alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Penanaman Padi Gogo, Bantu Produktivitas Petani Padi di Humbahas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6f644d9a0951d7598b4567/penanaman-padi-gogo-bantu-produktivitas-petani-padi-di-humbahas

Penanaman Padi Gogo, Bantu Produktivitas Petani Padi di Humbahas

Humbahas, Lensawarga.com – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor melakukan penanaman perdana Padi Gogo di Desa Dolok Margu, Kecamatan Lintong Nihuta Kabupaten Humbahas pada Selasa (07/08/2018) di lahan seluas 3,5 hektare milik Kelompok Tani (Poktan) Mandiri.

Penanaman Padi Gogo, Bantu Produktivitas Petani Padi di Humbahas
Dosmar Banjarnahor Melakukan Penanaman Perdana Padi Gogo

Hal ini merupakan bentuk program pemerintah dengan pengembangan ketahanan pangan melalui Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) yang sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbahas telah lebih dahulu membuat program penanaman jagung.

Program padi gogo ini diharapkan dapat lebih sukses dibanding dengan program jagung yang dirasa masyarakat kurang berhasil. Ini dipengaruhi oleh faktor geografis dan mata pencaharian masyarakat Humbahas yang sudah turun temurun dominan dengan bertani padi.

“Kalau untuk tanaman padi kita sudah tahu bagaimana di Humbahas ini, rata-rata setiap rumah tangga mungkin punya sawah minimal satu petak, itu sudah turun temurun dari dulu. Kemudian letak geografis kita juga lebih pas untuk penanaman padi ini daripada jagung yang kemaren kami rasa hasilnya kurang maksimal terutama pada lahan bukaan baru,” terang salah satu warga desa tersebut.

Perlu diketahui bahwa Padi Gogo ini merupakan salah satu varietas padi unggul hasil pengembangan dari kementerian pertanian bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menciptakan bibit padi unggul yang sangat cocok ditanam pada lahan kering di daerah dataran tinggi.

Dosmar dalam audiensi lapangannya bersama masyarakat menyarankan agar masyarakat memanfaatkan lahan-lahan kosong yang selama ini tidak dikelola untuk dibuka dan ditanami padi gogo ini. Dirinya juga berjanji akan membantu masyarakat melalui penggunaan alsintan guna pembukaan lahan tersebut.

Baca Juga : Heboh, Warga Temukan Mayat Di Pulau Sicanang Belawan

“Kami harapkan agar masyarakat memanfaatkan lahan kosong yang belum dikelola untuk penanaman padi ini, kami dari pemetintah akan membantu untuk penggunaan alsintan dalam hal pembukaan lahan melalui Koptan,” ujar Dosmar.

Terlihat antusias masyarakat dalam acara ini dan berharap program padi gogo ini dapat membantu masyarakat terutama masyarakat petani dalam meningkatkan hasil produksi padi milik mereka.

Sumber
Diubah oleh: lensawarga
Urutan Terlama
padi gogo memang mantab


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di