alexa-tracking

Tiket gratis untuk penonton difabel dan pembukaan meriah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b932694ded77022338b457f/tiket-gratis-untuk-penonton-difabel-dan-pembukaan-meriah
Tiket gratis untuk penonton difabel dan pembukaan meriah
Tiket gratis untuk penonton difabel dan pembukaan meriah
Presiden Joko Widodo (kiri) memimpin rapat terbatas mengenai persiapan pelaksanaan Asian Paragames 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/9/2018).
Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta panitia Asian Paragames 2018 (Inapgoc) menggratiskan tiket masuk bagi penonton difabel. Hal itu disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas yang membahas persiapan Asian Paragames 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/9/2018).

Asian Paragames ialah gelaran pesta olahraga rutin bagi atlet difabel yang dilakukan setelah Asian Games untuk kali ketiga. Ada 18 cabang olahraga yang seluruhnya dipertandingkan di Jakarta dan diikuti oleh 42 negara Asia.

Meski ini hanya pesta olahraga bagi para atlet difabel, bukan berarti Indonesia akan mengadakannya dengan semenjana. Jokowi ingin Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dan sukses seperti penyelenggaraan Asian Games 2018.

Jokowi melalui Instruksi Presiden memerintahkan seluruh akses menuju arena tanding (venue) dan fasilitas pendukung dibuat mudah bagi kalangan difabel.

"Kita ingin menjadi tuan rumah yang baik serta memberikan pelayanan yang maksimal bagi kurang lebih 2.888 atlet dan 1.826 ofisial yang akan berpartisipasi dalam 18 cabang olahraga di Asian Paragames," tutur Jokowi dikutip Kompas.com, Jumat (7/9).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyatakan pembagian tiket gratis nantinya melibatkan komunitas difabel sehingga tiket bisa diterima tangan yang tepat.

Para anggota komunitas juga akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah dan panitia penyelenggara kepada masyarakat difabel. Mereka akan berperan mulai dari pendaftaran hingga pendampingan masuk ke venue.

Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, mengatakan komunitas yang dipilih menggunakan data dari Kementerian Sosial agar distribusi tiket tepat sasaran.

"Kalau yang secara fisik bisa mudah diidentifikasi, tapi kalau tunarungu, tunawicara kan sulit dijustifikasi," katanya.

Sedangkan Kemenpora berjanji akan memperlakukan atlet difabel seperti halnya atlet normal. Soal bonus medali, misalnya seperti dilansir CNNIndonesia.com, tak akan berbeda dari pratik sama pada Asian Games 2018. Pencairan pun bakal supercepat.

Imam pun menargetkan kotingan Indonesia masuk tujuh besar dengan target medali emas 16-19 dari 18 cabang olahraga yang dipertandingkan. Imam menyatakan seluruh fasilitas latihan sudah dipenuhi karena ini adalah perintah dari Jokowi.

"Itu sudah kami laksanakan dengan baik," katanya.
Tak ada belas kasihan
Sementara soal harga tiket pesta pembukaan, Okto menjelaskan bakal lebih murah dibanding acara serupa dalam Asian Games 2018. Inapgoc bakal menghitung agar tiket masuk bisa tetap terjangkau dan sistemnya tidak disalahgunakan oknum tertentu.

Selain urusan tiket, Inapgoc juga memberi perhatian pada perlakuan sukarelawan terhadap kalangan difabel. Menurut Ketua National Paralympic Comittee (NPC), Senny Marbun, tidak boleh ada sikap mengasihani karena para atlet tak butuh itu.

Itu sebabnya Senny mengimbau para sukarelawan mendalami tugas dan pemahaman saat bertugas dalam Asian Paragames 2018. Jadi mereka tidak boleh mengedepankan rasa belas kasihan.

"Cara untuk melayani atlet disabilitas tidak serta merta begitu saja. Namanya atlet disabilitas kan butuh pertolongan. Tapi pertolongan yang bagaimana? Karena terkadang kalau orang luar suka marah jika tidak saat waktunya ditolong. Jadi harus tahu psikologisnya. Karena ini lain dengan Asian Games," kata Senny kepada detikSport.

Dari jumlah atlet dan ofisial di atas, 1.100 atlet di antaranya akan menggunakan kursi roda. Sementara jumlah relawan dan petugas lapangan mencapai 5.000 orang. Adapun wartawan peliput dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia, mencapai 800 orang.

Lebih lanjut, Okto menyampaikan pesta pembukaan tak akan kalah meriah dari Asian Games. Namun, dilansir laman Sekretaris Kabinet, Okto menyatakan ada perbedaan.

"Kalau Asian Games itu lebih banyak pagelaran, nyanyian gitu, kalau di Asian Paragames nanti lebih banyak gelaran," katanya tanpa menjelaskan detailnya.
Tiket gratis untuk penonton difabel dan pembukaan meriah


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...mbukaan-meriah

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tiket gratis untuk penonton difabel dan pembukaan meriah Tambahan subsidi listrik kejar pemerataan elektrifikasi

- Tiket gratis untuk penonton difabel dan pembukaan meriah Asian Games, polemik Roy Suryo, rupiah, dan isu korupsi

- Tiket gratis untuk penonton difabel dan pembukaan meriah Ratusan perusahaan fintech peminjaman uang ilegal terungkap

image-url-apps
mau dong....
kalo konser musik ngasih tiket gratis buat buta tuli gimana yah.

Quote:


mau jadi difabel?
emoticon-Mewek
×