alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Haruskah Mobil Dipanaskan Tiap Pagi?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6fc4bad9d77087578b4567/haruskah-mobil-dipanaskan-tiap-pagi

Haruskah Mobil Dipanaskan Tiap Pagi?

Haruskah Mobil Dipanaskan Tiap Pagi?

Berawal suatu pagi, tetangga sebelah rumah menghidupkan mobil Toyota Innova diesel sebelum berangkat kerja. Awalnya sih nggak ganggu, tapi kayaknya manasinnya lama bener, hampir 15 menit mesin mobil terus menyala.

Suara dieselnya lama-lama ganggu plus asap hasil pembakaran solarnya mulai semerbak. Sepertinya tetangga Ane gak lulus ikut pelajaran hidup sosial.

Haruskah Mobil Dipanaskan Tiap Pagi?

Sayang banget kehidupan yang mapan, bisa beli Innova diesel seharga Rp 400 jutaan tidak dibarengi attitude serta ilmu pengetahuan yang minim.

Mobil modern produksi di atas tahun 2000 sudah dilengkapi teknologi modern Gan. Mobil tak perlu dipanasin lama-lama, bahkan begitu mesin nyala langsung jalan pun sudah bisa. Injeksi yang kini dipakai sudah amat canggih tak lagi seperti karburator jaman purbakala.

Clearence antar komponen tak lagi rapat dan teknologi pelumas pun sudah mumpuni dengan tingkat kekentalan baik (encer) dengan performa yang tak kalah canggih.

Ciri-ciri nyata kalau teknologi sudah canggih, mobil baru sekarang tidak dilengkapi dengan choke. Agan-agan milenial mungkin beberapa ada yang gak kenal komponen itu. Kalau bingung boleh tanya orang tua Agan hehehehe....

Jadi, manasin mobil sebelum jalan itu mubazir Gan, selain buang-buang bensin, kasian juga tetangga dapet polusi udara. Inget gan mobil itu bukan sayur lodeh yang harus diangetin... peace ah...
Diubah oleh kangmontir78
Urutan Terlama
Haruskah Mobil Dipanaskan Tiap Pagi?

klo ane, ngalamin ini gan. Dia yg punya mobil, ane yg empet dijadiin tempat parkir tanpa ijin. Padahal carport dan depan rumah dia kosoooooong.

Mobil2 yg lewat jadi kesel krn area jalan didepan rumah ane menyempit,dipikir orang,ane yg egois ga masukin mobil ke carport. Berbulan2 pula. Diusir halus eh malah ga tau diri.. Sampai detik ini,dia masih parkir depan rumah org tanpa ijin. Tp ga depan ane lg,krn udah ane musuhin terang2an.
Diubah oleh unyiliwiliwil77
Wah, itu emang paling ngeselin gan... ane pernah lapor ke bagian keamanan komplek buat negor dia gan... sabar ya gan, mungkin ini cobaan...
kalau ane, sampai indikator coolant mati, baru mobil dijalankan,
kebiasaaan ane nyalain langsung gas emoticon-Leh Uga
---------
Diubah oleh dasarjomb


Quote:


@kangmontir78

Jakarta - Agar tetap awet, mobil harus sering dipanaskan. Nah tapi Otolovers tau tidak sih, mengapa kendaraan masih tetap harus dipanaskan meskipun tidak dipakai?

Menurut Shofwatuzzaki selaku Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia hal tersebut dilakukan agar menghindari korosi atau karat pada mesin mobil. "Kalau mobil sudah lama atau jarang digunakan, kemungkinan besar akan mesinnya terkontaminasi oleh air yang menyebabkan bagian tersebut mengalami karat. Jadi, harus dipanaskan," paparnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (28/08/2017).

Untuk jangka waktu ideal untuk mulai memanaskan kendaraan roda empat kesayangan yang jarang digunakan untuk mengaspal, Shofwatuzzaki mengusulkan untuk memanaskannya paling tidak satu minggu sekali. "Yah minimal seminggu sekali dipanaskan meskipun tidak digunakan untuk kemana-mana," ujarnya.

Kalau mobil sudah lama tidak digunakan, mesin akan menjadi dingin sehingga mengakibatkan kondensasi, uap air merambah masuk kesana. Oli nya juga pasti ada di bawah terus sehingga mesin akan mengalami korosi atau karatan," ungkapnya.

Dengan kembali memanaskan mobil, tambah Shofwatuzzaki, bertahap air yang belum menyentuh dengan oli akan menguap. "Oli itu kan apabila dipanaskan akan menguap sehingga risiko terkontaminasi akan uap air bakalan berkurang," katanya.

Nah tapi bagaimana ya nasib mobil yang sudah tidak pernah dipanaskan selama 3 bulan? "Ganti saja oli nya langsung. Kalau kita ganti oli kan dari atas lalu ke bawah, nah ini akan menyegarkan seluruh bagian mesin mobil. Setelah itu baru dipanaskan," tutup Shofwatuzzaki.

Sumber: https://m.detik.com/oto/tips-and-tri...ing-dipanaskan
@dasarjomb kalo yg agan posting itu ane juga setuju, tapi kan gak perlu berlama-lama atau kayak @onufc2226 yg nunggu ampe indikator coolant mati.

Kan yang nyebelin kalo lama atau lebih dari 5 menit gan..


Quote:


Dieselnya toyota emang masih berisik bgt sih gan, coba dieselnya hyundai, beda bgt gan 😂, rumah perumahan yg garasinya sebelahan persis ya gan? 😅
Lah itu gan @dasarjomb


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di