alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
IDI: Tim Dokter Tak Tentukan Lolos dan Tidaknya Capres Cawapres
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6fbd3896bde60a398b456b/idi-tim-dokter-tak-tentukan-lolos-dan-tidaknya-capres-cawapres

IDI: Tim Dokter Tak Tentukan Lolos dan Tidaknya Capres Cawapres

IDI: Tim Dokter Tak Tentukan Lolos dan Tidaknya Capres Cawapres

Jakarta, IDN Times - Pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden dan calon wakil presiden telah dimulai hari ini di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

"Hari ini dijadwalkan pemeriksaan terhadap pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma'ruf Amin berdasarkan pengantar dari KPU RI," ujar Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Oetama Marsis di Media Center RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (12/8). 

Penilaian kesehatan tersebut didasarkan pada Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang selanjutnya diatur dengan Peraturan KPU RI Nomor 22 tahun 2018 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. 


1. KPU berkoordinasi dengan IDI
IDI: Tim Dokter Tak Tentukan Lolos dan Tidaknya Capres Cawapres
Di dalam peraturan KPU RI tersebut disebutkan bahwa KPU RI berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menyusun panduan teknis penilaian kemampuan rohani dan jasmani bakal calon presiden dan wakil presiden yang ditetapkan dengan keputusan KPU.

"Serta memperoleh rekomendasi rumah sakit pemerintah yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan pemeriksaan kesehatan," ujar Marsis.


2. Melibatkan para dokter spesialis berkompeten
IDI: Tim Dokter Tak Tentukan Lolos dan Tidaknya Capres Cawapres
Marsis menjelaskan, tim pemeriksa kesehatan merupakan tim gabungan antara IDI dan RSPAD Gatot Subroto. Tim terdiri dari dokter spesialis, dokter gigi spesialis dan tenaga kesehatan lain. Terdapat banyak persyaratan untuk dapat menjadi Tim pemeriksa, salah satunya adalah memiliki masa kerja 15 tahun atau lebih sebagai dokter spesialis.

"Selain itu, pemeriksa kesehatan juga bukan anggota partai, bukan sebagai dokter pribadi bakal calon atau sebagai anggota dokter kepresidenan, dan mendapat surat tugas dari perhimpunan dokter spesialisnya. Seluruh tim terikat kepada sumpah dan kode etik sehingga wajib menjalankan pemeriksaan dengan profesional dan independen," lanjutnya.


3. Hasil pemeriksaan bersifat final
IDI: Tim Dokter Tak Tentukan Lolos dan Tidaknya Capres Cawapres
Sementara itu, hasil pemeriksaan tim gabungan dari IDI dan RSPAD bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. Wakil Ketua Umum IDI Daeng M Faqih mengatakan, yang disampaikan oleh tim pemeriksa adalah temuan-temuan tentang ketidakmampuan fisik secara medis. 

"Jadi gak menyimpulkan lolos atau gak lolos. Kami diperintah KPU memeriksa hal-hal berkaitan dengan ketidakmampuan secara medis, memberitahukan bahwa yang bersangkutan fisiknya mampu. Kami pastikan jika ada penyakit yang diderita itu gak ganggu masa tugasnya selama 5 tahun," katanya.


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- IDI: Tim Dokter Tak Tentukan Lolos dan Tidaknya Capres Cawapres Jokowi Ma ruf Amin Jalani Tes Kesehatan 9 12 Jam

- IDI: Tim Dokter Tak Tentukan Lolos dan Tidaknya Capres Cawapres Sandiaga Sebut Uang Rp500 M Bukan Mahar Tapi Dana Kampanye

- IDI: Tim Dokter Tak Tentukan Lolos dan Tidaknya Capres Cawapres Demokrat Bantah SBY Jadi Tim Pemenangan Prabowo Sandi

Urutan Terlama
Bukan tim dokter yang menentukan.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di