alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ada Kolom Baru di KK Yogyakarta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9334c398e31b827b8b457f/ada-kolom-baru-di-kk-yogyakarta

Ada Kolom Baru di KK Yogyakarta

Ada Kolom Baru di KK Yogyakarta

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 05 September 2018 15:30

 whatsapp

 share

Ada Kolom Baru di KK Yogyakarta

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pemkot Yogyakarta- Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudegnet - Pemkot Yogyakarta melakukan beberapa penambahan dan perubahan pada Kartu Keluarga (KK). Mulai diterapkan Agustus 2018, penambahan antara lain kolom 'golongan darah' dan 'tanggal perkimpoian'. Sedangkan untuk status perkimpoian, yang tadinya 'kimpoi' dan 'belum kimpoi', kini untuk status 'kimpoi' diubah menjadi 'kimpoi tercatat' atau 'kimpoi belum tercatat'.

“Bedanya, kalau yang bersangkutan datanya dari awal statusnya 'kimpoi' kemudian  tidak menyerahkan buku nikahnya, maka pada saat dicetak KK per Agustus itu akan keluar status kimpoi, namun belum dicatatkan,” ucap Bram Prasetyo, Plt Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta saat ditemui di kantornya Rabu (5/9).

Perubahan juga terdapat pada kolom 'agama'. Pada KK yang lama, pada kolom 'agama' hanya tertulis 'agama' saja. Pada KK yang baru bisa menjadi 'aliran kepercayaan' atau 'agama/aliran kepercayaan'.

“Kalau seluruh anggota keluarga menganut kepercayaan, maka tulisan kolom 'agama' itu tidak muncul. Munculnya 'kepercayaan',” terang Bram. Sedangkan jika ada anggota keluarga yang mengikuti agama dan yang lain kepercayaan, maka akan tertulis 'agama/kepercayaan'.

Selain itu, ada beberapa perubahan redaksional. Pada kolom dokumen imigrasi, di mana sebelumnya terdapat kolom 'KITAS/KITAP'. Pada KK yang baru 'KITAS' dihilangkan. Selain itu, yang tadinya ada tertulis kolom 'NIK/NIKS', sekarang hanya 'NIK' saja.

“Secara prinsip, data yang ada di biodata kartu keluarga itu bisa berubah selama ada dokumen pendukung untuk perubahan itu,” kata Bram. Misalnya jika berkaitan dengan golongan darah, bisa melampirkan bukti cek darah, dari PMI atau dari Puskesmas.

Begitu juga untuk yang status pernikahannya 'kimpoi belum tercatat', bisa merubah menjadi 'kimpoi tercatat' dengan menunjukkan buku nikah.

Bram menekankan, nikah siri tetap belum bisa merubah status dari 'belum kimpoi' menjadi 'kimpoi belum tercatat'. “Jangan sampai masyarakat kemudian persepsinya 'kimpoi belum tercatat' bisa muncul, berarti saya nikah siri bisa,” ucapnya lagi.

“Sekarang saatnya bagi masyarakat untuk melakukan tertib administrasi kependudukan. Kalau kebetulan masih belum melaporkan nomor buku nikahnya, ya saatnya sekarang untuk melaporkan, agar tercatat di database, kemudian keluar KK-nya kimpoi tercatat,” tuturnya.

https://gudeg.net/read/11221/ada-kol...ogyakarta.html

Pengen liat bentuk kk-nya kayak mana ya
banyak member si anu yg akan berkurang drastis emoticon-I Love Indonesia
Kawin atau kimpoi? emoticon-Bingung
kimpoi direkam kadang kadang ada 3gpnya.
Yang dicatat paling lagi program bikin keturunan.
Di sumbernya tak ada kata-kata "kimpoi"
Per ka winan di sensor di kaskus
Diubah oleh daimond25
itu berlaku menyeluruh bukan cuma di jogja emoticon-Shakehand2
Jadi kolom kepercayaan bisa diisi bebas ya, seperti ateis, kejawen, dewa matahari, makluk asing
Balasan post Betjanda
Quote:


kalau atheis mungkin gak ada gan emoticon-Traveller
Balasan post pocong.212
Quote:


perlu diakui, banyak yang abangan di republik ini

krn dipaksa pas zaman suharto

kalo aliran kepercayaan nusantara dimasukin di data

berkurang bener Islam
Diubah oleh godofarcher
Quote:


Oh iya emoticon-Bingung
Quote:


k plus bisa lolos sensor kah?
Nastak PKI, atheist anjing
Nastak kejawen, nastak homo
Kira2 ada kolom agamanya gk?

emoticon-Ngakak
Quote:


kimpoi

lolos gak?
kimpoi tercatat di sembur dot crot gimana tuh?
emoticon-Leh Uga
gw kira isinya bakalan gini : keturunan : a. pribumi b. non pribumi emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk
Nggak sekalian tanggal cerai, jumlah anak jumlah istri? emoticon-Wkwkwk
Quote:


yup betul
Quote:


noh kagak

kok yg itu lolos?
Quote:


maklum mayoritasnya hasil paksaan

Ada Kolom Baru di KK Yogyakarta


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di