alexa-tracking

7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6f937c582b2ec92b8b4568/7-kesalahan-ini-justru-akan-membuatmu-jadi-lebih-dewasa
7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa
7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa

Semua manusia di dunia ini pernah melakukan kesalahan, tidak terkecuali orang-orang hebat dan penting di luar sana. Bagi mereka yang bijak, kesalahan adalah batu loncatan untuk melangkah lebih maju. Tapi bagi mereka yang lalai, kesalahan hanya bagian dari sesuatu yang harus disesali dalam hidup.

Jika kamu sekarang sedang berbuat kesalahan, pahami betul-betul bahwa ada hikmah besar yang akan kamu pelajari dari kesalahan tersebut. Mungkin kesalahan tersebut akan membuatmu lebih bersikap hati-hati dan waspada, atau juga seperti 7 kesalahan berikut yang justru membuatmu menjadi pribadi yang lebih dewasa.


1. Memarahi seseorang yang tidak berbuat salah
7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa
Perasaan malu, menyesal, dan kecewa pada diri sendiri mungkin akan kamu rasakan setelah memarahi seseorang yang sebenarnya tidak pernah berbuah salah. Sikap arogan dan amarah yang meledak-ledak dalam dirimu segera berubah menjadi penyesalan besar dalam hidup.

Jangan langsung menyalahkan diri saat terlanjur melakukannya. Karena di balik kesilapanmu, ada sikap bijak dan dewasa yang telah melatihmu untuk lebih berpikir rasional dan tenang dalam menghadapi masalah ke depan. Maka bersyukur dan berjiwa besarlah untuk meminta maaf pada orang tersebut.


2. Sering menunda-nunda pekerjaan
7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa
Pekerjaan yang menumpuk dan menunggu segera dituntaskan malah sengaja kamu biarkan begitu saja dengan dalih akan mengerjakannya nanti. Sikap menyepelekan sesuatu dan membuang-buang waktu akan membuatmu belajar banyak ketika justru kehilangan waktu tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pengalaman mengejar waktu untuk menyelesaikan deadline akan membuatmu rindu dengan masa lalu ketika kamu memilih menunda pekerjaan tersebut. Di saat itulah kamu harus bersikap lebih dewasa dengan cara menghargai waktu dan tidak menyia-nyiakannya walau sedetik pun.


3. Makan makanan sembarangan yang tidak higienis dan bergizi
7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa
Jatuh sakit dan diserang penyakit adalah cara paling ampuh untuk membuat seseorang mau menjaga pola makan yang sehat. Karenanya pilihan mengkonsumsi makanan yang tidak higienis dan bergizi justru akan membuatmu menyesal dan lebih berhati-hati lain waktu. Seiring waktu kamu akan lebih bijak untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.


4. Bersikap egois dan terlalu mencintai diri sendiri
7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa
Diantara manusia yang bebal dan dungu adalah mereka yang bersikap egois dan terlalu mencintai dirinya sendiri. Akibat yang ditimbulkan dari kedua sifat buruk ini adalah kehilangan orang-orang yang kamu sayangi karena terlalu terobsesi dengan diri sendiri. Kamu akan belajar banyak ketika tidak ada seorang pun yang peduli padamu karena sifatmu yang dulu terlalu egois dan mementingkan diri sendiri.


5. Terlalu banyak berbicara ketika orang lain ingin kamu menjadi pendengar yang baik
7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa
Terlalu banyak bicara memang baik ketika orang lain menyuruhmu untuk berbicara dan memasang baik-baik telinga mereka. Tetapi ketika ada yang memintamu untuk mendengar keluh kesahnya dan kamu mengabaikannya? Hanya masalah waktu orang tersebut akan menjauh dan mencoret namamu dari list persahabatannya. Di saat itulah kamu akan sadar dan bersikap lebih dewasa pada saat berbincang dengan orang lain.


6. Mengambil keputusan sepihak yang merugikan banyak orang
7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa
Sebuah keputusan akan dianggap arif dan bijaksana selama keputusan itu memberikan banyak keuntungan bagi orang banyak. Sebaliknya jika kamu pernah berbuat kesalahan dengan mengambil keputusan yang merugikan banyak orang, maka belajarlah untuk lebih bijak dalam pengambilan keputusan. Karena keputusanmu akan menentukan kualitas pribadi yang baik.


7. Ketika kesombongan semakin menjauhkanmu dari hal-hal baik
7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa
Bersikap sombong dan sering meremehkan orang lain adalah sikap yang akan menjauhkanmu dengan hal-hal baik. Siapapun tidak akan senang berteman dengan orang sombong. Satu per satu mereka yang dekat denganmu akan menjauh dan diam-diam membicarakanmu dari belakang.

Berbuat kesalahan dan menyesal setelahnya adalah kewajaran selama menjadi manusia. Tetapi mengambil hikmah di balik kesalahan dengan terus memacu diri lebih baik lagi dan bersikap dewasa setelahnya adalah pilihan yang tepat bagi orang-orang yang beruntung telah melakukan kesalahan.


Sumber : https://www.idntimes.comlife/inspira...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa 5 Kerugian yang Kamu Dapatkan Jika Sering Menyimpan Dendam Sama Orang

- 7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa 5 Pelajaran Hidup Berharga dari Tokoh Sinetron Si Doel Anak Sekolahan

- 7 Kesalahan Ini Justru akan Membuatmu Jadi Lebih Dewasa PUISI Air yang Tak Akan Memadamkan Api

image-url-apps
Belajar dari kesalahan.
image-url-apps
No 1, nyeselnya sampai sekarang karena walaupun udah minta maaf, ane tetep masih ngerasa bersalah.
No 2, ane masih nyesel kebanyakan nunda kerjaan dan lebih milih santai2 padahal kalau ane ga nunda2 kerjaan ane bisa lakuin hal lain lagi yang lebih berguna dibanding bersantai2.
No 3, ane sampai sekarang masih nyesel karena ga bisa jaga makanan, lambung dan usus ane jadi sering bermasalah kalau makanannya ga cocok.
×