alexa-tracking

Sandiaga Pilih Mundur Ketimbang Minta Izin ke Jokowi?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6d833496bde63d2a8b4568/sandiaga-pilih-mundur-ketimbang-minta-izin-ke-jokowi
Sandiaga Pilih Mundur Ketimbang Minta Izin ke Jokowi?
https://m.detik.com/news/berita/d-41...izin-ke-jokowi


Sandiaga Pilih Mundur Ketimbang Minta Izin ke Jokowi? Sandiaga Uno menenteng seragam dinasnya. Foto: Instagram/@sandiuno
Jakarta - Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik mengungkap Sandiaga Uno akan mengundurkan diri dari posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta besok. Bersamaan dengan itu, Sandiaga disebut-sebut bakal jadi cawapres untuk Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

"Besok pagi kayaknya," ujar Taufik menjawab pertanyaan kapan Sandi mundur dari jabatan Wagub DKI Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Baca juga: Prabowo Deklarasi Capres-Cawapres Malam Ini Pukul 19.00 WIB


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun rupanya sudah tahu soal Sandiaga yang bakal jadi cawapres. Anies sudah berbincang dengan Sandiaga soal ini.

"Sudahlah, sudah pasti," kata Anies saat ditanya apakah sudah berbincang dengan Sandiaga soal cawapres, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Baca juga: Sandiaga Diminta Jadi Cawapres Prabowo Usai Anies Menolak


Anies mengaku mengetahui detail proses penunjukan Sandiaga sebagai cawapres Prabowo. Menurutnya, opsi Sandiaga sebagai cawapres muncul setelah dia menolak tawaran menjadi cawapres Prabowo.

"Saya tahu, tentu tahu dari awal, saya tahu. Sesudah saya menyampaikan tidak, baru Pak Sandi," terang Anies.

Waketum Gerindra Arief Poyuono menyebut Prabowo-Sandiaga akan dideklarasikan nanti malam. Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria kemudian menyatakan, deklarasi dilakukan di kediaman Prabowo antara pukul 19.00 WIB atau 20.00 WIB.

Mengingat posisi Sandiaga yang saat ini masih merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta, seharusnya dia meminta izin ke Presiden Jokowi. Hal itu tertuang di UU Pemilu No 7/2017 yang dipertegas dengan PP No 32/2018, gubernur atau wakil gubernur yang akan ikut Pilpres 2019 harus meminta izin ke presiden yang saat ini dijabat oleh Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau UU-nya kan nggak ada peraturannya, kan nggak mengharuskan beliau mundur. Kalau saya sarankan sih ya ditimbang baik-baik, kan bisa cuti kan. Kalau soal diganti kan ada mekanismenya di UU, tentu partai pengusung kalau nggak salah yang menentukannya," ujar Ketua DPP Gerindra Habiburokhman, Kamis (9/8/2018). Pernyataan Habiburokhman menjawab isu apakah Sandi mundur dari Wagub DKI.

Berikut ini kutipan UU No 7 Tahun 2017 yang mengatur soal kepala daerah yang jadi capres atau cawapres:

Pasal 171

(1) Seseorang yang sedang menjabat sebagai gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota dan wakil walikota yang akan dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu sebagai calon presiden atau calon wakil presiden harus meminta izin kepada presiden.

(2) Presiden memberikan izin atas permintaan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, dan wakil walikota sebagaimana dimaksud pada ayat (l).

(3) Dalam hal presiden dalam waktu paling lama 15 (lima belas) hari setelah menerima surat permintaan izin dari gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, dan wakil walikota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum memberikan izin, izin dianggap sudah diberikan.

(4) Surat permintaan izin gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, dan wakil walikota sebagaimana dimaksud pada ayat (l) disampaikan kepada KPU oleh partai politik atau gabungan partai politik sebagai dokumen persyaratan calon Presiden atau calon Wakil presiden.

Adapun pasal yang mengatur permintaan izin kepala daerah yang dijadikan capres oleh parpol/gabungan parpol dalam PP No 32/2018 sebagai berikut:

Pasal 29

(1) Gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, atau wakil walikota yang akan dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilihan umum sebagai calon Presiden atau calon Wakil Presiden harus meminta izin kepada Presiden.

(2) Presiden memberikan izin atas permintaan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, atau wakil walikota dalam waktu paling lama 15 (lima belas) hari setelah menerima surat permintaan izin sebagaimana dimaksud pada ayat (l).

(3) Dalam hal Presiden belum memberikan izin dalam waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (2), izin dianggap sudah diberikan.

(4) Surat permintaan izin gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, atau wakil walikota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum oleh partai politik atau gabungan partai politik sebagai dokumen persyaratan calon Presiden atau calon Wakil Presiden.













mulut coberan nastak kagak dikardusin juga san?
Sandiaga Pilih Mundur Ketimbang Minta Izin ke Jokowi?
Sandiaga Pilih Mundur Ketimbang Minta Izin ke Jokowi?
Sandiaga Pilih Mundur Ketimbang Minta Izin ke Jokowi?
Sandiaga Pilih Mundur Ketimbang Minta Izin ke Jokowi?
Sandiaga Pilih Mundur Ketimbang Minta Izin ke Jokowi?


kacian ada yang kejet2
emoticon-Wakaka
image-url-apps
doyok udah gak kuat di jakarta, biar kadir yg ditampolin sendirian emoticon-Leh Uga
Sandiaga Pilih Mundur Ketimbang Minta Izin ke Jokowi?
KASKUS Ads
image-url-apps
Ya moga sukses
image-url-apps
ni kalo kalah pilpres
oke oce jakarta auto berantakan
emoticon-Big Grin
image-url-apps
Miss u no.. gk ada singkatan ASu lagi..
Ndak usah banyak Alasan deh.... bilang aja udah Deal "Tukaran" dengan Parte Sapi yg Gak dapat Jatah Wapres.... 500 "Kardus" + Kursi Wagub DKI...



Sandiaga Pilih Mundur Ketimbang Minta Izin ke Jokowi?
image-url-apps
cuti kalee? emoticon-Ngakak

macam yg enoh dolo emoticon-Ngakak

klo mundur brarti ilang kursi? apa kepilih lagi macam papah nopanto waktu ntuh? emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Akan lebih mudah urus jekardah kalau jadi wapres emoticon-Ngakak
Reply to kimlind's post
Quote:


ketinggalan ente

doi mundur.
digadang2 penggantinya klo ga topik ya mardani

golongan bani KARDUS bin KAMPRETOS pasti bersuka cita

emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek
image-url-apps
Gini dong, gentle
Mau nyalon ya mundur
G kek jokibul dulu, nyapres tapi jabatan gub g dilepas emoticon-Leh Uga
image-url-apps
mundur bukan karena masalah harus permisi ke presiden, tapi ini bagian dari kesepakatan dengan cap sapi, pos wagub jadi jatah cap sapi...
image-url-apps
Quote:


klo topig yg gantiin siap2 aja keran apbd langsung dibuka lebar2
it's lobster party timeee!! emoticon-Ultah
image-url-apps
klo udah kaya ngapain san ikutan copras capres, kecuali kalo diberi mandat sama yg punya partai, baru dah!
image-url-apps
Ga papa lah, mundur saja.
Quote:


Udah lahh.. yang lalu biarlah berlalu
Pemimpin ingkar janji ngga usah dipilih lagi,
image-url-apps
mantebnya om uno saja mo gimana.
image-url-apps
mantap jiwa gan
Quote:


selamat dki dapat koruptor si topig lobster emoticon-Wakaka
Quote:


kaya tuhan aja lu emoticon-Ngakak