alexa-tracking

Pemerintahan Presiden Jokowi Gerakkan Ekonomi Umat melalui Pesantren

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6e9092d9d770351b8b4567/pemerintahan-presiden-jokowi-gerakkan-ekonomi-umat-melalui-pesantren
Pemerintahan Presiden Jokowi Gerakkan Ekonomi Umat melalui Pesantren
Pemerintahan Presiden Jokowi Gerakkan Ekonomi Umat melalui Pesantren

Persoalan kesenjangan ekonomi dan pemerataan pembangunan menjadi masalah pokok yang diperhatikan serius oleh pemerintahan Presiden Jokowi selama ini. 

Berbagai program dan kebijakan pemerintah diarahkan untuk menyelesaikan masalah itu, termasuk soal pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan perekonomian rakyat.

Program Presiden Jokowi dalam rangka memberdayakan masyarakat itu juga banyak menggandeng pesantren sebagai titik tolak untuk menggerakkan perekonomian umat. Hal itu mengingat pesantren merupakan jantung pendidikan masyarakat.

Presiden Jokowi banyak menggelar silaturahmi dengan sejumlah ulama untuk membicarakan upaya memajukan pondok pesantren dan ekonomi umat di akar rumput.

Salah satu hasil pembicaraan itu, pemerintahan Presiden Jokowi akhirnya meluncurkan kebijakan Bank Wakaf Mikro (BWM) sebagai langkah meningkatkan perekonomian umat di pesantren.

BWM ditujukan menjadi pemberi kredit bagi usaha mikro dan kecil masyarakat dengan prinsip syariah dan berbunga sangat rendah. Ini diharapkan bisa menggerakan roda ekonomi rakyat.

Tak hanya itu, pemerintah juga telah membangun 40 bank mikro di pondok pesantren. Meski masih percobaan, namun bila ini sangat positif maka akan diteruskan dan dikembangkan menjadi kebijakan nasional.

Selain membangun BWM dan Bank Mikro, pemerintah juga mendorong adanya Balai Latihan Kerja (BLK) di wilayah pesantren guna meningkatkan SDM para santri.

Sebelumnya, sebagai proyek percontohan pada tahun 2016 lalu, Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan mendirikan BLK di 50 ponpes. 

Kemudian pada tahun ini sebanyak 75 BLK didirikan di Ponpes. Targetnya pada tahun 2019 nanti akan dibangun minimal 1000 BLK di pesantren dengan fasilitas lengkap dari gedung dan peralatannya.

Berbagai program di atas hanya memiliki satu tujuan, yakni pemerintahan Presiden Jokowi ingin mewujudkan kepedulian kepada persoalan perekonomian umat sebagai basis pembangunan nasional.

Kita tentunya sangat setuju dengan upaya pemerintah kali ini. Penguatan ekonomi rakyat adalah jantung dari perekonomian nasional. 

Bila ekonomi rakyat itu kuat, maka secara otomatis perekonomian negara juga akan semakin kuat. Langkah inilah yang sedang ditempuh oleh pemerintahan Presiden Jokowi.
image-url-apps
semoga sukses programnya
image-url-apps
Apa hubungan bank dengan kesejahteraan?



Coba tanya warga desa lulusan sd coy ..











Sejahtera itu jika pekerjaan tersedia buat lulusan sd ...



Gampar itu para pengusaha yg ga nasionalis boss ...
KASKUS Ads
image-url-apps
gerakon ekonomi umat ?
jadi kalo bukan umat gak perlu lah
kasihan kaum minor bakal diinjek2 kayaknya
image-url-apps
Pemerintahan Presiden Jokowi Gerakkan Ekonomi Umat melalui Pesantren
image-url-apps
Quote:


kenapa harus pake embel embel "umat" karena pasti sistem syariah alias tanpa bunga atau sangat rendah sekali...
Apa kaum minor gak bisa ajukan pinjaman di koperasi lain? Bisa kan?
image-url-apps
Eeaaaakkk...ulama jadi2an + ulama petamburan merana
Sebab ga punya pondok pesantren

Hahahahaha

Ulama piyungann...apa kabar
image-url-apps
Quote:


ciee sekarang peduli ma minoritas.. dah jadi aseng bung? atau auto kafiremoticon-Wkwkwk
inget ya yg di indonesia bukan cuma umatlu doang emoticon-Big Grin
btw sumber?
image-url-apps
kok berasa baca berita dari sumber kampret yak ....emoticon-Ngacir
mantap pak jokowi sejahterakan saja umat, yang bukan umat rasanya bisa mensejahterakan dirinya sendiri
kalo umat engga sejahtera berisik banget soalnya hehehehe


image-url-apps
Ekonomi kerakyatan udah gagal
Skg mau pake nama umat
Ekonomi umat?

Sudahlah jok...

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
image-url-apps
Selama ini gerakan ekonomi melalui pesantre kemana?emoticon-Leh Uga

Selama ini [insert here] kemana? emoticon-Leh Uga
emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah
image-url-apps


Quote:


gw peduli minor karna gw juga kaum minor
termasuk kapir kok gw
sante sante
Quote:


Buzzernya pada kecewa sama cawapres, pada kehilangan semangat emoticon-Ngakak
image-url-apps
Bawa2 umat, si wiwi udah kek nasbung aje. Biasanya nastaik kalo denger kata umat langsung pada sewot emoticon-Ngakak
pesantren aja pak?
SMK dan sekolah umum lainnya bagaimana pak?
image-url-apps
Quote:


bodo amat, ane muslim dlu juga di cap cinak auto kafir ma nasbung gara2 dukung jkw emoticon-Ngakak
image-url-apps


Quote:


itu urusan lu mau dicap apa cap bango kek cap abc kek

gw cuma peduli sama nasib gw sebagai minor aja yang bentar lagi bakal diinjek2