alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kebijakan Pembatasan Impor Terhadap Produk AS Mendapat Dukungan dari Bamsoet
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6d46ea5a5163de408b456a/kebijakan-pembatasan-impor-terhadap-produk-as-mendapat-dukungan-dari-bamsoet

Kebijakan Pembatasan Impor Terhadap Produk AS Mendapat Dukungan dari Bamsoet

Kebijakan Pembatasan Impor Terhadap Produk AS Mendapat Dukungan dari Bamsoet
Bamsoet mendukung kebijakan pembatasan impor(Foto: Istimewa)

Jakarta – Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mendukung sikap Indonesia atas Amerika Serikat (AS), terkait kebijakan pembatasan impor. Pembatasan impor terhadap produk AS dan Selandia Baru itu, meliputi makanan, tumbuhan, serta produk hewani.

Atas sikap Indonesia itu, AS melalui World Trade Organization (WTO) menuntut sanksi agar Indonesia membayar Rp 5 triliun. Alasan AS menjatuhkan sanksi tersebut,  karena Indonesia dinilai tidak melaksanakan putusan terkait sengketa perdagangan. Selain itu, karena Indonesia mengeluarkan kebijakan pembatasan impor.


Atas ancaman sanksi tersebut, Bamsoet melalui Wakil Pimpinan Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (KORINBANG), mendukung sikap Pemerintah Indonesia dalam menghadapi tuntutan WTO.

Hal itu, dilakukan Bamsoet  dengan meminta Pemerintah Indonesia untuk melakukan langkah diplomatis guna penyelesaian kasus tersebut. Kebijakan pembatasan impor itu sebenarnya untuk mendukung kebijakan pengendalian impor, sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan petani dan peternak di dalam negeri.

Selain itu, Bamsoet mengaku, akan mendorong Komisi IV DPR meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mengkaji kembali regulasi Rekomendasi Impor Produk Holtikultura (RIPH). Regulasi dimaksud tertuang dalam Permentan Nomor 60 Tahun 2012, direvisi menjadi Permentan Nomor 47 Tahun 2013. Terakhir direvisi lagi menjadi Permentan Nomor 86 Tahun 2013.

RIPH ini, dianggap sebagai bagian dari restriksi perdagangan yang tidak sesuai dengan kaidah perdagangan global. Karena itulah, Bamsoet juga akan mendorong Komisi VI DPR meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mengkaji  Permendag Nomor 60 Tahun 2012 tentang Ketentuan Impor Produk Hortikultura (KIPH).

Ketentuan KIPH ini, kemudian direvisi dalam Permendag Nomor 16 Tahun 2013. Terakhir direvisi menjadi Permendag Nomor 57 Tahun 2013. Revisi itu, agar regulasi tersebut selaras dengan GATT (General Agreement on Tariffs and Trade) 1994. Dengan Permendag No.57/2013 itu, harapannya dapat dijadikan dasar dalam membela kepentingan Indonesia dalam sidang Badan Penyelesaian Sengketa WTO pada 15 Agustus 2018 mendatang.

Hal itu sebelumnya, dibenarkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan. Namun, menurut Oke, bahwa pemerintah sudah menyampai sanggahan melalui WTO, terkait gugatan AS tersebut.

“Amerika, tentang WTO itu adalah kita sebetulnya sudah menyampaikan melalui WTO,” katanya saat ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Jakarta Timur, Selasa (7/8/2018).

Revisi Permendag dan Permentan Menjadi Dasar Kebijakan Pembatasan Impor

Lanjut Oke, Indonesia pun sudah mengubah Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag), dan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) yang dianggap menjadi duduk perkara, yang telah membatasi impor dari AS.

“Bahwa kita sudah mengubah Permendag dan Permentan yang dijanjikan dalam 8 bulan yaitu 22 Juli,” sebutnya.

Indonesia sebelumnya menerapkan batasan impor untuk berbagai produk semisal apel, anggur, kentang, bunga, jus, bawang, buah kering, sapi dan ayam. Atas ketetapan tersebut pemerintah AS dan Selandia Baru menggugat Indonesia tahun lalu lewat WTO.

Menurut gugatan AS, Indonesia gagal mematuhi peraturan WTO. Karena itu, AS meminta sanksi berupa denda uang untuk mengganti kerugian yang harus ditanggung pengusaha AS.

“Berdasarkan analisa awal dan data yang tersedia untuk sejumlah produk, level kerugiannya diperkirakan mencapai US$ 350 juta untuk tahun 2017.”  Begitu bunyi surat gugatan yang dilayangkan Gedung Putih.

Sumber

Urutan Terlama
Impor vpn dibatasi juga kagak? emoticon-Traveller
ada yang kenal pemain bola yanto basreng?
Emang masih impor apa sih dari state ?

Wong semua brand sono bikinnya juga di menlen

Terakhir beli barang yg beneran made in uncle sam entuh jaket alph@ industries ..
Jgn lupa import suku cadang apache, chinook ama f16 juga emoticon-Traveller

rudal sidewinder ama maverick jg, br bsk klo perang ama china droket pake kembang api aja emoticon-Traveller
Diubah oleh bramhiphip
Quote:


kedelai.
Asyik, didukung juga ya.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di