TheNinetiesKid
TS
TheNinetiesKid
Iklan-iklan layanan masyarakat ini ekstrim tapi efektif. Saksikan kengeriannya!
Iklan layanan masyarakat dibuat dengan satu tujuan sederhana, memberikan peringatan dan informasi mengenai suatu hal kepada masyarakat. Hal apa? Banyak, tentang cara berkendara dengan aman, misalnya. Di Indonesia, iklan layanan masyarakat yang paling umum kita lihat adalah tentang larangan menggunakan narkoba. Siapa yang tidak pernah mendengar atau membaca jargon "Say No to Drugs!"? Tapi di Indonesia iklan layanan masyarakatnya tergolong mild dan simple. Berikut ini iklan layanan masyarakat dari luar negeri yang mengerikan.

The Spirit of Dark and Lonely Water


Di iklan ini kita diperlihatkan dengan sosok berjubah hitam. Dia adalah roh penunggu perairan yang berbahaya untuk dimasuki. Ia menunggu anak-anak kecil yang ceroboh untuk masuk ke dalam perairan tersebut supaya ia dapat mencabut nyawa mereka. Iklan ini dibuat untuk memperingati anak-anak kecil agar tidak sembarangan masuk ke sebuah danau, atau sungai yang sepi, karena mereka tidak tahu apa isi perairan tersebut. Jika ditonton sekarang, mungkin memang tidak terlalu mengerikan, tapi bayangkan jika Agan masih kecil, sedang asyik menonton televisi, dan tiba-tiba muncul iklan ini. Hiiiii!

Spoiler for The Spirit of Dark and Lonely Water:



Smokey Bear "Mask"


Iklan ini diawali dengan seorang wanita cantik yang tidak lain adalah aktris Hollywood Joanna Cassidy, yang pernah bermain di film Blade Runner. Ia meminta kepada penonton untuk berhati-hati ketika ingin menyalakan api di hutan, karena jika sebuah hutan terbakar, maka hewan-hewan disana akan kehilangan tempat tinggal mereka. Tapi bukan itu saja, setelah selesai bicara, tiba-tiba ia melepaskan sebuah masker yang dari tadi dipakainya. Ternyata ia bukanlah Joanna, melainkan Smokey Bear, maskot Dinas Kehutanan AS, yang kemudian bertanya "If you knew it was me, would you have listened?" (Jika kalian tahu yang bicara tadi saya, masihkan kalian mau mendengar?)

Spoiler for Smokey Bear:



Don't Get AIDS "Getting Ready"


Adegan pertama disini adalah seorang pemuda bernama Mark yang tampak sedang bersiap-siap dan memilih pakaian yang ingin dikenakannya. Lalu ia mengikat tali sepatunya, menyisir rambutnya, dan memasang sebuah cincin di jarinya. Plot twist! Ternyata yang tadi memilih pakaian, dan memasangkannya di Mark bukan dia sendiri, melainkan orang lain yang sedang menyiapkan mayat Mark untuk dikubur. Mark telah meninggal akibat AIDS. Iklan ini ditayangkan di era 1980an saat AIDS masih baru dan banyak masyarakat tidak tahu akan bahayanya.

Spoiler for Don't Get AIDS:



Fire Prevention "Searching"



Ini yang paling mengerikan. Iklannya sendiri sangat sederhana. Kita "diajak" mengelilingi sebuah rumah yang telah habis terbakar. Sepanjang iklan terdengar gemaan suara anak-anak kecil yang berteriak minta tolong. Lalu iklan diakhiri dengan kalimat KEEP MATCHES AWAY FROM CHILDREN(Jauhkan korek api dari jangkauan anak-anak). Memang durasi iklannya hanya sepanjang 55 detik. Tapi terasa lebih panjang karena setiap detiknya betul-betul mengerikan!

Spoiler for Fire Prevention:


"Faces"


Yang ini iklan anti narkoba. Kita diperlihatkan dengan wajah seorang remaja perempuan cantik yang sedang tersenyum. Terdengar suara anak-anak yang menyanyikan lagu "Happy Birthday". Lambat laun, wajah yang tadi mulus tanpa kerutan mulai berubah. Sekitar matanya berubah menjadi kehitaman. Kulitnya yang segar menjadi pucat pasi. Senyumnya pun tak lagi terlihat. Nyanyian berakhir, dan sebuah kain putih ditarik untuk menutupi wajah gadis itu, menandakan kematiannya. Perubahan wajahnya gadis itu menunjukkan ciri-ciri fisik seorang pemakai narkoba.
Spoiler for Faces:



"Keep It Out, Keep It Shut"


Terlihat seorang pencuri sedang mengobrak-abrik sebuah rumah untuk mencari barang-barang berharga. Terdengar suara narator menjelaskan bahwa keluarga pemilik rumah sudah berhati-hati mengunci pintu depan rumah mereka, pencuri tersebut tetap dapat masuk karena jendela belakang yang sengaja tidak ditutup rapat supaya "udara segar dapat masuk." Yang mengerikan dari iklan ini bukanlah adegan pencurian yang kita lihat, melainkan suara si narator yang sangat mencekam.

Spoiler for Lock Up:



Bagaimana? Mengerikan bukan? Jangan takut, ini saya sertakan iklan yang menggelikan ini sebagai penawarnya! emoticon-Wakaka

Spoiler for Hamlet Cigars "Photo Booth":


Diubah oleh TheNinetiesKid 20-08-2018 09:53
3
15.4K
70
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan