alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Listrik Makin Mahal, AP II Upayakan Sumber Energi dari Panel Surya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b934294dc06bd91638b4568/listrik-makin-mahal-ap-ii-upayakan-sumber-energi-dari-panel-surya

Listrik Makin Mahal, AP II Upayakan Sumber Energi dari Panel Surya

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa kebandarudaraan, PT Angkasa Pura II (Persero), menjalin kerja sama dengan PT Bukit Asam Tbk untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Kerja sama ini digelar dalam rangka mencari sumber energi alternatif karena cost atau pengeluaran listrik dari PLN yang lebih mahal.

"Energi alternatif dan terbarukan diperlukan untuk menopang penggunaan listrik PLN yang sangat besar. Dengan melihat dampak cost penggunaan listrik yang tinggi, maka apabila ada sumber energi listrik yang lebih murah dibanding PLN, dapat dipertimbangkan," kata Direktur Teknik dan Operasional AP II Djoko Murjatmodjo melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (7/9/2018).

Djoko memastikan, tidak menutup kemungkinan ke depan pihaknya akan menggunakan sumber listrik alternatif guna menopang efisiensi operasional bandara di masa mendatang. Adapun kerja sama dengan Bukit Asam yang baru saja dilakukan merupakan langkah awal, di mana selanjutnya akan dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama dengan aspek komersial di dalamnya.

Pencarian sumber energi alternatif di bandara sejalan dengan peraturan standar emisi dunia dalam hal pengelolaan bandar udara. Standar emisi tersebut turut mendorong setiap kegiatan operasional di bandara agar lebih ramah lingkungan.

"Kami juga menggunakan mobil listrik di sisi operasional groundhandling bandara AP II sebagia bentuk partisipasi korporasi dalam menjaga lingkungan," tutur Djoko.

AP II memilih Bandara Soekarno-Hatta sebagai pilot project untuk implementasi program ramah lingkungan yang memanfaatkan sumber energi alternatif. Beberapa hal yang telah dijalankan di antaranya penggunaan panel-panel surya untuk lampu penerangan jalan serta memakai bus listrik dalam waktu dekat.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/07/113325626/listrik-makin-mahal-ap-ii-upayakan-sumber-energi-dari-panel-surya

semoga saja cepat terlaksana energi alternatif yang murah dan ramah lingkungan emoticon-Shakehand2
Mahal???! Ditawar goblok
kalau nggak salah energi surya BEP nya masih diatas 15 tahun
buat rumah tangga biasa masih kemahalan
emoticon-Cendol Gan
Balasan post kingkrule
Quote:


Listrik mahal, ditawar? Harga listrik bisa jadi murah gitu? emoticon-Betty emoticon-Hammer2
Balasan post indrainiesta28
polos banget loe ganemoticon-Malu
Subsidi panel surya
Quote:
Quote:


Lah coeg, emg tagihan listrik sm kek harga diri mu bs d tawar² emoticon-Najis
musnahkan para parasit kapitalis malas cipiter penyedot listrik
Menurutku sih agak kurang pas menggunakan panel Surya. Selain pengadaan dan perawatannya Mahal, energi yg dihasilkan relatif kecil. Lebih efisien tenaga angin

PLN Minta Rumah Tangga Perbanyak Gunakan AC di Rumah

https://m.kumparan.com/@kumparanbisnis/pln-minta-rumah-tangga-perbanyak-gunakan-ac-di-rumah-1535544896733428768
disaat pemerintah bikin proyek 35.000mw
terus pln minta dipake sebanyak banyaknye

eh angkasa pura mau pake panel surya :goyang
inilah hasil dr pemerintahan rezim kodok.
sengaja ingin membangkrutkan PLN enih emoticon-Traveller
Balasan post rempooooooong
Quote:


polos banget otak lu ganemoticon-Malu
kalau nggak setuju dengan harga listrik yg mahal, ente buat pembangkit sendiri!
Balasan post bataraismoyo
baterainya yang agak mahal,
harga panelnya sih sudah turun banyak dibandingkan 10 tahun lalu.

mungkin bisa diajukan ke pemerintah, untuk subsidi/dukungan bisa dalam bentuk mengurangi pajak untuk barang2 renewable energi,
baik untuk industri dan rumah tangga.


Quote:


tenaga angin harus milih2 lokasi yang cocok, (pegunungan, laut, dll)

belum itu mau dipakai di bandara,
bisa2 ganggu penerbangan.

NB: jangan dibayangin kipasnya kecil buat pompa doang yah,
biasanya yang gede, satu sayap/baling2 bisa 5 meteran lebih.
Listrik Makin Mahal, AP II Upayakan Sumber Energi dari Panel Surya


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di