alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Golput Jadi Poros Ketiga: 2019 Diprediksi Golput Akan Membludak
4.38 stars - based on 13 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6fa97e1a997534108b4569/golput-jadi-poros-ketiga-2019-diprediksi-golput-akan-membludak

Golput Jadi Poros Ketiga: 2019 Diprediksi Golput Akan Membludak

Keputusan Joko Widodo memilih KH. Ma'ruf Amin sebagai cawapres menyita perhatian pegiat HAM. Sosok yang aktif mengupayakan kriminalisasi minoritas agama dan seksual ini dipandang sebagai jalan mundur penegakan HAM.

Hingga Juli silam Direktur Lokataru, Haris Azhar masih mengkampanyekan untuk tidak memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden jika tidak menjawab permasalahan rakyat. Usai penetapan dua pasangan calon, terutama pilihan KH. Ma'ruf Amin oleh Presiden Joko Widodo dan Sandiaga Uno sebagai cawapres Prabowo Subianto, apakah pegiat HAM itu mengubah pikirannya?

Haris tidak menganjurkan pemilih jadi golongan putih. Dia sebaliknya mengkampanyekan #CoblosSamping yang mendorong pemilih menihilkan suara sendiri dengan tidak mencoblos kotak berisi gambar paslon yang menjadi syarat berlakunya surat suara. Menurutnya kampanye #CoblosSamping penting untuk menyuarakan penolakan terhadap politik identitas.

"Yang penting adalah menunjukkan kepada mereka suara-suara yang menolak." Ketika ditanya apakah kelompok masyarakat yang menolak dua paslon tersebut akan mampu membangun kekuatan pengimbang, Haris menjawab dirinya "cukup optimis bahwa #CoblosSamping atau golput akan tinggi."

Golput diramal akan naik signifikan

Sikap Haris sedikit banyak mewakili kelompok yang kecewa terhadap pilihan Presiden Joko Widodo. Hal serupa disampaikan pegiat HAM dari Human Rights Watch, Andreas Harsono. "Saya kira (Golput) akan naik lagi karena para pemilih, terutama yang berpendidikan, tidak puas dengan sosok Sandiaga Uno atau Ma'ruf Amin. Saya kira kemungkinan Golput akan membesar."

Andreas mengatakan kepada DW KH. Ma'ruf Amin punya "reputasi panjang dalam pelanggaran Hak Azasi Manusia." Dia termasuk figur yang paling vokal menyuarakan kriminalisasi kaum minoritas agama dan seksual dalam Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKHUP).

"LGBT itu kan memang haram. Jadi memang sudah seharusnya itu masuk ke delik pidana," tutur KH. Ma'ruf saat diwawancara harian konservatif, Rakyat Merdeka, Januari 2018 silam. Ia bahkan menyuarakan terapi reparatif untuk 'menyembuhkan' kaum LGBT. "Mereka ini masih harus dibina lagi, jangan dibiarkan begitu saja. Mereka harus diberikan tun­tunan. Jangan sampai mereka melakukan lagi berulang-ulang kegiatan LGBT-nya itu. "

KH. Ma'ruf juga punya pandangan serupa terkait kelompok Syiah, Ahmadiyah atau terkait kewajiban umat Muslim memilih pemimpin seagama yang memperkuat politik identitas pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 silam. Fatwa-fatwa yang dibidani Ma'ruf, menurut Andreas, turut melahirkan tindak kekerasan terhadap kelompok minoritas.

Tidak heran jika sejumlah pegiat HAM yang sebelumnya cendrung mendukung pemerintahan Joko Widodo kini dibuat meradang. "Rekam jejak Kyai Ma'ruf dalam beberapa isu memang terkadang bersebrangan, seperti misalnya dalam hal minoritas agama atau minoritas seksual," imbuh Ricky Gunawan, Direktur LBH Masyarakat.

https://m.dw.com/id/golput-jadi-poros-ketiga-sosok-cawapres-maruf-amin-di-mata-pegiat-ham/a-45034655?


tadinya pegiat ham, anak muda, seniman dan inovator banyak yg jadi pendukung jokowi (kalo prabowo memang gak pernah dilirik sama sekali)

tapi jokowi sudah menunjukkan wajah aslinya yg ternyata cuma mementingkan kekuasaan dgn memilih monster.
menjijikkan

Mari #golput2019
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
betul... Bnyk BUNGTAK yg kecewa sehingga memutuskan GOLPUT... emoticon-Angkat Beer
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Nooooooooooooooooooooooooooooo

Golput Jadi Poros Ketiga: 2019 Diprediksi Golput Akan Membludak
masih lama... liat dulu ntar program / kebijakan / omongannya gimana
Jokowi-Maruf Amin: Pemimpin untuk SEMUA GOLONGAN emoticon-Recommended Seller

Prabowo-Sandi: Pemimpin untuk tukang bakar sekolah dan ex-bos Kalijodo emoticon-No Hope

Kita semua sama-sama anak bangsa
Sudahi perseteruan yang gak produktif
Mari SEMUA GOLONGAN bahu membahu mendukung pemerintahan untuk memakmurkan bangsa dan negara
Jangan mau diadu domba oleh orang yang gak suka Indonesia bersatu
Say no to Golput
Salam persatuan gan emoticon-shakehand
Balasan post kakekane.cell
Quote:


klo lu siapapun presidennya asal menkominfonya ganti ya emoticon-Big Grin
Konsumen adalah raja, karena konsumennya seneng dibodohi pake ..... maka wajar kalau calon-calon yang ada kelakukannya kaya sekarang ini..

#golput2019

Tp kl dr kemampuan ekonomi kyknya ane condong ke prabowo-sandiaga uno, kl mereka menang saham-saham mana aja yg bakal jadi target ane udah terbaca..
Diubah oleh Reikouki
Balasan post kakekane.cell
Quote:


berarti bungtak bubar yak 2019?
emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh 54m5u4d183
serba salah yah. mo golput pun tetep aj ada capres terpilih

elu lagih.....
bung dan tak memang bodoh, politik itu dinamis kemaren musuh, hari ini jd teman.. kemaren jd teman, hari ini jd musuh
makanya jgn terlalu fanatik
emoticon-Wkwkwk
Quote:


tau aja ente bre.. emoticon-Leh Uga
salam golput
Keputusan Joko Widodo memilih KH. Ma'ruf Amin sebagai cawapres menyita perhatian pegiat HAM. Sosok yang aktif mengupayakan kriminalisasi minoritas agama dan seksual ini dipandang sebagai jalan mundur penegakan HAM.

Mau pilih onta bangkotan kekgini? emoticon-Big Grin
Mikir dulu!
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh marwoto.vip
#2019coblossemua
astajim emoticon-Kagets
blunder memang jokodok
#salam golput
emoticon-Big Grin
jabatan penting diisi oleh orang yang tak berkompeten demi popularitas dan meraup suara semata itu sangat berbahaya!!!emoticon-Marah

lebih baik golput saja!!!emoticon-Marah
Menyimak ya
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di