alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Pemerintah Didesak Benahi Prasarana Air Bersih Pascagempa Lombok
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b945b7bdcd77009498b4589/pemerintah-didesak-benahi-prasarana-air-bersih-pascagempa-lombok

Pemerintah Didesak Benahi Prasarana Air Bersih Pascagempa Lombok

Pemerintah Didesak Benahi Prasarana Air Bersih Pascagempa Lombok

Jakarta: Sudah sebulan lebih pascagempa melanda Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB), warga Desa Salut Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara masih kesulitan air bersih. Kepala Desa Salut, Hartono mengatakan seluruh mata air rusak sejak terjadi gempa di akhir Juli lalu. 


'Ada 4.000 jiwa lebih dari sembilan dusun di desa kami hingga kini sulit mendapat air bersih,' kata Hartono dalam keterangan tertulis, Minggu, 9 September 2018.


Hingga kini, warga hanya bisa berharap bantuan air bersih dari pemerintah daerah setempat. Selain itu, warga juga mendapat bantuan dari PMI dan TNI.


Baca juga: Korban Gempa Lombok Kesulitan Air Bersih


Hartono menyampaikan, warga tidak bisa selamanya mengandalkan bantuan instan dari pemerintah. Maka itu, warga urunan biaya untuk perbaikan saluran air yang rusak. 


'Pemerintah hingga kini belum turunkan tim untuk perbaiki saluran air yang rusak. Makanya kami sendiri yang turun tangan dengan dana dan peralatan seadanya,' terang Hartono.


Ia berharap pemerintah segera memperbaiki saluran air yang rusak karena gempa. Pasalnya, ada beberapa peralatan seperti pipa yang harganya sangat mahal dan tidak terjangkau warga.


'Saat ini sangat dibutuhkan pipa HDPE (High Density Polyethylene atau polietilena berdensitas tinggi) ukuran 6 inch, panjang 6 meter sebanyak 40 batang untuk mengganti pipa PVC yang rusak karena gempa.Harga per batang sekitar Rp1,8 juta,' keluh Hartono.


Baca juga: Pemerintah Siapkan 400 Insinyur untuk Pulihkan NTB


Sementara itu, Relawan Himpunan Alumni Institut Pertanyaan Bogor (IPB) Irvan Ramlli berharap pemerintah lebih keras untuk memenuhi kebutuhan dasar korban gempa Lombok. 


'Fasilitas air bersih dan sanitasi (MCK), rumah hunian sementara dan fasilitas umum seperti balai desa sementara, masjid, sekolah sangat dibutuhkan,' ujar Irvan.


 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...cagempa-lombok

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Pemerintah Didesak Benahi Prasarana Air Bersih Pascagempa Lombok Presiden Pastikan Lombok Bangkit

- Pemerintah Didesak Benahi Prasarana Air Bersih Pascagempa Lombok Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa

- Pemerintah Didesak Benahi Prasarana Air Bersih Pascagempa Lombok Gempa 4,9 SR Guncang Pesisir Barat Lampung

Mahal juga ya harga pipanya emoticon-Stick Out Tongueertamax


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di