alexa-tracking

Pengamat: KH Ma’ruf Amin Bukan Jaminan Elektabilitas Jokowi Bakal Naik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6fd6675a5163ce568b4568/pengamat-kh-maruf-amin-bukan-jaminan-elektabilitas-jokowi-bakal-naik
Pengamat: KH Ma’ruf Amin Bukan Jaminan Elektabilitas Jokowi Bakal Naik
Pengamat: KH Ma’ruf Amin Bukan Jaminan Elektabilitas Jokowi Bakal Naik


NUSANTARANEWS.CO, Jakarta – Pengamat politik Muchtar Effendi Harahap menilai mengatakan pertanyaan apakah sosok KH Ma’ruf Amin akan mampu meningkatkan elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) di mata publik atau justru menurun patut diajukan. Paslanya, usai Jokowi memutuskan KH Ma’ruf Amin mendampinginya untuk menghadapi Pilpres 2019, pertanyaan itu menarik dijawab.
“Pertanyaan ini menarik untuk dijawab agar kita dapat memahami, apakah pilihan Jokowi ini bermanfaat atau berpengaruh signifikan bagi upaya politik mempertahankan kekuasaan negara sebagai Presiden RI,” katanya kepada redaksi, Jakarta, Kamis (9/8).
“Prediksi saya, setelah deklarasi pasangan capres dan cawapres, Jokowi-Ma’ruf, tingkat elektabilitas Jokowi takkan meningkat, bahkan bisa terus merosot,” tambahnya.

Baca Juga:
Maki MK Goblok, OSO Diminta Tahu Posisi Diri
Ini Penyebab Senator Indonesia Gagal Total Perjuangkan Daerahnya

Dia menjelaskan selama ini elektabilitas Jokowi hasil survei beberapa lembaga opini publik baik dukung atau tidak terhadap Jokowi, rata-rata terus merosot. Awal Jokowi berkuasa, kata dia, elektabilitas Jokowi 54 persen. Setahun kemudian 50 persen.
Terus, terjun bebas menjelang 4 tahun berkuasa yakni di bawah 40 persen atau sekitar 35 persen. Tragis, meski 7 parpol peserta Pemilu 2014 (PDIP, Golkar, Hanura, Nasdem, PPP, PKB dan PKPI) resmi mendukung atau berkoalisi terhadap rezim Jokowi dan dapat kekuasaan negara, tetapi tetap saja elektabilitas Jokowi merosot terus.

Baca Juga:
Keluhkan Kebocoran Ekonomi, Jokowi Sudah Diingatkan Prabowo pada 2014 Silam
Disanksi WTO, Jokowi Dinilai Sakiti Petani

“Untuk bertahan saja tidak mampu dilalukan. Hanya Litbang Kompas satu-satunya klaim elektabilitas Jokowi menaik lebih 50 persen,” ungkapnya.
Kembali pada pertanyaan pokok di atas, kata dia, pilihan Ma’ruf sebagai calon wakil presiden mendampingi Jokowi dan didukung 9 parpol beragam aliran politik, takkan mempengaruhi signifikan kenaikan elektabilitas Jokowi ke depan di mata publik. (red/bya)

Baca juga: 
Jokowi Ajak Relawannya untuk Berani Berkelahi, Roy Suryo: Lebih Bijak dan Negarawan Statemen Pak SBY
Mahasiswa Menerima Tantangan Berkelahi Joko Widodo


image-url-apps
jadi gini.. kardus naik

leh uga
Pengamat: KH Ma’ruf Amin Bukan Jaminan Elektabilitas Jokowi Bakal Naik
^ bener banget emoticon-Wakaka
KASKUS Ads
image-url-apps
500 milyar pengaruh banget.

Lagi ngitung beli rumah mana lagi
image-url-apps
Sah2 saja namanya jg pengamatemoticon-Big Grin
image-url-apps
Buat menjaga kemenangan, pilpres 2019 milik kowi. Nasbung past sadarlah maju nya uno yg asli kader gerindra tujuannya jg buat 2024, ketimbang wowo + ahy emoticon-Embarrassment
Quote:


Kardus sakti
Bisa ngalahin partai Allah dan ijtimak ulama
image-url-apps
Isue yg bagus itu isue agama

Skrng berani dia pakai isue agama? Kagak bakal berani..kalo nekat counternya mudah

Suara pdnkng ahok bnyk yg galau..pendkngnya cukup bnyk..skrng lg diusahakan spy golput/nyebrang.....tapi kalo nyebrang agak susah krn ada wowo..biarpun hasyim beragam nasrani..yg gw tahu 90% kristen n khatolik gk mau ama wowo,lebih pro Ahok

Suara pdnkng wowo yg religius justru bisa digeser ama maaruf

Kalo suara NU sih feeling gw di media sosial msh kuat Jokowi

Saiya pun msh galau..kalau nyebrang ogah beud

Nasbung fix kalah kayanya
Quote:



Oooo.... "Pengamat Politik" sekaligus Dewan Pakar Saracen.... Muchtar Effendi Harahap yang ngomong kayak gitu....


Pengamat: KH Ma’ruf Amin Bukan Jaminan Elektabilitas Jokowi Bakal Naik

Pengamat: KH Ma’ruf Amin Bukan Jaminan Elektabilitas Jokowi Bakal Naik


Pengamat: KH Ma’ruf Amin Bukan Jaminan Elektabilitas Jokowi Bakal Naik

image-url-apps
Pengamat: KH Ma’ruf Amin Bukan Jaminan Elektabilitas Jokowi Bakal Naik
image-url-apps
Yang ada malah turun gara gara si onta bangkotan
amin bukan buat naikin elektabilitas
tapi buat jaga biar kaga turun gara2 sara emoticon-Entahlah
image-url-apps
Kowi auto kalah ini mah
susah memang ngakuin ya

kalau jokowi 2 period
image-url-apps
Quote:


setuju enih
image-url-apps
Bisa jadi emoticon-Big Grin
kelemahan jokowi itu di faktor ekonomi kalo masyarakat bawah merasa nggak puas ingin perubahan , masyarakat bakal cenderung pilih prabowo walo di belakang prabowo mengerikan orde baru , hti , fpi dll
×