alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kejati Sumut Tangkap DPO Terpidana Korupsi Kejari Langkat dan Simalungun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6e9ae4de2cf2ef698b4567/kejati-sumut-tangkap-dpo-terpidana-korupsi-kejari-langkat-dan-simalungun

Kejati Sumut Tangkap DPO Terpidana Korupsi Kejari Langkat dan Simalungun

Medan, Lensawarga.com – Tim Intelijen Kejati Sumut Berhasil Menangkap dan Mengamankan DPO Terpidana Korupsi Kejari Langkat dan Kejari Simalungun di daerah Kota Tangerang pada Minggu, (29/07/2018) sekitar Pukul 02.30 WIB (dini hari).

Kejati Sumut Tangkap DPO Terpidana Korupsi Kejari Langkat dan Simalungun
Terpidana Drs. H. Hasnil (Kanan) Saat Berada di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Senin (30/07/2017)

Terpidana atas nama Drs. H. Hasnil, MM (68), merupakan pekerjaan Pimpinan Kantor Akuntan Publik Hasnil M. Yasin & Rekan. DPO berhasil diamankan di rumah yang bersangkutan di Jl. Mangga I No. 163 Kompleks PU, Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

Tim Intelijen Kejati Sumut telah 2 minggu memantau dan mengikuti pergerakan DPO baik dikediaman lama yang bersangkutan (Jl. Komplek Mabad 60 Nomor D-47 Rt. 002/05, ditempat mengajar di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan akhirnya didapatkan di rumah Komplek PU tersebut.

Terpidana Drs. H. Hasnil, AK, MM selaku Jasa Akuntan Publik dalam rangka penghitungan kelebihan Pembayaran Pajak Penghasilan PNS Tahun 2001 dan 2002 pada Sekretariat Kabupaten Langkat Tahun 2003 yang menimbulkan kerugian negara sebesar Rp. 1.193.574.876. Terpidana juga dalam kasus yang sama di Simalungun terbukti bersalah.

Kasi Penkum Kejati Sumut Sumangggar Siagian menerangkan, bahwa Hasnil M. Yasin merupakan DPO yang dihukum 6 tahun penjara. Sedangkan pada tahun 2008 di Pemkab Simalungun, Hasnil dihukum 4 tahun penjara untuk dua kasus itu, dia juga dihukum denda sebesar Rp 200 juta.

“Total kerugian akibat manipulasi penghitungan yang dilakukannya Rp 2.9 miliar. Rinciannya Pemkab Langkat mengalami kerugian 1.2 miliar, sedangkan Pemkab Simalungun Rp 1.7 miliar,” jelas Sumanggar.

Diketahui, kasus penghitungan kelebihan Pembayaran Pajak Penghasilan PNS ini. Selain Hasnil, nama lain juga diseret seperti, mantan Sekda Langkat Surya Djahisa dan juga mantan Sekda Simalungun Abdul Muis Nasution.

Sumanggar juga menuturkan bahwa tersangka sempat bekerja sebagai dosen di Jakarta “Selama buron, terpidana bekerja sebagai dosen di salah satu universitas swasta di Jakarta. Jadi setelah putusan pengadilan dinyatakan berkekuatan tetap (Inkrah), jaksa memanggil terpidana hingga tiga kali, namun tidak diindahkan. Sehingga dia masuk daftar pencarian orang (DPO) jaksa pada awal tahun 2018 lalu” tuturnya.

Setelah DPO berhasil diamankan Tim Intelijen membawa DPO ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan guna persiapan pemberangkatan ke Medan ke Lapas Tanjung Gusta untuk menjalani hukumannya. Asintel (Leo Simanjuntak) bersama Tim Intelijen Kejati Sumut membawa DPO ke Medan dengan menggunakan pesawat Batik Air ID-6886 Pukul 09.20 WIB.

Sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
bakal ditahan berapa lama?
ati langsung bebas setela bayar setoran emoticon-Leh Uga
Kejati Sumut Tangkap DPO Terpidana Korupsi Kejari Langkat dan Simalungun
Oot dikit...ni kaskus knp? Top treat berita2 basi?
Quote:


udh sejak kemarin itu , mendem semua trit kardus , , maruf amin
Balasan post sudahmoveon
Quote:


Heeh...buka bp...jd malas liat top trit emoticon-Big Grin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di