alexa-tracking

Pengganti Sandiaga sebagai Wagub ada di tangan DPRD

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6d0a05c0d770b9198b457f/pengganti-sandiaga-sebagai-wagub-ada-di-tangan-dprd
Pengganti Sandiaga sebagai Wagub ada di tangan DPRD
image-url-apps
Pengganti Sandiaga sebagai Wagub ada di tangan DPRD
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjawab pertanyaan wartawan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (9/8/2018). Dengan maju sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019, maka kursi Wagub bakal kosong sementara.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bakal mengundurkan diri dari jabatannya. Pilihan ini menyusul rencananya maju menjadi calon wakil presiden 2019-2024 bersama Prabowo Subianto.

Usai deklarasi semalam, kepada Tirto, Sandiaga mengatakan bahwa opsinya tegas: mundur dan berhenti sebagai wakil gubernur. Ia juga menegaskan ia berhenti sebagai kader Gerindra.

"Suratnya sudah saya siapkan. Saya akan tanda tangan besok pagi dan saya akan antar ke Pak Gubernur [Anies Baswedan]," ujar Sandiaga, Kamis (9/8/2018) malam.

Menurut Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik, dia akan mengantar surat pengunduran diri Sandiaga. "Jam 10 saya yang antarkan ke DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah), Sandi enggak ikut," kata Taufik saat dihubungi, Jumat (10/8/2018) seperti dikutip dari Warta Kota.

Surat pengunduran diri akan diberikan kepada Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi atau Sekretaris Dewan (Sekwan). Taufik mengatakan seharusnya mulai hari ini Sandiaga Uno sudah tidak menjalankan tugas lagi sebagai Wakil Gubernur. "Enggak (menjalankan tugas) dong, kan sudah menyatakan berhenti," ucapnya.

Sandi juga mengunggah keputusan mundur ini di akun Twitternya.
Mas @aniesbaswedan, saya memohon doa dan restu untuk memperjuangkan sesuatu yang lebih besar lagi, yaitu untuk menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. pic.twitter.com/0gLeIP8ZkC
— Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) August 10, 2018
Lalu siapa yang bakal menggantikan posisinya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta?

Menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono, jabatan wagub yang kosong, akan diisi melalui proses pemilihan di DPRD DKI Jakarta. Sumarsono menjelaskan, tak ada Sumarsono mengatakan tidak ada posisi pelaksana tugas (Plt) untuk jabatan wakil gubernur ini.

Merujuk pada Undang-undang nomor pasal 26 ayat 6 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undanh Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah disebutkan,

....kepala daerah mengajukan 2 (dua) orang calon wakil kepala daerah berdasarkan usul partai politik atau gabungan partai politik yang pasangan calonnya terpilih dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk dipilih oleh Rapat Paripurna DPRD.

"Dari dua calon itu, DPRD akan memilih salah satu," kata Sumarsono, ketika dihubungi Kompas.com Jumat (10/8/2018).

Saat maju menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno didukung oleh tiga partai politik: Gerindra, PAN, dan PKS.

Dengan ini, maka koalisi tiga partai ini yang akan mengusung calon pengganti Sandiaga.

Sandiaga sendiri tak menyebut siapa yang akan menjadi penggatinya. Menurutnya, penentu siapa pengganti itu bukan kewenangannya. Tetapi menjadi kewenangan partai pengusung dan Anies sendiri. "Karena Pak Anies tentu bekerja sama dengan sosok yang cocok secara chemistry dengan beliau," tambahnya.

PKS, sebagai salah satu partai pengusung, sudah menyiapkan nama pengganti. “Struktur tentu sudah menyiapkan nama-nama,” kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi kepada Okezone, Jumat (10/8/2018). Tapi tak disebut siapa mereka.

Partai Gerindra tentu juga menyiapkan nama. Bahkan, Muhammad Taufik berharap dia terpilih menjadi pengganti Sandiaga. Ya doain aja (maju jadi wagub)," ujarnya, Kamis (9/8/2018) seperti dikutip dari Viva.co.id.

Tapi Gerindra naga-naganya tak akan mengambil kursi itu. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Pouyono mengatakan tidak mungkin kursi itu diambil oleh partainya. Kemungkinan besar, PKS-lah yang akan mendudukinya.

"Bisa diisi kader PKS. Diisi kader PKS, lha iya mosok Gerindra lagi," kata Arief saat dihubungi VIVA, Kamis (9/8/2018).

Meskipun demikian, secara pasti, Arief tidak mengetahuinya. Apalagi, antara Gerindra dan PKS juga belum membahas persoalan tersebut dengan terbuka.
Pengganti Sandiaga sebagai Wagub ada di tangan DPRD


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...di-tangan-dprd

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pengganti Sandiaga sebagai Wagub ada di tangan DPRD Partai Demokrat terancam absen lagi dalam pilpres

- Pengganti Sandiaga sebagai Wagub ada di tangan DPRD Daging rendang dan tiga versi korban jiwa gempa Lombok

- Pengganti Sandiaga sebagai Wagub ada di tangan DPRD Akses sekolah anak kota lebih baik dari anak desa