alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rupiah Melemah, Ukuran Tahu dan Tempe Pun Terpaksa Dikurangi
4 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b92f43f582b2e3c388b4587/rupiah-melemah-ukuran-tahu-dan-tempe-pun-terpaksa-dikurangi

Rupiah Melemah, Ukuran Tahu dan Tempe Pun Terpaksa Dikurangi

Rupiah Melemah, Ukuran Tahu dan Tempe Pun Terpaksa Dikurangi

BAUBAU, KOMPAS.com - Tingginya harga bahan baku kacang kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat ikut dirasakan oleh produsen tahu tempe di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Produsen tahu tempe di Kota Baubau terpaksa memilih mengurangi produksi dan ukuran bentuk tahu tempe.

“Pengaruhnya besar sekali. Waktu dolar masih di bawah Rp 15.000 harganya (kedelai) masih turun juga, sekarang itu sudah tinggi sekali,” kata pengusaha tahu tempe Kota Baubau, Sutarno, saat ditemui di rumahnya, Kamis (7/9/2018).

Sutarno biasanya sekali produksi tahu tempe sekitar 6 kuintal. Namun kini turun menjadi 4 kuintal per hari.

“Sekarang produk saya kurangi ukurannya, misalnya dari 15 centimeter menjadi 13 centimeter, karena sesuaikan dengan harga baku,” ujarnya.

Baca juga: Rupiah Melemah, Pengusaha Sebut Bisa Bertahan Saja Sudah Bersyukur

Harga bahan baku kedelai impor biasanya diperoleh Rp 7.500 per kilogram, kini naik menjadi Rp 11.000 per kilogram.

Menurutnya, saat ini kenaikan harga juga tidak saja menimpa kacang kedelai impor, tetapi juga bahan baku lainnya seperti plastik, ragi dan tepung kanji.

Ia mengaku tidak berani menaikkan harga tahu tempe di pasaran karena khawatir pelanggannya bisa lari.

“Kita mengeluhkan dari bahan baku yang melambung betul, sekarang juga untuk keuntungan sudah menurun,” ucap Sutarno.


Ia berharap pemerintah bisa menstabilkan harga rupiah agar kembali kuat terhadap dolar sehingga harga kacang kedelai kembali stabil

https://regional.kompas.com/read/201...aksa-dikurangi
Halaman 1 dari 4
kaum kecebong makannya bakso,mereka ga makan tahu tempe pantesan ga pinter2
Ukuran bakso tetap tapi dicampur daging anu emoticon-Hansip
Terima kasih jokowi akhirnya rakyat di didik kreatif demi bertahan hidup emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
gorengan bakal.naik.nih harga nya emoticon-DP
Quote:
Kemaren kata nastak rupiah 20rb sekalipun nggak ngaruh kalau makan nya cuma tahu tempe emoticon-Big Grin

Ahelah gimana ini emoticon-Mad:
diperkecil emoticon-Genit
Size does matter..
Rupiah Melemah, Ukuran Tahu dan Tempe Pun Terpaksa Dikurangi
Jadi kalau gini ceritanya otak siapa yang perlu disekolahin??? emoticon-Ngakak
kalo cemilan udah semenjak kemaren2 menurunkan kapasitasnya awalnya wah kini ke kayak kurus aja, emoticon-Big Grin
Rupiah Melemah, Ukuran Tahu dan Tempe Pun Terpaksa Dikurangi Rupiah Melemah, Ukuran Tahu dan Tempe Pun Terpaksa Dikurangi
Rupiah Melemah, Ukuran Tahu dan Tempe Pun Terpaksa Dikurangi
Quote:


salah milih lawan, hahaha
Quote:


sohib kakek cawapres ini emoticon-Angkat Beer
Rupiah Melemah, Ukuran Tahu dan Tempe Pun Terpaksa Dikurangi

ngakunya jurnalis pendukung kodok.

kok gini amat malu maluinnya
tenang masih ada bakso

Rupiah Melemah, Ukuran Tahu dan Tempe Pun Terpaksa Dikurangi
Gorengan tempe dan kripik tempe sudah tidak ada bedanya
Quote:


Daging celeng ?
Enak donk gan emoticon-Jempol
kita beli pake rupiah masa dikecilin sudah pasti permainan mafia dan nasbung yang mau makar lewat tahu tempe
Harga bakso aja sudah melambung tinggi, bagaimana bisa bilang ekonomi aman2 saja.

Bilang aja ngeles karena bisanya cuma plonga plongo tanpa solusi.

emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di