alexa-tracking

Curhat tentang "memajukan kebudayaan"

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7023c7d89b09f6188b4569/curhat-tentang-quotmemajukan-kebudayaanquot
Curhat tentang "memajukan kebudayaan"
Di kala orang mencoba, amemajukan budaya indonesia, namun (kemungkinan besar) memicu amarah beberapa pihak...
-berbagai pakaian (khususnya pakaian dalam pria, terlebih lagi pakaian dalam wanita) dengan motif batik

-cerita rakyat yang dibuat versi pornografi (hingga berujung ke adegan panas), baik dalam bentuk novel, komik, maupun media lain yang sejenisnya

-aksara nusantara ditulis secara asal-asalan (tidak sesuai dengan petunjuk masing" jika ada)

-makanan indonesia diakulturasikan dengan makanan luar (sebut saja contohnya udon pecel lele, pecel tempura, pasta dengan bumbu / kuah rendang, dst...)

-bermaksud mempromosikan aksara di kebudayaan populer, namun berujung "dianggap penghinaan" (itupun termasuk mempromosikan unsur kebudayaan di indonesia)


TAMBAHAN:

-pertanyaan: Apakah kebudayaan bersifat dinamis?

-Lihat poster film DreadOut ini
Curhat tentang "memajukan kebudayaan"

Menurut agan-agan, apakah itu termasuk penghinaan? (dalam kasus ini, aksara sunda)

Spoiler for Kata kata bijak:
image-url-apps
Curhat mulu, action dong emoticon-Ngacir
makanya jadi males orang2 bikin budaya asli buat ini itu,.. ribet aturan, tata cara, etika, tradisi bla bla bla..
ada film yg aktornya pake celana batik, tp jenis batiknya salah, trus ribut deh...
Sok2 pada tersinggung, terlecehkan, terzolimi, padahal sehari2 gk pernah peduli juga.

Indo, budaya serba harus diHORMATi.
Surat aja kepada yg terHORMAT, dengan HORMAT, HORMAT kami.
GILA hormat

mending pop culture aja, yg mau diapa2-in juga gk ada urusan penistaan budaya apa2 (taro muka capt.amerika di pantat jg fine.. hahaha)
KASKUS Ads
image-url-apps
Semoga budaya semakin maju.
image-url-apps
saya kurang suka segala hal ttg budaya emoticon-Big Grin
Kalo modifikasi tipis2 aja gak diperbolehkan (bukan dgn maksud melecehkan, tapi untuk mempopulerkan), y budaya itu gak akan pernah jadi populer dan dianggap keren...
Contoh matcha (bubuk teh hijau), kalo mau nurut budaya saklek di jepang, itu matcha gak boleh disajikan sembarangan, harus ada upacara minum tehnya...
Nah sekarang udah jadi budaya populer, minuman green tea jenisnya macam2, pisang goreng aja ditaburin matcha emoticon-Big Grin tapi orang2 jepang juga gak mencak2 tuh dgn fenomena matcha dari minuman budaya sakral "turun pangkat" jadi minuman populer...

Kecuali kalo emang pingin budayanya mati karena gak ada yg melestarikan emoticon-Ngakak (S) (karena gak populer, gak ada yg tau, gak ada yg mau melestarikan)...
Reply to estidi's post
Quote:


awas gan, ntar "kena semprot" emoticon-Big Grin

Spoiler for :


Quote:


masih mending kalau makanan paling tapi kalau yang lain gimana...

misal keris sembarangan dibuat, wayang juga sembarangan dimainkannya

pokoknya yang serba sembarangan begitu lah...
image-url-apps
SIAPA KITA?....
Quote:


Ya kira2 juga sih kalo mau modif, kalo misal keris mah gak usah dimodif juga udah keren itu emoticon-Big Grin
Wayang dimainin sembarangan itu kek gimana contohnya? Toh wayang itu cuma salah satu bentuk seni aja, ada kok contoh wayang populer, misalnya aja si unyil atau cepot...

Modifikasi itu kan gak harus selalu merusak dan menghilangkan yg lama, bisa aja cuma sekedar mengadopsi bentuk, tapi bikin sesuatu yg bener2 baru...
Misalnya batik fractal, ini kan pola batik baru yg bener2 modern tanpa ada tendensi ritual budaya tertentu, jadi mau dibikin celana, pakaian dalam, atau hijab sekalipun gak akan ada yg marah, tapi namanya tetep batik, warisan budaya indonesia...
image-url-apps
di jepang yg kental sama budayanya, banyak kok film pake kimono tapi rada seksi, anime2 pake tema feodal, baju2 model hagama sama bangunan2 dipadukan sama tema futuristik, makanya film sama anime disana bisa maju sekaligus budaya jepang bisa dikenal ke dunia, emoticon-Big Grin
klo disini mah boro2, banyak bani sumbu petasan, sok membela budayanya tapi goblok, dikit2 protes, dikit2 penghinaan, dikit2 pelecehan, emoticon-Ngakak
owh bgtu yah curhatanya emoticon-Jempol
Quote:


yang tidak sesuai dengan cerita jika ada...

Quote:


oh ya?

alasan popularitas ya?

Spoiler for jangan dibuka:
Budaya bersifat dinamis, tp budaya tradisional (klo pengen asli) itu statis. Tari daerah yg asli mau sampe kapan juga gk berubah.
Dan budaya tradisional timur spt Indo/jepang dsb itu kental dengan penghormatan, kasta (keraton dan non keraton misalnya), etika, perasaan, yg klo dipadu dgn kurangnya pendidikan, hasilnya ya over sensitif -> ini kenapa Jepang bisa melakukan hal spt dibahas kaskuser diatas, krn tingginya kualitas pendidikan.

Contohnya ya: https://wolipop.detik.com/read/2018/...k-parang-kecil
Kasusnya ringan sih, cuma ini bisa bikin orang takut bwt bikin sesuatu bertema tradisional.
Sepatu batik, casing kompie batik, tembok pola batik, ntar salah pola batik didatengin keraton ..

Belon lagi ratusan jenis baju2 tradisional lainnya, makanya sangat jarang baju tradisional modifikasi yg populer dipake anak2 muda, ntr selfie sambil ngeroko, urusannya berat lagi.. hahaha

Klo mau gk kena aturan macem2, bikin pop culture modern asli Indo aja..
Semacem anime, kpop kan budaya modern, bukan hasil dari ribuan tahun lalu, makanya populer karena sesuai jaman.
https://jabartoday.com/hukum/2017/01...h-habib-rizieq
Klo ini sih gk termasuk modifikasi untuk memajukan kebudayaan, cuma bs diambil sedikit pelajaran tentang sensitifnya budaya Indo

http://makassar.tribunnews.com/2018/...ukuman-adatnya
Ini juga bkn utk memajukan kebudayaan, dan yg ini saya setuju klo mereka dihukum karena sifatnya cenderung invasif (merusak langsung) ke sesuatu yg tidak tergantikan (contoh lain misalnya vandalisme candi) dan melanggar etika yg sangat umum ttg jasad org meninggal.
oke, sundul dulu gan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

EDIT:

Quote:


tapi rasanya tetap aja dong kena biarpun begitu, dipopulerin lewat anime atau semacamnya, malah kena protes dari pihak yang bersangkutan...
salah pola batik diprotes pihak keraton...
ringan? mungkin gak terlalu viral, tapi kalau dilihat komennya ada ratusan...

Dan makanya kalau misalkan "diparodikan" terus, ntar lama-kelamaan gak ada yang tau aslinya bagaimana...

Sama, terima kasih gan buat kasih link contoh dari curhatan yang saya ceritakan emoticon-Big Grin
sundul bentar gan...

ada kasus gan ini: https://twitter.com/veronicakoman/st...76142857564162
sundul lagi gan...

up up up
image-url-apps
Quote:


Jadi ngingettin " my culture is not your goddamn prom dress" emoticon-Wkwkwk
Quote:

Wali songo menyebarkan agama islam salah satunya melalui media wayang...
Berani bilang wali songo menistakan budaya?

Lagipula wayang itu bukan contoh yg baik kalo ente mau kasih contoh budaya yg sakral atau saklek...
Karena dalang2 sendiri, baik yg muda maupun yg tua, sekarang gak selalu main wayang hanya membawakan cerita yg tradisional...
Bahkan cerita modern pun dibawakan dgn karakter wayang yg sama, atau cerita tradisional tapi dgn modern twist atau disisipi komedi atau lawakan jaman sekarang, dan itu hal yg umum terjadi di daerah yg masih sering nanggap wayang...

Quote:


Contoh yg ente kasih di spoiler gak ada hubungannya dgn memajukan budaya...
Itu udah jelas penghinaan dan vandalisme...

Quote:


Kalo ini sih bego menurut ane, kalo orang gak boleh pake pakaian suku lain meski masih satu negara, gimana dgn orang yg keturunan suku campuran, boleh pake dua pakaian suku atau gak boleh pake sama sekali? emoticon-Nohope

Masa orang papua pake blangkon dibilang membanggakan, tapi orang jawa pake pakaian adat papua dibilang cultural appropriation emoticon-Hammer
sejauh ini, yang menjawab itu banyak yang merujuk ke jepang (iya, contohnya mereka berani menggambar kimono yang minim)

namun, kalau gambar yang seperti ini gimana? (pakaian adat bali yang minim, digambar sebagai magical girl)

Curhat tentang "memajukan kebudayaan"

sumber: https://www.deviantart.com/kurosakis...girl-419936253

Spoiler for AWAS PANAS GAN:
×