alexa-tracking

Ketika Daniel Mananta Bertemu Ahok di Mako Brimob dengan Tampilan Sebagai 'Ahok'

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b931c6a9e740404338b4572/ketika-daniel-mananta-bertemu-ahok-di-mako-brimob-dengan-tampilan-sebagai-ahok
Ketika Daniel Mananta Bertemu Ahok di Mako Brimob dengan Tampilan Sebagai 'Ahok'
Ketika Daniel Mananta Bertemu Ahok di Mako Brimob dengan Tampilan Sebagai 'Ahok'

(Screenshoot Teaser 'A Man Called Ahok')


Setelah membintangi film 'Rumah Dara', Daniel Mananta akhirnya mendapatkan peran utama Gan. Daniel terpilih memerankan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di film 'A Man Called Ahok'.

Gimana pun agan agan pasti tahu kan gimana sosok Ahok begitu populer di negara ini. Mulai dari prestasi sampai kontroversi yang menyelimuti karier politiknya. Tapi nih Gan, ane dapat bocoran dari sutradaranya, Putrama Tuta, kalau film ini jauh dari unsur politik. Ini adalah film parenting, hubungan antara anak dan ayah dalam pembentukan sebuah karakter.

Daniel Mananta dipilih juga melalui sebuah casting. Kalau dilihat-lihat sekilas mereka berdua memang sama-sama memiliki darah keturunan Tionghoa.

Setelah mendapatkan peran sebagai Ahok, Daniel Mananta, memang berharap banget bisa bertemu dengan mantan gubernur DKI Jakarta itu. Ya, sekarang Ahok memang masih mendekam di balik jeruji besi di Mako Brimob, Depok.

Ketika Daniel Mananta Bertemu Ahok di Mako Brimob dengan Tampilan Sebagai 'Ahok'

(Instagram @vjdaniel)


Beberapa kali mengatur waktu, Daniel Mananta sangat sulit mendapatkan jadwal bertemu dengan Ahok. Sampai akhirnya, saat dirinya sedang syuting dihari ketiga, kru film tersebut mengabarkan kalau hari itu dirinya mendpat kesempatan untuk bertemu dengan Ahok.

"Nah, kita bersyukur banget, ketika hari ketiga syuting itu gue lengkap dengan kostumnya Pak Ahok gitu ya, tiba-tiba kita dapat kabar kalau kitta bakal ke Mako Brimob untuk ketemu Pak Ahok. Jadi 'Niel jadi kita nih kayaknya bisa nih untuk kita pergi ke Mako Brimob'. Jadi saat kita tengah-tengah syuting pakai kostum, 'Niel cepetan kita sekarang ketemuan dengan Pak Ahok', 'Oke bentar gue ganti baju dulu'. Terus katanya 'nggak usah udah gitu aja'. Jadi full lengkap gue sebagai Ahok ketemu sama Pak Ahok di Mako Brimob. Itu perasaan akward dan aneh parah banget," cerita Daniel Mananta.

Jadilah hari itu Ahok bertemu dengan 'Ahok'.  Situasi itu dirasakan Daniel sangat aneh. Bertatapan muka dengan Ahok palsu, layaknya seorang Ahok, dia langsung memberikan celetukan tentang penampilan Daniel Mananta.

"Jadi itu aduh aneh banget. Pas kita ngobrol gue bersyukur banget, yang pertama kali gue ingat nih, dia bilang dia lihat gue gitu dari atas sampai bawah pas pakai baju kostum Ahok, 'Cuma rambutnya aja yang mirip' hahahahaha. Makannya dalam hati gue, 'Iyalah muka gue lebih ganteng dari lo coy. Makannya cuma rambutnya aja yang mirip'.Tapi intinya sih kita becanda," katanya.

Di momen pertemuan itu, Ahok juga memberikan Daniel Mananta tanda tangannya di buku 'A Man Called Ahok'. Itu terjadi pada tanggal 23 Maret 2018. Daniel mananta cukup senang bisa bertemu dengan Ahok selama tiga jam di Mako Brimob. 

Tapi saat bertemu itu, si sutradara melarang Daniel menggali karakter seorang Ahok. Itu akan merusak script yang sudah ada. Alhasil Daniel Mananta sangat fokus melihat gerak-gerik dan gestur tubuh Ahok. 

Daniel memperhatikan bagaimana seorang Ahok kalau sedang santai, kalau lagid uduk seperti apa, bagaimana dia melipat tangan, gerak bibir, dan lain sebagainya. 

Ini adalah sebuah tantangan dan peran besar untuk Daniel Mananta. Di mana sosok yang dia perankan masih hidup dan cerita seorang Ahok sangat menyita perhatian.

"Jadi kenapa? Karena kalau misalnya sudah meninggal, orang tidak akan terlalu punya perbandingan. Tapi ini sangat mendekat banget di hati orang. Makannya ketika mereka nonton, mereka pasti akan membandingkan. Itu sudah pasti. makannya di situ sih kayaknya gue harus memperlihatkan banget. Kayaknya gue harus banyak berguru sama Reza Rahadian," canda Daniel Mananta.

Ya, Reza Rahadian sudah sangat sering membintangi film biopik. Mulai dari menjadi seorang B.J Habibie hingga Benyamin Suaeb pernah dia lakoni. Jadi ajar aja kalau Daniel mau coba belajar dari dia.

Ketika Daniel Mananta Bertemu Ahok di Mako Brimob dengan Tampilan Sebagai 'Ahok'

(Instagram @basukibtp)


Tidak hanya dari gerakan, cara berpakaian, Daniel Mananta juga belajar mengikuti gaya bicara Ahok. Beruntung dirinya pernah melakukan operasi pada pita sura dan tanpa disengaja itu membuat surada Daniel mirip dengan Ahok.

"Jadi pita suara gue itu sempat pas lagi Inronesian Idol tahun 2012 ehm pas ngehost gitu suara gue sempat hilang. Karena pita suara gue kayak ada tumor jinak gitu di pita suara gue. Nah itu harus di operasi dan lain-lain. Jadi ternyata suara gue untuk sekarakternya Pak Ahok itu bisa gitu. Jadi gue lumayan kaget, gue sendiri ngerasa kok mirip," aku Daniel, kita dengerin ya nanti kalau filmnya sudah rilis.

Pernah nih Gan waktu videonya sedang dilihat oleh coach akting, Yayu Unru ada temannya Yayu yang juga mendengarkannya. Tapi tiba-tiba si temannya itu bertanya yang sedang dia dengarkan video Ahok yang mana. Padahal dalam video itu yang sedang bicara adalah Daniel Mananta.

Mendapatkan peran Ahok memang dikatakan Daniel Mananta sangat susah. Berkarakter dan tegas. Dipanggil casting pertama kali, Daniel Mananta merasa gagal. Tapi setelah berhadapan dengan Yayu Unru Daniel Mananta berhasil membawa 'nyawa' Ahok masuk ke dalam tubuhnya.

Selama Syuting banyak hal yang ditanyakan Daniel Mananta. Kenapa Ahok jadi seorang yang seperti itu? Kenapa Ahok suka marah? Kenapa Ahok tegas? Kenapa Ahok mempertahankan prinsipnya?

Untuk semakin menjiwai diri sebagai Ahok, selama dua bulan Daniel Mananta berubah menjadi sosok itu. Sampai tanpa disadari ketika dirinya ingin menjadi Daniel Mananta, orang lain justru melihatnya sebagai Ahok.

Ketika Daniel Mananta Bertemu Ahok di Mako Brimob dengan Tampilan Sebagai 'Ahok'

(Screenshoot Teaser 'A Man Called Ahok)


"Gue mendalami karakter banget. sampai dua bulan gue sampai kayak benar-benar sempat pakai kacamata terus biar gue membiasakan gesturenya, gue merubah gaya baju gue. Gue jarang banget pakai baju seperti ini. Gue pakai celana katun sama baju gue di masukin kemeja gitu kebanyakan atau baju polo. Habis itu sama gue lebih sering dengerin lagu-lagu mandarin," ucapnya

Film ini jauh dari unsur politik, ini menceritakan tentang pembentukan karakter seorang Ahok dari cara didik sang ayah, Kim Nam. Seluruh keluarga Ahok sudah setuju dengan film ini. Selain Daniel Mananta film ini juga diperankan oleh Denny Sumargo, Chew Kin Wah, Edward Akbar, Eriska Rein, Donny Dhamara, dan masih banyak lainnya.

Bahkan Nicholas Sean, anak pertama Ahok mengatakan kalau Daniel Mananta memang mirip banget dengan Ahok. Menurut kalian bagaimana Gan?
image-url-apps
wah emoticon-Hansip keren nih keknya ..
image-url-apps
semoga filmnya sukses..
×