alexa-tracking

[Fakta atau Hoax] Benarkah Kali Item Tidak Bau, Bersih dan Jernih di Era Ahok?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6e3f555a51638d758b4567/fakta-atau-hoax-benarkah-kali-item-tidak-bau-bersih-dan-jernih-di-era-ahok
[Fakta atau Hoax] Benarkah Kali Item Tidak Bau, Bersih dan Jernih di Era Ahok?
[Fakta atau Hoax] Benarkah Kali Item Tidak Bau, Bersih dan Jernih di Era Ahok?

Beritajakarta.com/id menurunkan video proyek normalisasi Kali Sentiong pada 5 Agustus 2016. Berita video ini diunduh di Youtube dan saat ini digunakan oleh sejumlah pihak untuk membantah pernyataan Anies Baswedan. “Ini jejak digitalnya ada bahwa Ahok yang membuat Kali Item jadi bersih,” ujar akun @fajar_istan.

Kesaksian Warga

Tempo mewawancara dua warga yang tinggal di sekitar Kali Sentiong dan Kali Item pada 30 Juli 2018. Munari, 53 tahun, menuturkan bahwa kali tersebut tak berbau pada masa kepemimpinan Jokowi dan Ahok.

[Fakta atau Hoax] Benarkah Kali Item Tidak Bau, Bersih dan Jernih di Era Ahok?
Petugas Badan Air Kecamatan Menteng tampak bekerja di Kali Sentiong, Kecamatan Kemayoran, 10 Desember 2016. Meski sudah masuk kecamatan lain, hingga ruas Timah, pengerjaan masih menjadi bagian dari petugas Johar Baru. Mereka diminta membantu di tempat lain, karena petugas di tempat tersebut di skors hingga akhir tahun 2016. TEMPO/Maria Fransisca

"Sempat bersih, ga ada bau itu," kata pria yang akrab dipanggil Pak Kumis itu saat ditemui Tempo di pinggir Kali Sentiong, Jakarta Pusat.

Munari telah tinggal di Jalan Bentengan, Sunter Jaya, Jakarta Utara sejak tahun 1988. Ia pun mengatakan sudah puluhan tahun 'nongkrong' di pinggir Kali Sentiong.

Sebelum Joko Widodo atau Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memimpin Jakarta, menurut Munari, kondisi kali itu sangat mengenaskan.

"Wah dulu mah itu kali isinya sampah semua. Warga sampai sudah bodo amat dengan baunya. Saking sudah terbiasanya," ujar Munari.

Barulah saat keduanya memimpin Jakarta, Munari menjelaskan kalau Kali Sentiong benar-benar dibenahi. Tembok bantaran kali yang sudah rusak diganti dengan yang baru. Begitu juga dengan sampah yang sudah menutupi permukaan kali perlahan dibersihkan.

Munari juga mengatakan kalau hingga sebelum Ahok turun dari jabatannya pada Oktober 2017, lumpur yang mengendap masih rutin dikeruk dengan mesin pengeruk dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

"Setelah Pak Ahok turun itu setau saya ga pernah lagi dikeruk," kata Munari.

Hal senada disampaikan oleh Wiwin, 39 tahun, warga yang telah tinggal tepat di samping Kali Sentiong sejak tahun 1998. Menurutnya, Kali Sentiong mulai kembali mengeluarkan bau tak sedap lantaran jarang dibersihkan sepeninggal Ahok.

Baru menjelang Asian Games 2018, kata dia, terlihat banyak petugas membersihkan Kali Sentiong.

Foto Anak-anak Mandi yang Jadi Viral

Selain video lawas dari media beritajakarta.com, warganet juga mengupload kembali foto-foto milik Rifqi Fathullah. Foto-foto Rifqi diunggah oleh salah satu akun instagram yang memiliki 20 ribu lebih pengikut. Foto itu telah disukai oleh 2.014 orang dan dibubuhi 225 komentar. Foto-foto tersebut menjadi viral di media sosial.

Foto itu sebenarnya sudah diunggah oleh Rifqi Fathullah, seorang desainer dan fotografer, ke Facebook miliknya pada 26 Maret 2017.

[Fakta atau Hoax] Benarkah Kali Item Tidak Bau, Bersih dan Jernih di Era Ahok?
Foto Kali Sentiong era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang diunggah Rifqi Fatullah di Facebook, 26 Maret 2017 lalu. Bagian dari kali itu kini populer sebagai Kali Item karena warna dan baunya. Sumber: Facebook.com

Foto-foto Rifqi yang telah berusia setahun lebih tersebut kemudian menjadi viral. Hingga Minggu, 5 Agustus 2018, foto tersebut telah dibagikan 5.042 kali. Selain mereka yang berkomentar positif, tak sedikit pula yang menuding bahwa foto tersebut hasil manipulasi.

Pada 3 Agustus 2018, Tempo mewawancarai Rifki melalui telepon.
“Saya mengambil sendiri foto itu dengan Handphone Xiaomi Mi 5. Tidak ada objek yang saya tambahkan atau kurangi,” kata Rifki membantah memanipulasi foto tersebut.

[Fakta atau Hoax] Benarkah Kali Item Tidak Bau, Bersih dan Jernih di Era Ahok?
Foto Kali Sentiong di belakang Wisma Atlet yang diambil dari Google Streetview pada Januari 2017.

Simak juga: Benarkah Foto Kali Item Jernih di Era Ahok? Ini Kata Lurah Sunter

Tempo menggunakan Google Street View untuk membandingkan kondisi sungai dalam beberapa tahun.

Dengan Google Street View, Tempo menelusuri Jalan Sunter Jaya, Jakarta Utara yang bersisian dengan Kali Sentiong, di belakang bangunan Wisma Atlet. Tempo kemudian menemukan jembatan bambu kecil seperti dalam foto milik Rifqi. Bisa dipastikan dari titik itulah Rifqi mengambil foto setahun lalu.

Google Street View merekam foto kondisi Kali Sentiong di dekat jembatan kayu itu pada Februari 2013, tahun 2015, Januari 2017 dan Februari 2018.

Pada foto Februari 2013, nampak kondisi foto keruh dan banyak sampah. Pada tahun tersebut, Wisma Atlet belum dibangun dan Jalan Sunter Jaya belum dibeton seperti sekarang sehingga di kanan-kiri sungai masih ditumbuhi beberapa pohon.

Pada Mei 2015, pinggiran Kali Sentiong sudah dipasangi dinding turap atau sheet pile dan Jalan Sunter Jaya telah dibeton. Kondisi sungai pun lebih bersih dibandingkan foto sebelumnya tahun 2013.

Pada tahun 2017, nampak kondisi Kali Sentiong lebih bersih dibandingkan tahun 2013, meski beberapa sampah juga nampak terbawa aliran sungai. Wisma Atlet di sebelah selatan kali nampak dalam proses pembangunan.

Sedangkan pada Februari 2018, Google Street View merekam foto kondisi Kali Sentiong yang kembali keruh dan kotor seperti tahun 2013.

Hasilnya, kondisi Kali Sentiong pada Februari 2018 memang kembali seperti pada 2013 yang keruh atau hitam, dan banyak sampah. Ini yang membuat Pemerintahan Gubernur Anies Baswedan saat ini kalang kabut karena Wisma Atlet Kemayoran akan menjadi pondokan para atlet Asian Games 2018, 18 Agustus - 2 September mendatang.

Dengan demikian bisa disimpulkan, bahwa kondisi Kali Sentiong memang benar nampak lebih bersih pada tahun 2017 dibandingkan kondisinya pada 2018.



https://cekfakta.tempo.co/fakta/47/f...nama-atau-ahok

Clear ya, ASU emang pemalas bacot gede emoticon-Big Grin

Testimoni

Quote:

pilihan warga yang suka tinggal di selokan, bau bin kotor

cebong mana ngerti

emoticon-Blue Guy Bata (L)
image-url-apps
Dulu sering dikeruk.
KASKUS Ads
diatas ditulis, sebelum era ahok warga sudah nggak perduli dengan baunya. jadi sekarangn juga udah nggak ada yang perduli kenape juga gw perduli gw bukan warga sono emoticon-Big Grin
Reply to unwell's post
yg pasti karena sebelumnya bapak gubernur sekarang mengatakan dulu tidak pernah diperhatikan oleh periode2 sebelumnya.
nah gampang nya ini konfirmasi ato hak jawab atas tudingan itu

hal yg sebenarnya simpel tapi entah kenapa banyak yg masih gagal paham

emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek
Quote:


Mulutnya Anies memang gitu, suka ngeklaim kerjaan org yg baik, dan menuduh org lain menutupi ketidakbecusan kerjanya.

Makanya dipecat jadi mentri. emoticon-Big Grin
org klw ngga bs kerja pasti menutupi keburukannya bs dgn kata2 atau tampang.

menutupi kali dgn waring itu bukti bhw org tsb malas kerja dan ngga bs kerja
image-url-apps
berarti fix jaman ahok bersih. Anies fix cuma ngeles bilang kalau ini peninggalan gurbernur sebelumnya emoticon-Ngakak
image-url-apps
[Fakta atau Hoax] Benarkah Kali Item Tidak Bau, Bersih dan Jernih di Era Ahok?
gini nih prestasi wakil gubernur yg mau jadi cawapres... bisa2 seIndonesia dibikin jadi bau kalo terpilih...

emoticon-Cape d...
Quote:


Di jaman Ahok kalau bau sih tidak.. tapi airnya juga enggak jernih banget. hanya saja bersih banget. Sampah tiap hari diangkat dari sungai. Itu petugas PPSU dari pagi udah rajin nongkrongin sungai dari ujung ke ujung. Gw tinggal di Sunter dari tahun 2010, itu sampah sebelum Jaman Jokowi kayak lu bisa ngambang di atas air saking banyaknya. Sampahnya gak cuma sampah daun atau plastik. Tapi banyak orang gila yang bahkan membuang sofa bekas dan kasur busa di situ secara utuh. Kadang lu juga bisa nemuin lemari bekas ngambang di situ
Pas jaman Jokowi mulai deh tumpukan sampahnya dikeruk. Truk pengangkutnya bisa sampai sepuluh unit dalam sehari, dan bukan truk kecil, tapi dump truck. Lu bayangin daya angkut dump truck bisa sampai 10 ton. Dan itu sheet pile (Turap) dinding sungai juga dibangun jaman Jokowi Ahok.
Sebelum Jokohok, asal hujan dikit saja daerah situ sudah banjir. Terakhir banjir gw alami itu tahun 2013, setelah itu sejak pembangunan turap selesai, daerah situ mau banjr berapa lama juga kagak banjir lagi. Palingan air menggenang sebentar, trus langsung surut lagi dalam hitungan jam
image-url-apps
Lol foto legend msh dibawa2 emoticon-Leh Uga

Ijo daun mpe gitu emoticon-Leh Uga
image-url-apps
itu foto jernih begtu kayak d maldives emoticon-Ngakak
jadi dzaman ahok kali item lebih sering dikeruk dan bersih
di zaman anies intensitas pengerukan dan pemebrsihan sampah berkurang
udah itu saja, anies tinggal pertegas petugas di lapangan sprti zaman ahok
image-url-apps
Najis amat sama si anies dia yang nggak kerja nyalahin orang yang udah kerja keras
Culas banget anies ngeri orang kaya gini kaya kya iblis memutar balik fakta berdusta memfitnah mirip mirip kaya buzzer buzzernya menghalalkan segala cara emoticon-fuck

Nasib jakarta dapet pemimpin yang bukan seorang pemimpin tapi seorang penyamun yang jadi pemimpin

*Btw apresiasi buat pencari faktanya beritanya bagus lengkap rinci n valid dengan data data valid plus google street view nggak bisa dibantah jejak digitalnya tanpa editan good
Quote:


naaah gue quote ini aja. sepupu gue juga tinggal di sunter, doi ngomong hal yg sama emoticon-Big Grin
image-url-apps
emoticon-Ngakak
Quote:


ente kenapa emoticon-Bingung
image-url-apps
Pilihan umat
Cebong gausah protes
×