alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Harga Cabai Merah Anjlok, Ini Sebabnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8df51d12e257f00c8b456b/harga-cabai-merah-anjlok-ini-sebabnya

Harga Cabai Merah Anjlok, Ini Sebabnya

Harga Cabai Merah Anjlok, Ini Sebabnya
KEDIRI - Semua jenis cabai mengalami penurunan harga yang signifikan dalam beberapa waktu terakhir ini. Setelah cabai rawit, cabai merah pun harganya ‘tak terlalu pedas’. Satu kilogram, komoditas ini hanya Rp 9 ribu. Itupun merupakan harga tertinggi yang dijual pedagang di Pasar Grosir Sayur dan Buah Ngronggo, Kota Kediri.


Lathin Mustofa, salah satu pedagang cabai merah di Pasar Grosir Ngronggo, membenarkan hal itu. “Semua cabai mengalami penurunan harga sejak dua minggu belakangan ini,” tegas Lathin saat dijumpai Jawa Pos Radar Kediri.
Ia juga mengakui bila kondisi seperti itu merupakan hal yang jarang terjadi. Pasalnya, harga cabai rawit identik dengan kenaikan dan penurunan harga yang mudah berubah bahkan dalam hitungan jam. Tapi hal tersebut tidak terjadi dalam waktu dua minggu ini. Hingga kemarin (2/9) harga cabai merah justru cenderung terus mengalami penurunan. Penurunan harganya bisa Rp 1 ribu dalam sekali waktu.

“Sabtu masih Rp 10 ribu per kilogram, hari ini sudah Rp 9 ribu per kilogram,” imbuhnya.
Lathin menyebut soal tak seimbangnya suplai dan permintaan jadi salah satu penyebab. Saat ini pasokan komoditas pertanian jenis ini sangat melimpah. Masa panen raya cabai memang serentak dimulai sejak Agustus. Bahkan hingga awal September ini masih ada wilayah yang memanen cabai. Baik yang jenis cabai merah maupun cabai rawit.
Agus Wiyudho, pedagang yang lain, juga mengatakan hal serupa. “Seperti nggak ada harganya cabai merah ini,” keluhnya.


Laki-laki yang lebih akrab disapa Yudho ini menjelasakan bila memang saat ini cabai merah dan cabai rawit seiringan mengalami masa panen raya. Hasilnya juga bagus dan memuaskan. Sehingga bisa menambah jumlah pasokan cabai di pasaran. Namun fakta di lapangan tidak sesuai dengan prediksi petani maupun pedagang. Permintaan cabai merah mengalami penurunan. Tidak salah bila mereka harus mengambil langkah dengan menjual partai kecil seperti satu sampai dua kilogram agar tetap laku terjual. Penjualan dengan harga obral pun juga ditempuh pedagang di lokasi yang sama. Yaitu dengan menurunkan harga jual hingga Rp 5 ribu per kilogramnya.

“Karena cabai ini ndak bisa awet. Barang yang mudah busuk.  Jadi harus segera terjual,” ujarnya. Langkah lain yang mereka lakukan untuk meminimalisasi kerugian adalah dengan menjemur cabai merah hingga kering. Sehingga masih bisa memiliki harga jual sebelum membusuk.

Mengenai hal tersebut, Dian Ariyani, kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindagin) Kota  Kediri mengaku masih akan melakukan inspeksi mendadak terkait masalah cabai ini. Sidak itu akan dilakukan bersamaan dengan dinas terkait untuk mengetahui penyebab turunnya komiditas tersebut. “Karena kami tidak mungkin setiap hari  ke lapangan. Dan untuk sidak pun perlu perencanaan dan pembagian waktu,” akunya.

HARGA CABAI MERAH


Harga Cabai Anjlok Jadi Rp 20 Ribu per Kg

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang dan cabai terpantau turun pada awal pekan ini di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Khusus untuk cabai, penurunannya sangat besar.

Salah satu pedagangan bahan pangan di Pasar Kebayoran Lama, Mbah Jumi (85), mengatakan, ia kini menjual cabai jenis rawit dan cabai keriting di harga Rp 20 ribu per kilogram (kg).
Seperti diketahui, pada Lebaran atau pada medio Juni hingga Juli kemarin, harga cabai sempat melonjak tinggi hingga menyentuh angka Rp 50 ribu per kg.
"Sama sekarang dijualnya, dari sananya udah turun. Cabai keriting merah besar, cabai rawit merah Rp 20 ribu per kg. Paling mentok Rp 25 ribu," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (03/9/2018).

Sedangkan untuk komoditas bawang, Mbah Jumi menjual keduanya di kisaran Rp 22 ribu - Rp 28 ribu per kg. Untuk harga bawang merah, ia jual di harga Rp 22 ribu per kg. Sedangkan bawang putih, ia banderol sebesar Rp 28 ribu per kg.

Sementara itu, untuk komoditas sayuran lainnya, Mbah Jumi menjual di harga yang beragam. Namun, kata dia, harga-harga tersebut masih cukup stabil untuk harga sayuran tersebut.
"Kentang Rp 12 ribu per kg, tomat Rp 8 ribu per kg, kalau wortel Rp 10 ribu per kg," ungkapnya.
Senada, penjual lain di Pasar kebayoran Lama, Sri (33), menjelaskan, harga sayuran memang turun di Pasar Kebayoran Lama. Namun, ia masih menjual harga cabai di rentang harga yang normal, yakni Rp 30 ribu per kg.

"Cabai dan bawang Rp 30 ribu per kg, sama untuk semua jenis. Enggak ngerti juga kenapa pada turun," ujar Sri.

Berbeda sebesar Rp 4 ribu, Sri menjual tomat miliknya di harga Rp 12 ribu per kg. "Kalau timun masih normal, saya jualnya Rp 8 ribu per kg," kata dia.

Rincian harga komoditas pangan berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Harga komoditas cabai

Untuk harga cabai, di Pasar Kebayoran lama dibanderol mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per kg

Harga komoditas bawang

Sedangkan untuk harga komoditas bawang, baik bawang merah dan bawang putih kompak dijual sebesar Rp 30 ribu per kg.

Harga sayuran lain
Tomat dan Timun Rp 8 ribu per kg, wortel Rp 10 ribu per kg serta kentang 12 ribu per kg.



HARGA CABAI ANJLOK

Harga bahan pokok turun suatu hal yang baik.
tapi kalo harga bahan pokok turun karena permintaan turun berarti ada hal yang tak baik.
emoticon-Nohope
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Mungkin sudah pada menanam cabai sendiri emoticon-Imlek
Lihat 1 balasan
memang lg turun nih
makanya rencana mo bikin kimchi
itu jg klo ada yg jual lobak disini
emg lagi panen raya ya


coba naik... udah siap2 nasbung nyerang pemerintah tanpa baca2 dulu sebabnya. emoticon-Ngakak
Cuma di Rezim Plonga Plongo ini harga2 naik dan hidup rakyat makin susah.

Benar2 pemimpin yang tidak amanah.
Lihat 3 balasan
Balasan post saya.introvert
Quote:


emoticon-Ngakak
Balasan post ujunglintang
Quote:


cabe turun goblok!
Balasan post ujunglintang
Quote:


bung .. ITU BERITA HARGA CABE TURUN emoticon-Cape d...


panteslah
Harga Cabai Merah Anjlok, Ini Sebabnya
Diubah oleh turnbackidiot
Dikeringkan lah.. ntar mahal baru jual
Gak doyan makanan pedas,masa bodo ama harga cabe

Kalo cabe cabean sebisa mungkin jangan naik lah harganya
di buat sambel botolan saja dari pada busuk emoticon-Big Grin
harga cabe mahal, konsumen menjerit, salah jokowi. 2019 ganti presiden
harga cabe murah, petani menjerit, salah jokowi. 2019 ganti presiden.

gitu kan maunya nasbung ?

Diubah oleh yesknow
Lihat 1 balasan
Wah untung nih bos kobe emoticon-Leh Uga
Quote:


Dibikin cabe kering macam boncabe emoticon-Big Grin
turunnya harga cabe apa bakal pengaruh sama harga bakso ?
secara cabe bahan baku sambel bakso
Quote:



begitulah maunya nasbung kampretos
emoticon-Smilie
Quote:
Balasan post yesknow
Quote:


harga stabil dong biar ga semua dirugikan, gimana sih ente emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Balasan post ujunglintang
Quote:


template basi cuk. dari jaman soeharto pun harga cabe berfluktuasi kadang murah kadang mahal.
Balasan post al.murtadho
Quote:


stabil apa ?
stabil murah apa stabil mahal ?
Hanya di rezim cebong,

harga cabai naik, rakyat sengsara

harga cabai turun, rakyat juga sengsara


cebong memang bawa sial

emoticon-Wkwkwk
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di