alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8deb996208817a448b456a/review-film-searching-cermin-kehidupan-sosial-masa-kini

Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini

Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini

Kebanyakan film yang kita tonton diisi dengan sentuhan fiksi yang seringkali gak masuk akal. Tapi, film Searching arahan Aneesh Chaganty ini tampil berbeda. Dibuat dengan sangat detail. Hampir frame-nya adalah layar laptop atau ponsel. Ya, seperti itulah kehidupan kita saat ini. Kita lebih suka bercengkerama dengan layar laptop dan ponsel, ketimbang bersosialisasi dengan tetangga atau sahabat dengan pertemuan yang intens, obrolan yang seru, dan derai tawa yang menggelegar.

Saat menonton film ini, saya merasa menjadi bagian dari film ini. Apa yang ditampilkan dalam film ini terasa begitu dekat dengan keseharian kita. Apa saja cermin kehidupan kita dalam film ini? Check this out!


1. Hubungan yang tidak terlalu dekat antara orang tua dan anak
Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini
Film ini menceritakan upaya David Kim dalam mencari putrinya, Margot Kim, yang tiba-tiba menghilang. Upaya itu dilakukan David dengan modal laptop Margot. Dia menjebol password sosial media Margot, mencari history browsing putrinya, pesan singkat, dan berbagai folder yang ada di laptop Margot.

Pada saat pencarian itulah, David menyadari bahwa dia tidak mengenal satupun teman putrinya. Dengan bantuan kecanggihan teknologi internet, David menelusuri nomor telepon teman-teman Margot. Menghubungi mereka satu per satu, dan tidak ada hasil siginifikan yang bisa membantu penyelidikan kasus putrinya. Dengan kata lain, David menyadari bahwa Margot memang tidak memiliki teman dekat.

Beberapa scene juga menampilkan kecanggungan komunikasi antara ayah dan anak saat mereka bertemu secara langsung. Ini berbanding terbalik dengan lancarnya komunikasi mereka melalui telepon ataupun video call. David bahkan baru mengetahui fakta bahwa putrinya tidak pernah mengikuti les piano, setelah menghubungi tempat les putrinya, padahal setiap bulan David selalu memberikan uang les piano kepada putrinya. Sampai di sini, kita menyadari bahwa ayah dan anak ini tidak terlalu dekat.


2. Kita lebih punya banyak teman di dunia maya daripada di dunia nyata
Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini
Margot Kim bisa menjadi cerminan kehidupan kita sehari-hari. Di dunia nyata, kita tidak memiliki banyak teman, kita tidak memiliki kepercayaan diri untuk 'tampil' di depan publik, apalagi di depan lingkungan yang asing bagi kita. Sebaliknya, kita begitu percaya diri 'tampil' melalui sosial media, dan kita merasa lebih bisa diterima oleh teman-teman dunia maya, sekalipun kita tidak pernah bertemu langsung dengan mereka.

Teknologi memisahkan kedekatan antara manusia yang satu dengan yang lain. Seringkali kita membuat janji bertemu bersama, tetapi setelah bertemu, kita sibuk dengan gadget kita masing-masing. Kita menciptakan dunia kita sendiri, di mana pun kita berada.

Di sisi lain, teknologi menjadi penyelamat jiwa-jiwa yang kesepian. Teknologi memberi 'teman' yang membuat kita merasa ada, bahkan berarti di dunia ini. Margot Kim pun memiliki cerita yang sama. Margot merasa bahagia, dan ingin menjadi berarti untuk teman dunia maya-nya. Namun sayang, teman dunia maya yang bernama Hannah ini memiliki identitas palsu. Hannah ternyata samaran dari Robert, teman masa kecil Margot yang (sekali lagi) tak punya kepercayaan diri untuk menjadi teman dekat Margot di dunia nyata.

Robert membuat akun palsu dan mengarang cerita yang menyentuh hati Margot. Margot yang berniat menolong Hannah, membuat janji pertemuan. Di sinilah malapetaka terjadi: Margot dinyatakan hilang.


3. Teknologi selalu memberikan yang kita putuhkan
Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini
Searching, 100% sukses menampikan kecanggihan teknologi yang sungguh membantu dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya untuk menulis skripsi, tetapi juga untuk menemukan orang hilang.

Dalam film ini, David Kim memanfaatkan teknologi untuk mencari kontak teman-teman Margot, sekolah Margot, bahkan sampai teman masa kecil Margot. Selain itu, David juga berhasil menemukan tempat yang sering dikunjungi Margot melalui tumblr dan gmaps. David juga menemukan beberapa kejanggalan laporan detektif melalui pencariannya di internet. Gara-gara hasil penelusurannya, David bisa menangkap dalang dari tragedi yang menimpa putrinya, dan menemukan putrinya dalam keadaan hidup.

Bisa bayangkan betapa serunya film ini? film drama thriller yang super duper asyik. Plot cerita sungguh dibuat dengan sangat serius. Dugaan tersangka dibuat berlapis, tapi semua di luar dugaan. Dan semua dipecahkan melalui searching di internet!


4. Semua serba viral!
Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini
Terakhir, cermin dari kehidupan sosial masyarakat saat ini yang ditampilan film Searching adalah tren viral!

Bagaimana semua teman-teman Margot mengunggah pendapat mereka di sosial media, mengaku sebagai teman dekatnya, memberikan dukungan yang sungguh membuat hati terenyuh. Dan dampaknya, mereka mendapat banyak like, comment, dan followers. Jujur saja, kita juga sering seperti itu kan? memanfaatkan sebuah tren untuk menambahkan kepopularitasan kita di sosial media.

Berita hilangnya Margot yang menjadi trending topics, memicu perdebatan di dunia maya. Banyak 'pengamat' dadakan yang berpendapat bahwa pelaku penculikan adalah ayahnya sendiri. Adapula yang memberikan support untuk David Kim. Bahkan ada pula yang memanfaatkan momen ini untuk menawarkan jasa produknya. Hmmmm.... sering banget kita temui yang seperti ini.

Mumpung filmnya masih tayang, buruan deh ditonton. Dijamin nggak akan nyesel. Dari 1-10, saya beri nilai 9,5!


Sumber : https://www.idntimes.comhype/enterta...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini Di Afrika Kurangnya Perlindungan Data Bikin Pengguna Internet Resah

- Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini Internet Kecepatan Cahaya Teknologi yang Bakal Geser WiFi

- Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini 5 Negara yang Punya Koneksi Internet Tercepat Indonesia Termasuk Gak

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
mantap gan, ane juga awalnya sangsi ama ini film. tapi pas udah nonton ternyata ini film bagus banget. unexpected, recommended buat ditonton.

kalau agan berkenan mungkin boleh baca review film ini di blog ane :


http://www.nyimastsuraya.com/2018/11...searching.html

makasih agan, sukes selalu


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di