alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Image /
Persiapan Asian Games, Polisi Sektor Sungsang Sebar Maklumat Kapolda Sumsel
1126
596
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6cf3ddde2cf2bb048b456c/persiapan-asian-games--polisi-sektor-sungsang-sebar-maklumat-kapolda-sumsel

Persiapan Asian Games, Polisi Sektor Sungsang Sebar Maklumat Kapolda Sumsel

Untuk mensukseskan Asian Games agar Wilayah Kabupaten Banyuasin terbebas dari asap, Bhabinkamtibmas Polsek Sungsang Bripka FY Tambunan, SH terus melaksanakan giat Sosialisasi dan Penyebaran Maklumat Kapolda.

Penyebaran Maklumat Kapolda tersebut yaitu tentang Karhutla kepada warga masyarakat / petani Desa Teluk Payo Kecamatan Banyuasin 2 Kabupaten Banyuasin. Kamis (09/08) jam 14.00 WIB.

Adapun materi sosialisasi dan himbauan kamtibmas maklumat Kapolda tentang Karhutla tersebut dengan Nomor : 013/Mou/Polda/ 2018 yang berisikan Larangan pembakaran lahan atau ilalang/ semak belukar.

Selanjutnya dampak dari pembakaran hutan, lahan/ ilalang, kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan akibat asap, gangguan terhadap kegiatan masyarakat dan citra bangsa di dunia Internasional ” bangsa pembakar hutan “.

Oleh karena itu kata Bhabinkamtibmas Bripka FY Tambunan, saya menghimbau bagi pelaku pembakaran hutan, lahan dan ilalang sesuai dengan Pasal 187 KUHP: Sanksi pidana 12 tahun bagi siapa yg sengaja membakar lahan/semak belukar.

Dan sesuai dengan Pasal 188 KUHP lanjut dia, karena kealpaan yang menyebabkan kebakaran dengan sanksi pidana 5 tahun kurungan penjara. Dan Pasal 108 KUHP : setiap pelaku usaha yang membuka/ mengolah lahan dengan cara membakar sanksi pidana 10 tahun kurungan penjara / denda sebanyak 10 milyar.

“Terkait dengan hal tersebut saya mintah Kepada masyarakat yang masih melakukan pembakaran hutan/lahan berdasarkan UU agar segera menghentikan kegiatan tersebut , karena merupkan perbuatan melanggar hukum dan akan di tindak tegas,” ujar dia.

Sementara Kapolsek Sungsang Iptu Ady Akhyat, SH mengatakan, bahwa melalui Bhabinkamtibmas pihaknya akan terus memberikan pemahaman terhadap masyarakat. Khususnya terhadap dampak efek negatif yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Ia Bahkan meminta masyarakt lainnya untuk bisa meneruskan pesan penting ini, mengingat saat ini indonesia tengah mempersiapkan diri dalam rangka tuan rumah perhelatan Asian Games yang diselenggarakan di Kota Jakarta dan Palembang.

Tentunya lamjut dia, hal ini menjadi perhatian penting bagi pemerintah. Jika penyebaran titik api mulai meluas, tentu dapat menganggu aktivitas event terbesar di Asia tersebut.

“Saya meminta kepada seluruh personil Polsek Sungsang dan mengajak warga Kecamatan Banyuasin 2 untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan event besar tersebut dengan cara ikut bekerjasama dalam mengantisipasi terjadinya karhutla,” katanya.

Lanjut Kapolsek, bahwa efeknya sangat besar, jika sudah terjadi kebakaran dan asap yang ditimbulkan tidak sedikit dan ini akan mencemari udara seperti yang terjadi beberapa tahun belakang yang dampaknya bisa dirasakan negara tetangga.

“Mari kita sebagai warga yang baik, kita sukseskan dengan cara ini dan mari kita bersatu untuk bersama-sama menjaga alam lingkungan kita,”pungkas Kapolsek Iptu Ady Akhyat.(ti)
Persiapan Asian Games, Polisi Sektor Sungsang Sebar Maklumat Kapolda Sumsel
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di