alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tidak Hadiri Debat Capres-Cawapres 2019, Kandidat Terancam Sanksi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6ff94314088dfc6d8b4567/tidak-hadiri-debat-capres-cawapres-2019-kandidat-terancam-sanksi

Tidak Hadiri Debat Capres-Cawapres 2019, Kandidat Terancam Sanksi

Jakarta, IDN Times - Komisi II DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini. Dalam rapat kali ini, Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyampaikan beberapa isu strategis untuk kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.
1. KPU memberikan sanksi kepada pasangan calon yang tidak ikut debat

Tidak Hadiri Debat Capres-Cawapres 2019, Kandidat Terancam SanksiIDN Times/Teatrika Handiko Putri
Salah satu isu strategis yang ia bahas adalah mengenai debat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada masa kampanye. Wahyu mengatakan apabila pasangan capres-cawapres tidak hadir dalam debat, maka akan diberikan sanksi.
“Dalam rancangan, KPU juga memberikan sanksi apabila pasangan capres dan cawapres tidak hadir dalam debat, kecuali apabila yang bersangkutan sedang melaksanakan ibadah atau karena alasan kesehatan,” kata Wahyu di ruang Komisi II, Gedung DPR RI, Senin (2/4).
Wahyu menjelaskan pengecualian tersebut apabila yang bersangkutan melakukan ibadah yang memang membutuhkan perencanaan seperti ibadah haji. Dan untuk kesehatan, juga dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.
2. Debat capres dan cawapres dilakukan lima kali
Tidak Hadiri Debat Capres-Cawapres 2019, Kandidat Terancam SanksiIDN Times/Sukma Shakti
Wahyu menyebutkan debat calon presiden dan wakil presiden akan diselenggarakan KPU pada masa kampanye. Debat diselenggarakan lima kali pada masa kampanye dengan rincian, dua kali untuk capres, dua kali untuk cawapres, dan satu kali untuk capres-cawapres.

Baca juga: Bentuk Poros Ketiga, PAN Dorong Zulkifli Hasan Maju Pilpres 2019
3. KPU beri sanksi cabut fasilitas kampanye
Tidak Hadiri Debat Capres-Cawapres 2019, Kandidat Terancam SanksiIDN Times/Sukma Shakti
Wahyu menjelaskan sanksi atas ketidakhadiran pasangan calon presiden di luar syarat tersebut, berupa pengurangan fasilitas kampanye untuk pasangan calon tersebut.
“Diumumkan kepada publik bahwa yang bersangkutan tidak hadir dalam debat tersebut, dan sisa iklan yang difasilitasi KPU dihentikan,” kata dia.
Lanjutkan membaca artikel di bawah
Editors’ picks

Penjatuhan sanksi ini baru pertama kali diterapkan KPU. Sebelumnya KPU belum pernah menerapkan sanksi bagi pasangan calon presiden yang tidak mengikuti debat.
“Filosofinya kan begini, kami kan tidak hanya melayani kandidat, tapi kan kami melayani pemilih. Kalau kandidat itu tidak datang debat, kan pemilih rugi karena pemilih itu berhak mendapatkan informasi,” kata dia.

Setidaknya, kata Wahyu, pemilih bisa tahu mengenai rekam jejak yang akan dilakukan sang kandidat. “KPU kan juga melayani pemilih, tidak hanya melayani kandidat,” tutur dia.
4. Calon petahana memiliki tugas sendiri di luar debat
Tidak Hadiri Debat Capres-Cawapres 2019, Kandidat Terancam SanksiIDN Times/Sukma Shakti
Dalam rancangan PKPU mengenai debat pasangan calon tersebut, tampaknya Anggota Komisi II DPR Fraksi PPP Amirul Tamin tidak setuju dengan peraturan tersebut. Sebab dalam Pilpres 2019, terdapat satu calon incumbent atau petahana yang masih menjabat sebagai presiden maupun wakil presiden. Dalam hal ini, bisa saja tiba-tiba ada kepentingan negara yang tak bisa dihindarkan. Lalu, apakah hal tersebut masih akan terkena sanksi?
“Ini perlu dipertimbangkan, jangan sampai kondisi seperti ini untuk yang menjabat sebagai presiden dan wakil presiden dengan di luar karena ibadah dan alasan kesehatan, itu perlu dipertimbangkan,” kata Amirul.
Menurut dia, alasan tersebut dapat dipertimbangkan untuk tidak diberikan sanksi, karena menyangkut kepentingan negara. “Ada yang lebih besar daripada menghadiri debat. Ini perlu dipertimbangkan ini. Jangan sampai kita terjebak dengan norma ini, kepentingan negara tidak bisa dilaksanakan,” ujar dia.
5. KPU mempertimbangkan syarat calon petahana
Tidak Hadiri Debat Capres-Cawapres 2019, Kandidat Terancam SanksiIDN Times/Sukma Shakti
Mendapatkan masukan dari Anggota Komisi II DPR RI, rupanya KPU akan kembali mempertimbangkan persyaratan untuk calon petahana. Wahyu mengatakan KPU akan mengakomodir pengecualian calon incumbent yang mendapatkan tugas negara, sehingga calon tersebut tidak bisa menghadiri debat.
“Mungkin akan kami tambah lagi. Menurut saya itu masukan yang konstruktif, akan kami akomodir dalam PKPU,” tutur Wahyu.


https://www.idntimes.com/news/indone...-sanksi-1/full



aduh g bisa dibayngin deh ............
takut gwa bawa2 ayat ....
apakah pantas sesama muslim berdebat?
Halaman 1 dari 2
Pasti debatnya nanti seru ya akhi.
kabeh rasah mangkat emoticon-Leh Uga
yg jelas nasbung ama nastak pasti sorak2 gak jelas emoticon-Big Grin
Yang ada bukan debat tapi ceramah agama...emoticon-Najis
Goblok amat komen lu tong emoticon-fuck3
Namanya debat ga liat agama goblok emoticon-Gila
Berdebat itu salah satu cara paling pintar mengadu wawasan masing-masing kandidat, terlepas dari agama.
Quote:


Bhahahahaha
jd keinget debat cagub yg dulu
kan ada kandidat yg sering mabal emoticon-Embarrassment
kyai lawan pengusaha....................................................................................

kalo salah ngomong auto mandi sendiri ya ? emoticon-Big Grin

emoticon-Belo
Balasan post malaydeat
Quote:


lebih taat aturan agama apa aturan KPU nih ulama emoticon-Malu
Beneran dapat kerja lembur, hari minggu tetap kerja kong emoticon-Ngakak
moga staminanya prima yai makruf...

Takutnya ntar salah tingkah atau salah ucapan dan disorakin nastak/nasbung, dan itu buat hati ane nyesek banget
Balasan post tereariyani
Quote:

emoticon-Gila
Namanya pilpres/pilkada lebih taat aturan kpu lah goblokemoticon-fuck3
Dan loe pikir ini debat tentang agama???emoticon-Amazed
Quote:


ts trolling, bahasannya debat kpu, malah tanya agama. emoticon-Cape d...
sudah bisa membayangkan isi debat yg tidak berbobot dari fihak yg memakai isu agama tuk cawapres!!! emoticon-Marah
Balasan post malaydeat
Quote:


lebih baik imannya ditaruh di rumah dulu gan

Balasan post thergunchang
Quote:


bakal disorakin nasbung ga tuh...aduh gwa g tega
kira2 lu mau nonton debatnya g bray
Tidak Hadiri Debat Capres-Cawapres 2019, Kandidat Terancam Sanksi
debat ekonomi bakal seru nih nek agama udah gak usah lah😏
Yg pengen ane liat ntar wkt debat 2 on 2 bisakah MA ngasih bisikan jawaban buat jkw kek yg opa jk lakukan dulu emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di