alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Salah Kaprah Menggunakan Lampu Hazard
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7051a89478688f5d8b4567/salah-kaprah-menggunakan-lampu-hazard

Salah Kaprah Menggunakan Lampu Hazard

Salah Kaprah Menggunakan Lampu Hazard

Waktu itu Ane lagi naik taksi online, pas lewat perempatan tanpa lampu lalu lintas supirnya secara sigap menyalakan lampu hazard (lampu darurat). Trus iseng Ane tanya kenapa nyalain hazard.

"Kalau belok kanan ama kiri kan tandainnya pake sein mas, nah kalo lurus kita pake hazard biar orang tau arah kita," kata pak supir.

Salah Kaprah Menggunakan Lampu Hazard

Sambil senyum Ane nanya lagi, "Itu peraturan dari mana mas?"

Mas supir dengan yakin bilang kalau itu peraturan lalu lintas. "Pengemudi yang ngerti pasti ngelakuin itu mas," ujarnya lagi.

Ngawur alias salah besar mas...!!!

Jelas-jelas ada peraturannya yang ditulis dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang menyatakan, ”Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan".

Ada juga tingkah polah pengemudi yang sebenarnya salah saat mengaktifkan lampu hazard berdasarkan data dari Divisi Humas Mabes Polri:
1. Menggunakannya saat hujan. Langkah ini bisa bikin bingung pengemudi di belakang, karena saat lampu hazard dinyalakan, lampu sein tidak berfungsi. Apalagi kalau mau belok, kan makin bingung pengemudi lainnya. Cukup hidupkan lampu utama sebagai tanda.

2. Saat memberi tanda lurus di persimpangan. Ini tidak perlu, karena dengan tanpa menghidupkan lampu sein berarti sudah menandakan akan bergerak lurus.

3. Ketika berada di lorong gelap. Misalnya masuk terowongan, hazard tidak perlu dinyalakan karena tidak ada efeknya. Yang ada hanya membingungkan kendaraan di belakang. Cukup menyalakan lampu senja atau lampu utama, karena lampu merah di belakang mobil sudah menyala yang artinya memberi tanda bahwa ada mobil di depan.

4. Dalam kondisi berkabut. Cukup menyalakan lampu kabut (fog lamp) yang berwarna kuning atau lampu utama.

Semoga Agan-agan termasuk pengemudi yang mengerti peraturan dan gak kayak om supir yang sok tau...emoticon-Wowcantik
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Setuju dahhh...

Prtmax Gann
Mantap gan dukungannya...
Masih banyak sopir yang belegug gan emoticon-Wakaka
Balasan post faizalakbar19
Banyak aja pake banged gan...emoticon-Ngakak
apalagi sekarang motor-motor keluaran terbaru dilengkapi dengan lampu hazard. ngeselin banget klo dijalanan berasa paling keren emoticon-Cendol (S) nyalain lampu hazard. bikin kagok pengemudi yang ada dibelakang karena ga jelas mau belok kemana..emoticon-Cendol (S)
Balasan post byson529
Quote:


aseli gan, cocoknya jalan bareng ama emak2 sein kiri belok kanan gan emoticon-Ngakak
biasanya sich dipake buat anak2x klub konvoi emoticon-Cape deeehh
Balasan post jonesforyou
Quote:


Sabr gan sabar...emoticon-Big Grin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di