alexa-tracking

Alpukat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6d0f4a14088d475d8b4567/alpukat
Alpukat
Tanaman Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang hampir tersebar diseluruh negara. Tanaman ini tumbuh baik pada daratan tinggi. Secara umum alpukat terbagi menjadi tiga jenis yaitu: jenisWest Indian, jenis  Guatemalan, dan jenis Mexican. Buah Alpukat mempunyai warna yang bermacam, ada yang berwarna hijau dan berwarna hitam. Warna hijau pada alpukat disebabkan oleh kandungan klorofil, sedangkan warna hitam disebakan oleh pigmen antosiasin (pigmen yang memberikan warna pada bunga dan tumbuhan).
Alpukat
Tinggi pohon alpukat dapat mencapai hingga 20 meter sedangkan bentuk pohonnya mirip seperti kubah sehingga dari kejauhan tampak lebih indah dan menarik. Daun alpukat berbentuk lonjong, dan bunga keluar dari ujung cabang. Alpukat memiliki bunga yang berwarna putih bunga dan mekar sebanyak dua kali.
Tanaman alpukat mempunyai nama yang berbeda- beda setiap daerah seperti diJawa barat disebut alpuket, Jawa timur/Jawa tengah disebut alpokat, daerah batak disebut boah pokat atau jamboo pokat sedangkan di Lampung disebutnya advokat, jamboo mentega, jamboo pooan, pokat.
Kandungan Buah alpukat
Kandungan gizi yang terdapat pada alpukat dipengaruhi oleh jenis buahnya, kesuburan tanah, curah hujan, dan banyaknya sinar matahari. Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada alpukat  antara lain:  kalori, protein, lemak, karbohidrat, fosofor, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, zat besi dan air, kalsium.
Manfaat Buah Alpukat
Alpukat banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, karena mengandung 3-30% minyak dan memiliki komposisi yang sama dengan vitamin B dan minyk zaitun. Beberapa manfaat buah alpukat antara lain :
1. Alpukat mengandung lemak tak jenuh, yang mampu meningkatkan kadar lemak sehat yang didalam tubuh dan mengontrol diabetes.
2. Lemak tak jenuh dalam alpukat mampu untuk menurunkan kolesterol. Seseorang yang sedang melakuan diet rendah lemak disertai dengan konsumsi buah alpukat terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat.
3. Alpukat dapat mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
4. Alpukat mengandung pottasium 30%, yang mana  pottasium (mineral pelindung pembuluh darah dari kerusakan oksidatif) berfungsi mengurangi resiko terkena serangan jantung, kanker, dan penyakit jantung.
5. Kandungan folat yang ada pada alpukat sangat bagus untuk wanita hamil karena bisa menurunkan resiko cacat lahir pada bayi.
6. Bermanfaat sebagai antioksidan alami.
7. Tanaman alpukat dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, misalnya untuk pengobatan kencing manis, kulit kering, sakit gigi, bengkak karena peradangan.
8. Selain buahnya, daun alpukat juga mempunyai manfaat mengahambat pertumbuhan beberapa bakteri seperti staphylococcus aurus stain A dan B, Staphylococcus albus, Pseudomonas sp,Proteus sp, Eschericeae sp, dan Bacillus subtilis.

Disadur dari: www.sayasehat.id
image-url-apps
Izin share ya sis
image-url-apps
pertamax aganwati satu ini
KASKUS Ads
image-url-apps
bermanfaat sekali info nya, thanks 👍
image-url-apps
Bermanfaat sis infonya... Thanks
×