alexa-tracking

Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6fe0f31a997525228b4568/jokowi-pilih-maruf-amin-pengamat-ada-potensi-pendukung-golput
Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput
TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat politik Djayadi Hanan berpendapat potensi pendukung bakal calon presiden Joko Widodo untuk tidak menggunakan hak pilih dalam pilpres 2019 cukup tinggi, pascakeputusan Jokowi memilih Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presidenya.

"Kalau dilihat secara kualitatif dari reaksi dan sentimen publik hari ini seperti di media sosial, maka potensi tersebut cukup tinggi," kata Djayadi saat dihubungi Tempo, Ahad, 13 Agustus 2018.

Baca: Politikus NasDem Ini Yakin Ahoker Tetap Pilih Jokowi - Ma'ruf

CEO Riset Saiful Mujani Research Center (SMRC) itu berpendapat potensi golput tersebut dipicu oleh kekecewaan terhadap keputusan Jokowi. Menurut dia, mulai dari proses Jokowi memutuskan Ma'ruf hingga figur yang dipilih, Jokowi terkesan dikontrol oleh partai.

ADVERTISEMENT

Menurut Djayadi, proses Jokowi dalam memilih Ma'ruf di pengujung waktu sebelum pendaftaran itu janggal dan terkesan Jokowi dikontrol oleh partai koalisi dalam memutuskan cawapresnya. Padahal, kata dia, Jokowi sebelumnya digadang-gadang dan terkesan sudah mengambil keputusan untuk berpasangan dengan mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD.

Baca: Akui Ma'ruf Amin Tidak Milenial, Begini Strategi Kubu Jokowi

Namun kata dia, hanya dalam suatu pertemuan yang sekejap dengan partai pendukung Jokowi memutuskan dengan Ma'ruf Amin. Djayadi menilai perlakuan Jokowi tersebut membuat para pendukungnya kecewa yang terlanjur berharap dengan Mahfud MD. "Ini kan seperti PHP," ujarnya.

Sebelum pengumuman cawapres pada Kamis sore, 9 Agustus 2018, nama Mahfud MD kuat beredar sebagai cawapres Jokowi. Jokowi juga sempat menyebut nama cawapresnya berinisial M. Mahfud juga diketahui sudah mengurus surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana untuk keperluan pencalonan sebagai pejabat negara di Pengadilan Negeri Sleman, Yogyakarta.

Selain itu, menurut Djayadi, faktor kekecewaan pendukung Jokowi karena figur yang dipilih adalah Ma'ruf. Ketua Majelis Ulama Indonesia itu dipandang tidak memiliki kompetensi dan kinerja di pemerintahan yang cukup tinggi dibandingkan sejumlah nama yang masuk dalam bursa cawapres Jokowi.

Baca: Usai Tes Kesehatan, Jokowi akan Rapat Finalisasi Tim Pemenangan

Idealnya, kata Djayadi, wapres bagi Jokowi adalah figur yang mampu berkontribusi dalam transisi pemerintahan Indonesia ke depan. Menurut dia, tantangan Indonesia ke depan cukup besar sehingga posisi wapres sangat strategis dalam membantu presiden.

Djayadi mengatakan selain itu, ada kelompok pluralisme dan toleransi yang mayoritas mendukung Jokowi akan kecewa karena berseberangan dengan Ma'ruf. "Kelompok ini akan kebingungan dan tidak punya pilihan karena akan sulit juga jika menyebrang ke kubu Prabowo," ujarnya.

Menurut Djayadi, hal ini juga akan berdampak kepada antusiasme pendukung Jokowi, baik dalam menggunakan hak pilih atau bergerak untuk mendulang dukungan untuk kandidat Jokowi-Ma'ruf.

Meski potensi tersebut masih bersifat kualitatif, kata Djayadi, hal ini sudah menjadi warning negatif bagi Jokowi. Jokowi pun seharusnya mampu memberikan kejelasan kepada pendukungnya agar tetap menggunakan hak pilih.

https://nasional.tempo.co/read/1116249/jokowi-pilih-maruf-amin-pengamat-ada-potensi-pendukung-golput

mending milih yg jelas2 nasionalis aja, pks juga ga jahat2 banget ama cokin, buktinya si lutfi masi mao kolaborasi ama cokin, jaman om beye bikin uu penghapusan diskriminasi ras dan etnis dan bikin kepres mengganti cina jd tionghoa juga ga ada penolakan dr pks yg waktu itu diparlemen...jgn mao ditipu ama nastak2 anjenkemoticon-Big Grin
image-url-apps
Siap siap nih yang golput di kopar kapirin sama nastak
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Nongkrong di trit nasbung atheis. emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
gw mah...nyoblos dua2 nya aje.biar adil dari pada tuh surat suara kosong disalah gunakan.
Quote:


ane ga senista nastak ky elo yg menggadaikan nurani demi nasi kotak emoticon-Najis (S)
image-url-apps
Quote:
Quote:


Atheis koq gak nista.

emoticon-Leh Uga
Quote:


nista nua dmana blog?
image-url-apps
Emang harus dijauhkan dari ranah politik.. berisik doang
image-url-apps
pundukung jokowi yg berpotensial golput ya jelas yg dominan memilih berdasarkan sara..
image-url-apps
Artinya nanti jkw lawan golput gitu?
image-url-apps
emoticon-Ngakak

Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput
image-url-apps
Quote:

Emg yg kmaren2 gak php? emoticon-Leh Uga
Quote:


Nistanya dimana?
Coba lu tanya teman2 nasbung lu yang ahli surga gih.
image-url-apps
jokowi ga salah apa apa , lagian dia kan bukan ketua partai yang punya wewenang kan partai nya emoticon-Leh Uga nastak disini gimana mau dukung jokowi ga setelah ahok masuk penjara gara gara gnpf mui
Quote:


kalo sara mah ga milih si kodok juga kmrn2 tong
Quote:


sukurlah, temen2 ane ga ada yg delusional seperti nastak idiot ky elo tong
image-url-apps
Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput
Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput
I heard, that you're settled down
That you found a girl and you're, married now

I heard, that your dreams came true
I guess she gave you things
I didn't give to you

Old friend, why are you so shy
Ain't like you to hold back
Or hide from the light

I hate to turn up out of the blue uninvited but I
Couldn't stay away I couldn't fight it
I had hoped you'd see my face
And that you be reminded that for me it isn't over

Never mind I'll find someone like you
I wish nothing but the best
For you too, don't forget me
I beg, I'll remember you said
Sometimes it lasts in love
But sometimes it hurts instead
Sometimes it lasts in love
But sometimes it hurts instead yeah

You know how the time flies
Only yesterday it was the time of our lives
We were born and raised
In a summer haze bound by the surprise
Of our glory days

I hate to turn up out of the blue uninvited but I
Couldn't stay away I couldn't fight it
I hoped you'd see my face
And that you'd be reminded that for me it isn't over

Never mind I'll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don't forget me I beg, I'll remember you said
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead

Nothing compares no worries or cares
Regrets and mistakes their memories made
Who would have known how bittersweet
This would taste

Never mind I'll find someone like you
I wish nothing but the best for you
Don't forget me I beg, I'll remember you said
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead

Never mind I'll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don't forget me I beg, I'll remember you said
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead

Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead

Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput
Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput
Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput
Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput
Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput

Jokowi Pilih Ma'ruf Amin, Pengamat: Ada Potensi Pendukung Golput
Quote:


Koq delusional.
Mereka malu mau negor lu soalnya lu nasbung.

Bagi nasbung, anjing dan babi sekalipun asal nyerang pemerintah hukumnya halal. emoticon-Big Grin

Muslim, kalau dukung pemerintah hukumnya haram bagi kawan2 lu. emoticon-Big Grin
Quote:
lu lupa yah jargon nastak "PDIP No Jokowi YES''

×