alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anwar Nasution: Omong Kosong Fundamental RI Kuat!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b945c5612e257f6278b4567/anwar-nasution-omong-kosong-fundamental-ri-kuat

Anwar Nasution: Omong Kosong Fundamental RI Kuat!

 Anwar Nasution: Omong Kosong Fundamental RI Kuat!

Anwar Nasution: Omong Kosong Fundamental RI Kuat!
Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
NEWS 08 September 2018 12:30

Anwar Nasution: Omong Kosong Fundamental RI Kuat!
Foto: Anwar Nasution (dok. Humas Universitas Brawijaya)
Jakarta, CNBC Indonesia - Ekonom senior yang juga mantan Depuri Gubernur Bank Indonesia (BI) Anwar Nasution menilai sikap pemerintah yang kerap kali menyebut fundamental ekonomi Indonesia cukup kuat menahan gejolak eksternal dianggap hanya bualan belaka.

Nilai tukar rupiah yang cukup rentan bahkan hampir menembus level Rp 15.000/US$ jadi salah satu indikator bahwa fundamental ekonomi tersebut belum kuat.

"Fundamental ekonomi kita lemah sekali. Bohong pemerintah katakan fundamental kuat. Omong kosong itu," kata Anwar dalam sebuah diskusi, Sabtu (8/9/2018).


Selain itu, indikator yang mencerminkan fundamental ekonomi Indonesia lemah, adalah dari sisi rasio penerimaan pajak atau tax ratio Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) yang relatif rendah.

"Tax ratio hanya 10%. Kita sudah 73 tahun merdeka, kapan merdekanya? Utang melulu, minta sedekah melulu. Jadi tangan di bawah. Harus menutup defisit APBN dan neraca pembayaran," katanya.

Hal tersebut, kata Anwar, hanya satu dari beberapa masalah fundamental yang masih dialami Indonesia. Ekspor nasional yang tidak bergairah, juga menjadi penyebab nilai tukar rupiah cukup rentan.

Lantas, Anwar menyebut ekonomi Indonesia saat ini sedang sakit panas. "Sama seperti sakit panas, temperatur hampir 40 derajat celcius. Obat paling ampuh bukan lagi Panadol, bukan lagi Tolak Angin, tapi anti biotik yang paling kuat supaya turun," katanya.

"Dipaksa itu para eksportir sementara di Indonesia, supaya rupiah mereda. Baru secara perlahan, ekspor juga ditingkatkan," ungkap mantan Ketua Badan Pemeirksa Keuangan (BPK) itu.

(hps)

https://www.cnbcindonesia.com/news/20180908115813-4-32308/anwar-nasution-omong-kosong-fundamental-ri-kuat
Halaman 1 dari 2
Kita sudah 73 tahun merdeka, kapan merdekanya? Utang melulu, minta sedekah melulu. Jadi tangan di bawah.
Goblok lagi masih pecaya aja model pemerintahan yang membuat rupiah kian terus anjlok..janji janji kampanye tidak terpenuhi bahkan sekedar omong kosong / bualan seperti tidak akan bagi2 kursi, pertumbuhan ekonomi 7 persen, gak bakal impor..
Pemilih model tersebut emang Dungu level akut..sudah terlalu mengkonsumsi Pencitraan dengan dosis yang berlebihan..
Diubah oleh Momokdud
ATAS GUE SURUH SUJUD SUKUR DULU BIAR SLOW DARI FADA DARAH TINGGINYA KUMAT emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
emg menguatirkan gan, info valid
Kalau lemah kasih jamu biar kuat
 Anwar Nasution: Omong Kosong Fundamental RI Kuat!
Cari panggung biar di lirik sm wowo.basi :emoticon-Busa
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:
 Anwar Nasution: Omong Kosong Fundamental RI Kuat!
nunggu kambing item selanjut nya
 Anwar Nasution: Omong Kosong Fundamental RI Kuat!
Balasan post bajier
Quote:


kata siapa bray ? emoticon-Bingung (S)
bukannya justru indonesia itu sering memberi sodakoh pada palestina ? emoticon-Mad (S)

tangan diatas tuh emoticon-Blue Guy Bata (L)
emang amerika tukang palak ... tangan dibawahemoticon-Imlek
Lah emang kok negara salah urus..emoticon-Ngakak (S)
femilu menguras fuluhan trilyun malah dafat barang rongsok gak guna..hancur negri iniemoticon-DP
Kunci kemandirian ekonomi ya bisa kelola hasil bumi sendiri. Inflasi tetep rendah tanpa banyak import dan utang.
dan pemerintahan jokowi masih jauh dari itu....
Emang ada negara yang nggak ngutang?

Bahkan negara Mamarika, pemerintah nya juga ngutang, dengan menerbitkan surat utang atau obligasi.
Yg penting baso 10rb
Quote:


Jokowi presiden dolar 10rb


meroket gan
Woii yang pada marah2 piknik gih.. minggu depan hari kejepit noh.. wkkwkwkw

Namanya juga tidak ada yang sempurna gan, tapi kalau dilihat pemerintah sekarang sudah cukup berusaha sebaik mungkin. Banyak juga pencapaiannya yang harus kita hargai. Kalau diganti belum tentu lebih baik.
sekarang di kaskus banyak akun baru yg komenanya barokah sekali ya. apa karna deket² pemilu jadi banyak pasukan hoax menggerilia semua situs sosmed & forum ya
kasian si anwar emoticon-Mewek
ini orang sudah dilabeli makar dan anti-anti an

( gini kan gaya nastak )
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di