alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Banyak mengendap, penyaluran dana tunjangan guru disetop
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6d343ade2cf2db158b4574/banyak-mengendap-penyaluran-dana-tunjangan-guru-disetop

Banyak mengendap, penyaluran dana tunjangan guru disetop

Banyak mengendap, penyaluran dana tunjangan guru disetop
Guru dan siswa SD di Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara menerobos banjir, Selasa (10/7/2018). Banyak dana tunjangan guru daerah mengendap di rekening Pemda, sehingga Pemerintah Pusat menghentikan penyalurannya.
Pemerintah Pusat bakal menghentikan penyaluran tunjangan guru di daerah. Penyetopan penyaluran tunjangan ini dikhususkan bagi daerah yang masih punya kas di tahap II tahun anggaran 2018.

Penghentian penyaluran itu tertuang dalam Surat bernomor S176/PK.2/2018 ditujukan kepada Kepala Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah tertanggal 3 Agustus 2018 dan bersifat sangat segera. Surat ini ditandatangani oleh Direktur Dana Perimbangan Kemenkeu Putut Hari Satyaka.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti menegaskan, walau dihentikan para guru di daerah tetap mendapatkan tunjangan.

"Penghentian tersebut direkomendasikan bagi pemda yang memiliki sisa dana tunjangan guru di rekening kas daerah," kata Prima saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (9/8/2018). Sehingga, pemerintah daerah masih mampu membayar karena dana sebelumnya masih mengendap di rekening mereka.

Penyaluran tunjangan yang dihentikan adalah Tunjangan Profesi Guru (TPG), Dana Penghasilan Tambahan Guru (Tamsil) dan Tunjangan Khusus Guru (TKG) tahap II tahun anggaran 2018.

Prima memperinci, pagu anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang dihentikan penyalurannya tahun 2018 sebesar Rp29,9 miliar bagi 10 daerah. Untuk Tunjangan Khusus Guru (TKG) di 39 daerah dihentikan dengan nilai sebesar Rp120,1 miliar. Sedangkan Dana Penghasilan Tambahan Guru (Tamsil), nilai penghentiannya sebesar Rp145,8 miliar untuk 140 daerah.

Prima menjelaskan, penghentian tersebut merupakan suatu bentuk pengendalian penyaluran transfer ke daerah. "Agar tidak terjadi pengendapan dana tunjangan guru yang terlalu besar di rekening kas daerah," kata Prima.

Menurut Prima, penghentian penyaluran berdasar hasil kesepakatan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, dan Pemerintah Daerah.

Menurut Prima, hal ini sudah biasa. Jika ada daerah tertentu yang dananya mengendap, penyalurannya dihentikan. Sehingga, walau penyalurannya dihentikan, tapi pemerintah daerah tetap bisa membayar tunjangan hingga akhir tahun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani membantah jika mekanisme ini disebut penghentian. "Saya tidak mendengar itu dihentikan yang ada adalah penghitungan kembali secara akurat," kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Salah satu penyebab masalah mengendapnya dana ini adalah ketidak siapan pemerintah daerah. Contohnya, dana Tunjangan Sertifikasi Guru (TPG) sebesar Rp5,2 miliar bagi 301 guru honorer di SMA dan SMK Negeri di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) mengendap sejak tahun lalu.

Penyebabnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB yang tidak sigap mengurus SK untuk para guru honorer. Dana itu macet sejak pengelolaan dana berpindah tangan dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke tangan Pemerintah Provinsi.

Pengendapan dana Pemerintah Daerah di bank ini memang jadi masalah karena dananya tak tersalurkan. Secara umum, Per akhir Maret 2018, posisi simpanan pemerintah daerah di perbankan secara nasional mencapai Rp185,8 triliun.

Jumlah itu naik Rp25,3 triliun jika dibanding bulan sebelumnya. "Peningkatan posisi simpanan pemerintah daerah disebabkan realisasi pendapatan daerah pada Maret yang lebih besar daripada realisasi belanja daerah di bulan yang sama," kata Boediarso kepada CNBC Indonesia, Senin (7/5/2018).
Banyak mengendap, penyaluran dana tunjangan guru disetop


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...n-guru-disetop

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Banyak mengendap, penyaluran dana tunjangan guru disetop Putusan meloloskan pencalonan Puteh dianggap langkah mundur

- Banyak mengendap, penyaluran dana tunjangan guru disetop Pengganti Sandiaga sebagai Wagub ada di tangan DPRD

- Banyak mengendap, penyaluran dana tunjangan guru disetop Partai Demokrat terancam absen lagi dalam pilpres



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di