alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kementerian PUPR tebar mikroorganisme di Kali Item
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6e362a96bde67e798b4567/kementerian-pupr-tebar-mikroorganisme-di-kali-item

Kementerian PUPR tebar mikroorganisme di Kali Item

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menebar mikroorganisme guna mengurangi aroma tidak sedap Kali Sentiong. Hal ini menjadi salah satu dukungan Kementerian PUPR dalam mensukseskan Asian Games ke-18 yang akan dibuka pada 18 Agustus 2018.

Mikroorganisme yang disebar memiliki tiga bentuk yakni padat, serbuk dan cair yang penebarannya dilakukan di tiga lokasi berbeda di Jembatan Tanah Tinggi Barat pada sejak Rabu (8/8) hingga Kamis (9/8).

Teknologi Bioremediasi sendiri merupakan pengembangan dari bidang bioteknologi lingkungan dengan memanfaatkan proses biologi dalam mengendalikan pencemaran. Salah satu sumber bau tidak sedap Kali Sentiong berasal dari limbah domestik yang mengandung senyawa organik.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah mengatakan, penggunaan mikroorganisme dalam Bioremediasi bertujuan untuk mengurai polutan dalam air yang akan bekerja perlahan mematikan bakteri-bakteri dalam air penyebab bau.

Penebarannya sendiri dilakukan secara bertahap. Penebaran pertama adalah mikroorganisme bentuk padat atau bio block dengan berat 2,5 kg sebanyak 500-600 buah di hulu Kali Sentiong yang jaraknya sekitar 2,4 km dari Wisma Atlet Kemayoran.

Kelebihan mikroorganisme padat kata Bambang, bahwa bakteri lama terurai sehingga masa tinggal bakteri bisa lebih panjang hingga 3 bulan. Namun bakteri memerlukan masa adaptasi untuk bereaksi aktif hingga 8 jam.

“Kerja mikroorganisme dalam bentuk padat, diperkirakan setelah 8 jam baru aktif untuk memakan bakteri-bakteri air,” kata Bambang dalam keterangan resminya, Jumat (10/8).

Penebaran kedua dalam bentuk serbuk sebanyak puluhan karung dilokasi yang berjarak sekitar 1 km - 1,5 km dari Wisma Atlet. Kelebihannya adalah bakteri lebih cepat bereaksi dibandingkan bentuk padat dengan masa tinggal bakteri hingga 1 bulan dan akan bereaksi 4 jam setelah penerapan. Penebaran terakhir dilokasi dekat jaring, sekitar 300 meter dari Wisma Atlet.

“Kita menebarkan dalam bentuk cair sebanyak 10.290 liter. Mikroorganisme ini akan bekerja aktif sekitar 1 jam setelah penerapan yang akan mengurangi bau tidak sedap Kali Sentiong, namun masa tinggal bakteri lebih singkat” jelas Bambang.

Sementara Kepala Puslitbang Sumber Daya Air Eko Winar Irianto mengatakan penggunaan Bioremediasi merupakan salah satu pilihan teknologi ramah lingkungan yang bersih, alami, dan mudah diaplikasikan untuk perbaikan kualitas air.
“Mudah-mudahan nanti bisa menjadi bagian dari operasi dan pemeliharaan badan-badan air, termasuk sungai, embung, waduk dan danau lainnya,” ungkapnya.

https://regional.kontan.co.id/news/k...e-di-kali-item

KLHK Pasang Plasma Nano Bubble untuk Hilangkan Bau Kali Item

Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menghilangkan bau Kali Item dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. KLHK meminjam alat LIPI yang bernama Plasma Nano Bubble untuk dipasang di Kali Item.

Pemasangan Plasma Nano Bubble dilakukan di aliran Kali Item yang berada di depan pintu masuk Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/8/2018).

Baca juga: Ini Nano Bubble LIPI yang Akan Lenyapkan Bau Kali Item

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK MR Karliansyah dan Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI Anto Tri Sugiarto hadir dalam acara tersebut.

"Saat ini baru dipasang enam unit (Plasma Nano Bubble). (Untuk menghilangkan bau Kali Item) dibutuhkan perkiraan 20 unit," kata Karliansyah.

Dalam kesempatan yang sama, Anto Tri Sugiarto menjelaskan Plasma Nano Bubble merupakan alat yang mengubah oksigen dari udara menjadi ozon. Oksigen yang sudah berubah menjadi ozon itu lalu dimasukkan ke air Kali Item dalam bentuk nano bubble.

Baca juga: Cerita Kagama DKI Bantu Semprotkan Mikroba ke Kali Item

"Jadi, dari udara kita ambil oksigen. Oksigen diubah dengan plasma jadi ozon. Ozon kita injeksikan ke dalam air dalam bentuk nano bubble," terang Tri.

KLHK sebelumnya memasang dua unit Plasma Nano Bubble di berbagai titik di Kali Item sekitar 2 minggu lalu. Hari ini KLHK menambah empat unit lagi, sehingga jumlah yang sudah dipasang menjadi enam unit.
(zak/aan)
https://news.detik.com/berita/d-4161167/klhk-pasang-plasma-nano-bubble-untuk-hilangkan-bau-kali-item
Diubah oleh dybala.mask
jadi gini.. semngat pak..

leh uga
Kementerian PUPR tebar mikroorganisme di Kali Item
maksudnya tebar nasbung gitu
setau gw sih mahkluk pengurai alias pemakan sampah ya yg kelas bawah dan jumlahnya memang banyak emoticon-Bingung
mending tebar nasbung di kali item .... jamin berganti baunya menjadi bau SARA , fitnah dan hoax itu kali emoticon-Ngakak
semoga sukses usahanya
klo kali item gag bau yang bahagia kan warga juga
makasih anies
makasih waring
coba tuh setaun dilanjutin bersih2ny
doyok skrg lg cekikikan bayangin kadir ditampolin sendirian di jakarta emoticon-Leh Uga
untung pupr yg nebar klo dr yg laen nastak lsg jd ahli biologi sambil nunjukin bukti sertifikat keahlian cebong dan surat keterangan pengalaman jadi cebong di Kali
Kementerian PUPR tebar mikroorganisme di Kali Item
Quote:


Kadir bingung
Karena merasa dijebak, cuma jadi kacung anggaran.
wah smart juga nih gubernur
Semoga bermanfaat ya.
semoga makin bahagia warganya
Balasan post kirimerah
Quote:


Harusnyasi Badut Gabener yg turun ke kali item


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di