alexa-tracking

Buwas: Gula Petani Tak Laku Gara-gara Impor Berlebihan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6d9437529a45cc798b4577/buwas-gula-petani-tak-laku-gara-gara-impor-berlebihan
Sedih 
Buwas: Gula Petani Tak Laku Gara-gara Impor Berlebihan
Perum Bulog mulai merealisasikan penugasan pemerintah untuk menyerap gula petani lokal dengan harga beli sebesar Rp 9.700 per kg. Untuk tahap pertama, Bulog menyerap 20.000 ton yang terdiri dari gula petani hasil pengolahan PTPN X sebanyak 10 ribu ton dan dari RNI sebanyak 10 ribu ton.
Menurut Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), ada 700 ribu ton gula petani yang menumpuk di gudang. Hal ini merupakan dampak dari terlalu banyaknya gula impor yang beredar di pasaran.
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, mengatakan bahwa kuota impor gula terlalu banyak. Gula lokal tak mampu bersaing dengan gula impor yang punya kemasan dan tampilan lebih menarik.
"Kita ini negara. Petani sebagai produsen pangan, kita harus berpihak pada petani. Sekarang kenapa gula petani tidak laku dijual? Karena kita berhadapan dengan gula impor. Ini yang harus ditata kembali, gula impor ini berlebihan. Sekarang enggak mungkin produksi dalam negeri ini bersaing dengan impor. Gula impor dilihat saja lebih bagus, kemasannya, bentuknya, warnanya, tapi belum tentu sehat. Tapi masyarakat senang dengan tampilannya," ujarnya kepada kumparan, Rabu (8/8).
Baca Juga :


"Sekarang gula petani kita itu kecenderungannya warnanya agak coklat, tebu asli, prosesnya alami sehingga tampilannya kalah. Tapi soal kualitas sebenarnya bagus," ia menambahkan.
Untuk membantu para petani tebu, Bulog pun menyerap ribuan ton gula yang menumpuk di gudang itu. "Supaya kita berpihak pada petani, maka kita serap walaupun mungkin menjualnya susah. Tapi itu lah peran negara, seperti kata Pak Presiden, negara hadir di tengah masyarakat," kata pria yang akrab disapa Buwas ini.
Ilustrasi Gula


Dalam menjalankan penugasan menyerap gula petani lokal, sambungnya, Bulog tak memperhitungkan untung rugi. "Kita tidak perlu lagi berhitung soal untung dan rugi, itu urusan Bulog lah nanti. Yang penting kita serap semua produksi petani, petani tidak dirugikan, petani mendapat jaminan produksinya laku dijual," tegasnya.
Pembelian gula petani hasil produksi pabrik gula BUMN oleh Bulog merupakan tindak lanjut penugasan pemerintah kepada Bulog yang diputuskan dalam Rapat Koordinasi Terbatas Tingkat Menteri Bidang Perekonomian, 17 Juli 2018 silam dengan agenda Pembahasan Kebijakan Gula dan Beras. Penugasan ini bertujuan untuk mengamankan harga gula lokal di tingkat petani dan harga di tingkat konsumen, serta penguatan stok gula nasional.


https://kumparan.com/@kumparanbisnis...96787072268588


Puji Tuhan emoticon-Angel

petani semakin bahagia dan sejahtera makmur, Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kerto Raharjo di pemerintahan pak jokowi emoticon-2 Jempol

suara petani pasti untuk jokowi dan pak kiyai emoticon-Malu


emoticon-I Love Indonesia
Buwas: Gula Petani Tak Laku Gara-gara Impor Berlebihan

Buwas: Gula Petani Tak Laku Gara-gara Impor Berlebihan

Buwas: Gula Petani Tak Laku Gara-gara Impor Berlebihan


emoticon-2 Jempol
image-url-apps
edisi mafia gula emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
image-url-apps
wah udah mulai nehh,
Lanjutken yg damai yah!
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Ane suka pak buwas.. selalu buas..

Hajar pak mafia nya.. jgn lupa pejabat yg ngasi jalan pun hajar pak..
image-url-apps
Mantap pak. Semakin yakin 2 periode.
image-url-apps
mana ada petani proses gula sendiri pak, penggilingan noh yang seenak udel mainin harga waktu panen

masak iya petani nyimpen tebu waktu harga anjlok dan dijual waktu harga mahal emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
Buwas: Gula Petani Tak Laku Gara-gara Impor Berlebihan
Buwas: Gula Petani Tak Laku Gara-gara Impor Berlebihan
image-url-apps
Ganti id lagi emoticon-Ngakak


Lembur lembur emoticon-Ngakak
image-url-apps
Bokap ane petani. Itu yg numpuk 700rb ton yg diserap cuma 20rb ton. Menteri perdagangan nya joko baik emang, kran impor dibuka pas musim panen tebu. Puluhan ton numpuk di gudang. Mau dijual ga laku.
Reply to 4141525's post
image-url-apps
Quote:


Yang punya pabrik tebu cuma pemerintah kek nya bray, belum pernah lihat pabrik tebu punya swasta
image-url-apps
Kena sensor kaskus deh. Bang**t berubah jadi baik
Quote:


Pabrik gula swasta banyak gan. Paling gede tuh di lampung produksi gulaku.

Enaknya pabrik pemerintah petani dapet pinjaman modal sama pasti dapet pupuk.
Quote:


Ooo, soalnya di jatim sini rata-rata pabrik tebu warisan Belanda yang dimiliki ptpn
pasti impor gulanya jaman SBY sama Prabowo,

2019 jokowi presiden, stop impor kok emoticon-thumbsup
image-url-apps
Ya sudah jangan berlebihan.
image-url-apps
Hoax membangun lu njir
Di era jokof ekonomi meningkat 7%
Jdi gak ad esemka gagal produksi
Bahan pokok naik thot