dengan Bloomberg, Ma pernah mengatakan ia ingin meniru jejak pendiri Microsoft, Bill Gates. Miliarder dunia tersebut telah mengundurkan diri dari posisi CEO Microsoft pada tahun 2000, namun tetap menjadi anggota direksi hingga tahun 2014.

"Banyak hal yang saya pelajari dari Bill Gates. Saya tidak akan bisa kaya seperti dia, tapi satu hal, saya bisa pensiun lebih cepat," ucap Ma dalam wawancara.

"Mungkin suatu hari, saya akan kembali mengajar. Ini adalah hal yang lebih baik jika saya lakukan daripada menjadi CEO di Alibaba," lanjutnya.

Mundurnya Ma dari kursi nomor satu di Alibaba, dinilai tidak akan terlalu banyak mengubah kinerja perusahaan tersebut.

Ma, sudah mulai menyerahkan tanggung jawab bertahun-tahun yang lalu kepada orang lain. Ia menyerahkan jabatan chief executive officer pada tahun 2013 kepada Daniel Zhang. Ma tetap menjadi ketua eksekutif namun bisa menggunakan pengaruh yang luar biasa di dalam perusahaan.

"Jack Ma mengundurkan diri tidak akan terlalu memengaruhi perusahaan, karena dia sendiri sudah tidak mengurus bisnis sehari-hari, itu semua sudah diberikan kepada Daniel Zhang, yang telah mengambil alih sebagian besar tanggung jawab perusahaan," kata analis Pacific Epoch, Steven Zhu, dalam Bloomberg dikutip Minggu (9/9/2018).

"Alibaba telah melakukan banyak persiapan untuk suplai sumber daya manusia dan pengasuhan bakat," lanjutnya.

Di antara perusahaan-perusahaan terbesar Tiongkok, Alibaba dipandang sebagai salah satu perusahaan dengan jajaran manajemen bakat yang ternama. Banyak co-founder perusahaan yang masih bertahan dan profesional yang bergabung dengan perusahaan kemudian sekarang bertanggung jawab langsung terhadap perusahaan.

Managing Director Kaiyuan Capital, Brock Silver, mengatakan Alibaba memiliki salah satu tim manajemen terkuat di Tiongkok.

“Ketika Jack Ma berbicara dengan penuh semangat tentang pensiun dari Alibaba, tidak ada alasan untuk tidak menerima kata-katanya,” kata Silvers. "Mungkin para pemegang saham Alibaba akan sedikit khawatir jika Ma, sang karismatik, mundur dari perusahaan," ujar Silvers.

Ma merupakan seorang mantan guru yang tinggal di Hangzhou, sebuah kota kuno yang kini menjadi pusat teknologi global dan kantor pusat Alibaba. Dengan modal 60.000 dolar, Ma bersama 18 pendiri lainnya memulai Alibaba.com. Kini, kekayaan Ma telah mencapai 44,5 miliar dolar.

Pada 2015, Alibaba meraih pendanaan besar dari penawaran saham perdana (IPO) di New York Stock Exchange (NYSE). Langkah ini menjadi momen IPO terbesar dalam sejarah perusahaan teknologi.

Saham Alibaba melonjak dari harga 68 dolar pada saat pertama IPO dan kini menjadi 162 dolar. Perusahaan Alibaba kini bernilai lebih dari 420 miliar dolar. Ini menjadikan Alibaba sebagai perusahaan teknologi paling berharga keempat di dunia, setelah Apple, Google, dan Microsoft.

Bulan lalu, Alibaba melaporkan kenaikan 60 persen dalam penjualan kuartalan, bahkan saat laba turun. Pendapatan tahunan perusahaan berjumlah sekitar 250 miliar yuan, atau 40 miliar dolar.

Meski telah mendominasi pasar e-commerce Asia, Alibaba harus menghadapi tantangan yang lebih berat untuk masuk ke pasar AS.
Nasib Alibaba jika Jack Ma pensiun


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ack-ma-pensiun

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Nasib Alibaba jika Jack Ma pensiun Dua bus masuk jurang di Sukabumi

- Nasib Alibaba jika Jack Ma pensiun Gubernur Kaltim mundur untuk ikut Pileg 2019

- Nasib Alibaba jika Jack Ma pensiun Korban terdampak kekeringan mencapai 4,87 juta jiwa



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di