alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi-Ma'ruf Amin: Ada untuk Perkecil Peluang Politik Identitas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6d6a059a0951244f8b4567/jokowi-maruf-amin-ada-untuk-perkecil-peluang-politik-identitas

Jokowi-Ma'ruf Amin: Ada untuk Perkecil Peluang Politik Identitas

Setelah memilih Ketua MUI Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presidennya, Jokowi disebut-sebut berupaya memperkecil peluang adanya politik identitas. "Dengan memilih seorang tokoh agama, Jokowi ingin meminimalkan masalah ras, etnis, dan agama apa pun," kata Arya Fernandes, seorang analis di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Jakarta. "Jokowi memiliki kekhawatiran atas isu-isu yang berkaitan dengan identitas." Oleh karenanya pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin ini ada.

Oleh: Rieka Rahadiana, Fathiya Dahrul, dan Viriya Singgih (Bloomberg)

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Cawapres Prabowo, Sandiaga Uno Dituduh Setor Rp 500 M ke PAN dan PKS

Presiden Indonesia Joko Widodo memilih Ma'ruf Amin—Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI)—sebagai pasangannya untuk pemilu tahun depan, yang mengatur kembali pertempuran tahun 2014 bersama mantan jenderal Prabowo Subianto.

Spoiler for Presiden Indonesia Joko Widodo (tengah) tiba untuk mengadakan pertemuan dengan para pemimpin partai koalisi di Jakarta, Indonesia, pada tanggal 9 Agustus 2018. (Foto: Antara Foto/Reuters/Galih Pradipta):


Amin dipilih karena pengalamannya yang luas dalam urusan agama dan politik, dan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin itu telah mendaftarkan pencalonan diri mereka pada Jumat (10/8). Pasangan ini akan melawan Prabowo Subianto, yang memimpin partai oposisi utama Indonesia, Gerindra, dan berpasangan dengan Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno.

Ulama berusia 75 tahun yang dipilih Jokowi dan berasal dari organisasi Muslim paling berpengaruh di Indonesia tersebut, akan meningkatkan prospek pemilihan kembali Jokowi dan dapat menggagalkan potensi upaya oleh oposisi untuk mempengaruhi para pemilih dengan alasan agama.

Spoiler for Presiden Joko Widodo. (Foto: Getty Images/Hagen Hopkins):


Jokowi terus memimpin dalam jajak pendapat, dan berpasangan dengan Amin dapat membantunya membangun margin di antara pemilih Muslim yang lebih konservatif di negara itu.

"Dengan memilih seorang tokoh agama, Jokowi ingin meminimalkan masalah ras, etnis, dan agama apa pun," kata Arya Fernandes, seorang analis di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Jakarta. "Jokowi memiliki kekhawatiran atas isu-isu yang berkaitan dengan identitas."

Spoiler for Warga Muslim mendemo Ahok saat demonstrasi pada tahun 2016. (Foto: EPA/Mast Irham):


Pemilu Gubernur Jakarta pada tahun lalu dirusak oleh ketegangan sektarian dan protes massa yang turun ke jalan, di mana Anies Baswedan dan Sandiaga Uno—yang didukung oleh Prabowo—memenangkan pemilu tersebut. Basuki Tjahaja Purnama—yang dikenal sebagai Ahok, sekutu Jokowi—kemudian dipenjara setelah dinyatakan bersalah melakukan penodaan agama.

Baca Sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Memperkecil peluang diserang politik identitas, dengan cara ikut bermain politik identitas. Super sekali, Jokowi emoticon-Ngakak
[Melawan lupa]

Pak JK yg digandeng saat Pilpres 2014 aja hanya mendapat peran secuil selama 4 tahun ini, apalagi pak Ma'ruf Amin ini. Entah lah.
supaya bisa fokus kerja
Balasan post harakiri1
Quote:

IMO, justru itulah tujuan Jokowi bray

keberadaan Ma'ruf Amin justru sebagai penyejuk dari "panasnya" negeri ini

biar Jokowi kerja kerja kerja, nah Ma'ruf Amin inilah "AC"-nya
Ulama cuma di jadiin tameng saja
Ma'ruf Amin ini harus bisa dan wajib bisa menyelesaikan masalah ribut/konflik/kisruh agama. Yang seringnya dipicu oleh kubu nasbung. Dengan menjad wapres maka semakin mudah dan leluasa bagi dia untuk menjalankan tugas di ranah itu. emoticon-Entahlah

Ketakutan gue akan memanasnya suhu politik 2019 akibat isu SARA persis pilgub DKI 2017 mulai berkurang. emoticon-Wow
Tanpa bikin ijtimak ulama, Jokowi milih ulama emoticon-Leh Uga
Spy 212 dan fpi ngga demo trs2an ganggu stabilitas
Bagus gan biar semakin akur.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di