alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Komik & Ilustrasi /
[COC] #AslinyaLo Review Komik SMAS’D by kaniarf
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b93742c9e74044d028b4567/coc-aslinyalo-review-komik-smasd-by-kaniarf

[COC] #AslinyaLo Review Komik SMAS’D by kaniarf

[COC] #AslinyaLo Review Komik SMAS’D by kaniarf


Quote:


 
Apa yang biasa gansis lakukan saat menunggu di halte? Buka sosmed? Atau main gamesdi smarthphone? Gimana kalau coba ngobrol bersama orang di kanan kiri agan. Siapa tau yang awalnya iseng, semakin lama jadi semakin akrab dan punya cerita berkesan. Persis seperti cerita komik yang satu ini.


SMAS’D,judulnya mirip salah satu boyband Indonesia ya. Tapi komik ini bukan soal boyband atau Korea-koreaan loh. SMAS’D adalah gabungan dari SMA dan SD. Yups, seperti namanya, komik ini menceritakan suatu interaksi dua anak sekolah beda generasi. Namanya beda generasi, sudah pasti mereka tengah menempuh jenjang pendidikan berbeda. Si abang SMA dan si adek SD.


[COC] #AslinyaLo Review Komik SMAS’D by kaniarf


Apakah kedua tokoh ini abang dan adek beneran? Jawabannya, tidak. Dikarenakan kedua tokoh ini anonim (alias tidak bernama), maka author memberi sebutan “abang”untuk si murid SMA dan “adek” untuk si murid SD. Lalu apa yang dilakukan dua anak beda generasi ini di halte bus?


Untuk mengetahui apa yang sebenarnya mereka lakukan, tentunya agan harus mulai membacachapter pertama komik ini. Diawali dengan pertemuan tidak sengaja saat si abang sedang menunggu bus dan si adek yang menunggu orangtuanya menjemput di halte, mereka pun akhirnya terlibat interaksi yang cukup kocak secara tidak sengaja.



Spoiler for Spoiler for Chapter 1:



Nah dari chapter pertama ini, sudah bisa ditebak kan jalan ceritanya akan seperti apa. Intinya sih akan banyak kesalah pahaman yang terjadi antara si murid SMA dan si bocah SD. Padahal si bocah SD ini ngefansberat dan menganggap si abang selalu keren.


[COC] #AslinyaLo Review Komik SMAS’D by kaniarf


Selain berisi kesalah pahaman “gak penting” antara si abang SMA dan si adek SD, komik ini juga diwarnai dengan jokes-jokesatau hal-hal populer di era 90’an, generasi dari si abang SMA. Jadi, buat gansis yang merasa generasi 90’an pasti bakal suka sama komik ini karena akan banyak momen “Gue Banget” yang gansis rasakan ketika membacanya (kaya ane).


[COC] #AslinyaLo Review Komik SMAS’D by kaniarf


Seolah paham kalau pembacanya tidak hanya datang dari generasi 90’an, author seringkali memberikan catatan di akhir chapternya. Catatan ini berisi penjelasan mengenaijokes atau hal-hal populer di era 90’an yang muncul dalam chapter tersebut. Tujuannya tentu agar pembaca dari generasi milenial yang ikut membaca bisa mengerti maksud atau situasi yang digambarkan oleh author. Jadi, buat gansis yang merasa kaum milenial tidak perlu kuatir akan gagal paham.



Spoiler for catatan author:


Ane sendiri sudah membaca komik ini sedari si komik masih ada di Webtoon Challenge. Sempat kesal karena author cukup lama tidak updatekomiknya, eh ane malah dikejutkan dengan terpampangnya komik ini dijajaran komik official. Jadi, kalau soal kualitas ya pasti tidak diragukan lagi dong, buktinya komik ini berhasil naik kelas di platform tersebut.


Jika dibandingkan dengan versi Webtoon Challenge, SMAS’D versi Officialbaik story, setting dan karakter yang muncul jauh lebih beragam loh gan. Versi official terasa lebih mendalam mengupas kehidupan kedua tokohnya. Tidak hanya soal kelakuan absurd mereka di halte bus, tapi juga bagaimana kehidupan kedua tokoh masing-masing. Jadi akan banyak setting tempat berbeda selain halte dan karakter lain pun akan muncul satu-persatu seiring berjalannya cerita.


Seberapa bagus komik ini? Ane pribadi memberi rate 4 dari 5 bintang. Kenapa? Karena cerita tiap chapterdi komik ini sangat amat related dengan kehidupan sehari-hari ane, terutama saat zaman sekolah dulu. Jadi selain membaca, ane sebagai generasi 90’an bisa sekalian nostalgia dan menikmati momen “Gue Banget”-nya itu. Dengan ceritanya yang ringan dan sekali habis (per chapter), rasanya komik ini bisa dinikmati siapa pun, bahkan bisa dinikmati oleh mereka yang tidak terbiasa membaca komik.   


Spoiler for Bonus Quote SMAS'D:



So, tunggu apa lagi gansis. Happy Reading ya ~

 emoticon-Toastemoticon-Kissemoticon-Angel


Quote:


uhuuuy
wooh, settingnya taun 90-an emoticon-Matabelo
kocak banget ini bocah sdnyaemoticon-Leh Uga
Balasan post kaniarf
Quote:


jadi kangen jaman 90-an
Quote:


Iyaps emoticon-Big Grin

Quote:


Rambutnya kaya mangkok, polos banget lagi wkwk emoticon-Big Grin

Quote:


Generasi paling bahagia (katanya) emoticon-Big Grin
Balasan post kaniarf
Quote:


bukan katanya emang iya keles emoticon-Ngakak
Quote:


iya, setidaknya masih ngerasain jaman lagu anak" berjaya emoticon-Ngakak
Balasan post kaniarf
Quote:

bwahhaha masih ngerasain di gaplok pake bambu
lihat episode pertama kayaknya bagus ye gan ... emoticon-Big Grin
emoticon-thumbsup
Quote:


Waduh sadisemoticon-Ngakak

Quote:


Bagus gan, buat ngilangin stress emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di