alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Merayu Pendukung Ahok Agar Tak Golput, Kunci Kemenangan Jokowi
4.78 stars - based on 69 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6fbb1b62088141248b4567/merayu-pendukung-ahok-agar-tak-golput-kunci-kemenangan-jokowi

Merayu Pendukung Ahok Agar Tak Golput, Kunci Kemenangan Jokowi

ente sebagai pendukung ahok :
ente sebagai pendukung ahok :
tetap pilih jokowi
40.73%
golput
19.54%
nyebrang ke prabowo
39.74%

BUZZER NASTAK SUDAH BERAKSI,DALAM 1 JAM POOLING "YG MILIH JOKOWI HANYA 23%,SKRG MELONJAK JD 60%emoticon-Leh Uga


Pendukung Ahok merasa Ma’ruf adalah otak di balik fatwa penistaan agama dan ikut andil membuahkan pijakan untuk memunculkan sikap intoleransi.
tirto.id - Ajakan untuk absen memilih alias golput pada Pilpres 2019 mulai marak diungkapkan netizen di sosial media. Ajakan itu muncul dari sejumlah pihak terutama yang selama ini mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang merasa kecewa dengan sikap Joko Widodo yang memilih Ma’ruf Amin sebagai calon wakilnya pada Pilpres tahun depan.

Para pendukung Ahok merasa Ma’ruf adalah otak di balik fatwa penodaan agama yang akhirnya menyeret Ahok ke penjara dan Ma'ruf Amin dianggap ikut andil dalam pembuahan sejumlah peraturan pemerintah yang menjadi alat intoleransi beragama. Jokowi pun dinilai sudah menyalahi komitmennya soal toleransi dan anti-politik identitas.

Sejumlah politikus pendukung Jokowi kemudian membangun narasi anti-golput sebagai isu tandingan. Ini seperti yang dilakukan politkus PDIP Budiman Sudjatmiko di akun twitter pribadinya.


Budiman berkicau “Hillary kalah oleh Trump dlm pilpres (menurut sistem Electoral College) karena banyak pendukung Sanders yg memutuskan Golput..(Tolong renungkan. Siapa yg diuntungkan jika sebagian pendukung pak @jokowi golput?)”

Sama seperti Budiman, Sekretaris Badan Kaderisasi PDIP Eva Kusuma Sundari juga mengatakan hal serupa saat dihubungi Tirto. “Golput itu akan menggagalkan Jokowi untuk memenuhi keinginan mereka dan values yang mereka usung yaitu nonpolitical identity,” kata Eva, Sabtu sore (11/8/2018).

Senada dengan Eva dan Budiman, Ketua Umum PSI Grace Natalie juga mengutarakan pendapat serupa. “Jangan ketika tidak terakomodir, lalu golput, itu jangan. Kami juga punya aspirasi berbeda, tapi kami tetap dukung Jokowi,” kata Grace dalam keterangan tertulisnya.


Pembelaan untuk Ma’ruf
Selain narasi anti-golput, para politikus pendukung Jokowi ini juga memberikan pembelaan terhadap Ma’ruf Amin. Eva Kusuma Sundari mengatakan pemilihan Ma’ruf menurutnya untuk menjembatani dan merangkul semua golongan dan untuk mengadang isu politik identitas.

Selain, Eva menjelaskan, penunjukkan Ma’ruf adalah upaya menciptakan politik yang beradab sehingga masyarakat tidak semakin terpolarisasi. “Insya Allah, kehadiran Pak Ma'ruf akan meredam serangan-serangan berdimensi SARA sehingga Pak Jokowi bisa konsentrasi untuk bekerja memajukan kesejahteraan,” kata Eva.

Pembelaan serupa dikatakan Wakil Sekjen Golkar Maman Abdurrahman. “Menjadi pemimpin [di] negeri ini itu tidak bisa hanya dari satu golongan saja. Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf sangat merepresentasikan itu. Nasionalis-religius,” kata Maman kepada Tirto.

Sementara terkait isu intoleransi yang menerpa Ma’ruf, Wasekjen PKB Jazilul Fawaid berpendapat penyematan isu anti-toleransi untuk Kiai Ma’ruf merupakan bentuk ketidakadilan. Ia beralasan, kemunculan fatwa-fatwa MUI dan peraturan pemerintah yang berbuah intoleransi tak ditentukan dan diputuskan oleh Ma’ruf saja.

Jazilul mencontohkan fatwa penodaan agama kepada Ahok yang menurutnya dihasilkan atas pendapat berbagai kelompok ormas dan ulama di dalam MUI, termasuk perwakilan HTI. Ini karena mekanisme pengambilan fatwa dilakukan melalui musyawarah.

“Kiai berusaha menjembatani dan meredam kemarahan banyak kelompok-kelompok Islam yang menganggap Ahok penista agama. Tekanannya kuat. Enggak ada yang melihat proses itu,” kata Jazilul.


Narasi untuk Menekan Kehilangan Suara
Narasi-narasi yang dibangun pendukung Jokowi dinilai Usep S. Ahyar sebagai hal yang wajar. Direktur Populi Centre ini mengatakan pemilihan Ma’ruf sebagai calon wakil presiden memang cukup riskan bagi suara Jokowi di Pilpres 2019, terutama akibat golputnya para pendukung Ahok.

“Bagaimana pun pendukung Ahok dan Jokowi itu berhimpitan. Pendukung Ahok adalah pendukung Jokowi. Begitu juga sebaliknya,” kata Usep kepada Tirto.

Penilaian ini selaras dengan hasil survei Lembaga Survei dan Politik Indonesia pada 2017 lalu yang menyatakan, 54,3 persen pendukung Ahok-Djarot di Pilgub DKI Jakarta 2017 merupakan pendukung Jokowi di Pilpres 2014.

“Lagi pula, pendukung Ahok itu juga ada di seluruh Indonesia. Tidak hanya di DKI Jakarta,” kata Usep.

Bukti pendukung Ahok tersebar di seluruh Indonesia, kata Usep, adalah dari rangkaian solidaritas yang muncul di berbagai daerah usai Ahok masuk penjara. “Itu bagi saya fenomena. Bukti kalau dia punya pendukung yang solid dan kuat di mana-mana,” kata Usep.

Terkait dengan pertarungan melawan Prabowo Subianto yang juga memiliki pendukung solid, Usep mengatakan, kehilangan suara dari pendukung Ahok akan sangat berpengaruh bagi Jokowi.

Guna menghambat kehilangan suara itu, menurut Usep, salah satu cara yang harus dilakukan adalah Ma’ruf Amin harus menjelaskan ke pendukung Ahok secara langsung terkait proses pemberian fatwa yang menyeret Ahok ke penjara.

“Begitu juga dia harus meyakinkan kalau masih mewakili kaum milenial. Misalnya seperti Mahathir yang bisa mendekati anak muda,” kata Usep.

Merayu Pendukung Ahok Agar Tak Golput, Kunci Kemenangan Jokowi

https://tirto.id/merayu-pendukung-ahok-agar-tak-golput-kunci-kemenangan-jokowi-cRRG
Diubah oleh: bane.
Halaman 1 dari 8
Merayu Pendukung Ahok Agar Tak Golput, Kunci Kemenangan Jokowi
saran buat ahoker yg pengen golput

1. coba kalian renungkan , kalo kalian golput.
apa yang terjadi ?

apa kalian akan bahagia jika kubu prabower menang ?

perlu gw ingatkan....

di kubu prabowo berkumpul kelompok kelompok radikal fundamentalis anti Pancasila.

HTI
simpatisan ISIS
ngumpul disitu semua.




2. sekarang perhatikan kubu jokowi.
ada lebih dari 5 partai nasionalis non radikal , pro Pancasila , di situ.

kalian boleh tidak suka dengan pak kyai maaruf amin.

tapi kubu jokowi adalah satu satunya pilihan kalian jika kalian ingin Pancasila tetap menjadi pemersatu bangsa.

CAMKAN ITU AHOKER

emoticon-Cool
Diubah oleh BMAGLY
lagian pilpres hari jumat. bikin rabu biar ga banyak yang cuti emoticon-Wowcantik
buat pendukung ahoker yg pengen golput ,
gw kasih masukan buat ente ya
harusnya judulnya begini "menjilat pantat ngahoker agar golput, kunci kemenangan prakardus"
ngoahahaha nasbung panik emoticon-Imlek
Merayu Pendukung Ahok Agar Tak Golput, Kunci Kemenangan Jokowi


faktanya semua jadi cebong pada waktunya emoticon-Ngakak

tapi nasbung justru sedang membalikan opini, seakan2 jokowi yg jadi nasbung emoticon-Motret
seakan2 nastak yg kecewa, faktanya nasbung yg paling shock berat


karena idola2 nasbung, pada akhirnya menjadi peminum kobokan emoticon-2 Jempol
Diubah oleh drawin.muas
Klo ekonomi 7% sblm masa jabatan nya selesai

Baru gw pilih DJ-OKO

Klo blm

Lbh baik hak pilih gw buat sebelum no 1

Toh dri pemilu 2004 gw selalu milih sbelum no 1
sudah ditikam gudfren...ditikam pula ama besfren...sekarang mau ditikam lagi ama fans setia!!! kasian sekali nasibmu!!!emoticon-Marah
Hidup itu pilihan, dan harus memilih salah satu dari yang terbaik.

Jangan golput. Kalau kalian golput, dan ternyata indonesia kedepan malah lebih buruk, kalian yang golput jangan protes.

Kecewa itu wajar, piknik gih biar fresh. Habis itu ditimbang2 lagi.
yg pasti jgn sampe indonesia dipimpin oleh sang pecundang. jd apa negeri ini klo dipimpin pecundang
Daripada ngeliat
Menteri Pendidikan : Fadli Zon emoticon-Berduka (S)
Menteri Keuangan : Neno Warisman emoticon-Berduka (S)
Menteri Kelautan : Ratna Sarumpaet emoticon-Berduka (S)
Menko Ekonomi : Tommy emoticon-Berduka (S)
Menteri Sosial : Hinca Pandjaitan emoticon-Berduka (S)
Menteri Agama : Habib Briziq emoticon-Berduka (S)


mending gue milih Jokowi ae emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh mario.b
gampang

tinggal kasih air kobokan kaki memeg juga balik lagi mereka dukung jokowi



Merayu Pendukung Ahok Agar Tak Golput, Kunci Kemenangan Jokowi
Diubah oleh tujuh.tahun
sorru ajalah.
Si Ma'aruf itu 11 12 sama si.Bibib riziq dan PKShit.
Balasan Post hawk
Quote:


oh ya???

cek deh akun gw,liat thread2 bikinan gw

brp byk thread gw bikin dan diposisi mana gw jauh sebelum jokowi deklarasi cawapres
Semua pembelaannya bodoh.


Quote:


Salah Hillary mencurangi Sanders dengan DNC, jadi wajar kalo pendukung Sanders golput.

Sekarang Jokowi mengkhianati kaum sekuler, liberal, dan pendukung Ahok, jadi wajar kalo semuanya pada golput.

Kenapa golput yang disalahin? Yang salah itu capresnya yang membuat orang jadi golput!

Quote:


Mengusung nonpolitical identity dengan cara mendukung capres yang ikutan main identity politics. Jenius banget logikanya PDIP.

Quote:


Ngaku idealis, ngaku toleran, tapi belum-belum udah berkompromi dengan intoleran. PSI partai penipu.

Quote:


Kesejahteraan siapa? Satu-satunya yang diuntungkan di pilpres ini cuma kaum konservatif religius. Gimana nasib sayap kiri?

Quote:


Satu golongan kok, sama-sama konservatif. emoticon-Leh Uga

Quote:


Lempar batu sembunyi tangan!
Diubah oleh levyrtrow
Gw gak akan percaya ahoker pada golput.
Gw harus nyoblos

Pokoknya #2019gantipresiden
Balasan Post cipokan.yuk
Quote:


pecundang itu lebih mementingkan kekuasaan walau harus menjilat ludah dan merangkul kalangan radikal!!!emoticon-Marah
Menolak LGBT termasuk kebijakan yg kontroversi??? emoticon-Bingung

Nastak benar-benar deh kalo bikin berita

Benar2 biadab emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


Semua kena jebakan betmen si rijik

rijik main dua kaki

si rijik dukung wowo, tapi kirim Maaruf Amin ke kubu wiwi

baik wowo atau wiwi yg menang
rijik tetep juara
Diubah oleh tujuh.tahun
setidaknya dgn golput berarti kita memberi pelajaran bagi elit negri ini kalo masih banyak rakyat yg menolak politik sara, identitas dan uang

mari #golput2019
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di