alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ma'ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Cawapres Paling Mendongkrak Suara?
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6d3532de2cf27b178b4572/maruf-amin-vs-sandiaga-siapa-cawapres-paling-mendongkrak-suara

Ma'ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Cawapres Paling Mendongkrak Suara?

Ma'ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Cawapres Paling Mendongkrak Suara?


Liputan6.com, Jakarta - Penentuan bakal cawapres yang mendampingi Jokowi dan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 berlangsung penuh drama. 
Kejutan muncul di kubu Jokowi. Mahfud MD yang awalnya disebut-sebut akan jadi bakal calon RI-2 justru namanya tak diumumkan dalam deklarasi. Koalisi Indonesia Kerja memilih Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ma'ruf Amin sebagai pendamping Joko Widodo.
 
Publik pun kaget, apalagi Mahfud MD yang sebelumnya mengatakan, adalah panggilan sejarah yang membuatnya terpilih menjadi pendamping Jokowi. 
Namun, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengaku tak sakit hati. "Saya tidak kecewa tetapi memang kaget, tetapi sekarang sudah selesai kagetnya dan saya katakan Pak Jokowi enggak usah merasa bersalah atau apa," kata Mahfud di MMD Institut, Jalan Kramat VI Nomor 18, Jakarta Pusat, Kamis 9 Agustus 2018. 
Sementara itu di kubu Prabowo. Meski Sandiaga Uno sudah santer disebut sebagai bakal cawapres Prabowo sejak Rabu malam, salah satunya lewat cuitan kontroversial Wasekjen Demokrat Andi Arief, namun nama Wagub DKI Jakarta itu tak kunjung dideklarasikan. 

Pembicaraan berlangsung alot. Pada Kamis malam, PAN menyebut, pasangan Prabowo-Sandiaga belum disepakati koalisi dan menyodorkan dua nama, Zulkifli Hasan dan Ustaz Abdul Somad (UAS). PKS bahkan sempat melontarkan isu poros ketiga. 
Jelang tengah malam, kesepakatan akhirnya dicapai. Gerindra, PKS, dan PAN mengusung pasangan Prabowo-Sandiaga, tanpa 'restu' Demokrat. 

Kubu Susilo Bambang Yudhoyono menarik diri dari koalisi, meski sebelum deklarasi, Prabowo sempat mendatangi kediaman SBY di Mega Kuningan untuk memberikan penjelasan.
Lantas, ke mana partai berlambang mercy itu akan melabuhkan dukungannya?  Menurut Andi Arief, sikap Demokrat akan diputuskan pada Jumat pagi, 10 Agustus 2018. 
Beaok pagi 10 Aguatus 2018 sebelum pk 09.00 Majelis Tinggi Partai Demokrat akan bersidang menetapkan kemana Demokrat berkoalisi. Pada pk 09.00 Pimpinan partai Demokrat akan bergabung dengan partai koalisi lainnya mendaptarkan Capres dan Cawapres di KPU.

— andi arief (@AndiArief__) August 9, 2018

Pada akhirnya, hanya ada dua pasangan calon yang akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Wacana poros ketiga nyaris mustahil diwujudkan.
Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin didukung sembilan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja, yakni PDIP, Golkar, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB, PPP, PSI, Perindo dan PKPI.
Dalam pengumuman yang dilakukan di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis petang pukul 18.20 WIB, Jokowi membeberkan alasannya memilih ulama berusia 75 tahun itu. 
Menurutnya, Ma'ruf Amin dipilih karena dinilai sebagai sosok tokoh agama yang bijaksana. Sang ulama juga memiliki pengalaman mumpuni dalam dunia politik sebab pernah menjadi anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, dan Watimpres. Dia juga menjabat sebagai Rais Aam PBNU serta menduduki posisi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Dalam kaitannya dengan kebinekaan, profesor Ma'ruf Amin juga menjabat sebagai Dewan pengarah BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila)," ujar Jokowi.
Jokowi mengatakan, antara dia dan Ma'ruf Amin ini saling melengkapi karena mewakili golongan nasionalis dan religius. 
Sementara, Prabowo juga punya alasan menjatuhkan pilihan pada sosok muda yang berlatar belakang bisnis.
Prabowo mengatakan, Sandi merupakan pilihan yang terbaik dari yang ada. "Beliau juga berkorban dan mengundurkan diri dari jabatan wagub yang susah payah direbut. Demi mengabdi kepada bangsa dan negara," kata dia.
Prabowo juga mengatakan, dia meminta Sandiaga Uno keluar dari keanggotaan Partai Gerindra. "Beliau mundur dari Gerindra untuk bisa diterima sebagai calon independen," kata mantan Danjen Kopassus itu.

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono sebelum deklarasi mengatakan, Prabowo-Sandiaga merupakan pasangan yang serasi. Sebab, Prabowo mewakili Jawa, sedangkan Sandiaga luar Jawa, yakni Riau.

"Sandi pasangan yang paling diinginkan oleh masyarakat Indonesia," ucap Arief. 

Bagi Jokowi dan Prabowo, Pilpres 2019 adalah rematch alias pertarungan ulang. Keduanya pernah bersaing dalam Pilpres 2014 dengan pasangan masing-masing, Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta Rajasa.
Seberapa besar pengaruh Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019?  


sumur

sungguh tidak biutifikasi emoticon-Leh Uga ngoahahah


Ma'ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Cawapres Paling Mendongkrak Suara?

Ma'ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Cawapres Paling Mendongkrak Suara?



Ma'ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Cawapres Paling Mendongkrak Suara?


Halaman 1 dari 3
Sebar kardus seIndonesia biar dongkrak si bango emoticon-Ngakak
Politik kok jualan agama emoticon-Ngakak
jos sandi
yang paling malesin nanti, gue harus liat lagi tangannya sandi oke oce itu terus2an, trus janji dimodalin, dikasih tempat itu lagi
emoticon-Hammer2

Btw ada yang tau nasib PBB gak ya? yusril gak ada suaranya nih...
emoticon-Bingung
Diubah oleh capcayster
Kalo dongkrak modal, pastinya Unoemoticon-2 Jempol
ya ya ya
sandiaga selesaikan dulu urusan hukum ama bu fransiska pengacaranya ayah angkat sandi
Quote:


truz politik harus siapkan kardus duit 500 m emoticon-Lempar Bata
[BMa'ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Cawapres Paling Mendongkrak Suara?
bodo amat yg penting bisa cawapres! emoticon-Traveller [/B]
harusnya sih kaum agamis milih kiyai makruf, sedangkan sandi lebih ke pemimpin muda potensial yg harusnya banyak disukai kaum muda dan berpendidikan. Tapi masalahnya adalah banyak juga yg melihat ada siapa di balik mereka.
Ya, kiyai makruf di belakangnya ada PDIP, yg selama ini sering disebut jauh dari agama, sedangkan dibelakang Sandi ada PKS yg sebagian orang pasti phobia dg negara islam, khilafah dll.
Jadi lucu kan?
berani ndk dkung Jkw ma Ulama Ma'ruf siap2 lu auto kafir munafik dan kerak neraka! sholati juga jenazah lu sndiri besok2 emoticon-Wkwkwk
Ma'ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Cawapres Paling Mendongkrak Suara?
asal doyok rajin ngeluarin jurus bango tong2 pasti bakal banyak yg ngakak
Ma'ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Cawapres Paling Mendongkrak Suara?
kayanya Sandi lah, dengan segudang Prestasinya di Jakarta.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
Balasan Post konco.dewe
Quote:


politik dan agama tidak bisa dipisahkan ya akhi
apa akhi tidak ingat wejangan para ulama tahun 2017 silam emoticon-Ngakak
Jelas Rizieq lah.
jelas MA daripada Uno
si Uno malah menggerus suara
emoticon-Traveller
Ma'ruf Amin Vs Sandiaga, Siapa Cawapres Paling Mendongkrak Suara?

ummat islam dukung ulama bray ....

emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
Quote:

Lucu? Kaga ada lucu2 nye tong!
Pilihan seperti ini jawabannye ud pasti.
Umat wajib pilih ulama, karena melawan ulama akibatnya adalah siksa abadi di KERAK NERAKA!

Quote:


THIS i like!!
Balasan Post curvyasian
Quote:


JKW-MA dongemoticon-Leh Uga
Balasan Post boend
Quote:


umat bersatu tak bisa dikalahkan.,..

ingat hestek #SiapIkutUlama

emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
Quote:


yg duluan main agama siapa yah ? emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di