alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Daging rendang dan tiga versi korban jiwa gempa Lombok
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6ce13dde2cf2d33a8b4575/daging-rendang-dan-tiga-versi-korban-jiwa-gempa-lombok

Daging rendang dan tiga versi korban jiwa gempa Lombok

Daging rendang dan tiga versi korban jiwa gempa Lombok
Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat merapikan kotak berisi rendang yang akan dikirim ke Lombok untuk korban gempa di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Padang, Sumatera Barat, Selasa (7/8/2018).
Hingga Rabu (8/8/2018), jumlah warga yang mengungsi akibat gempa Lombok mencapai 156.003 orang. Mereka menetap di beberapa posko pengungsian yang tersebar di wilayah Lombok Utara dan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berbagai bantuan pun masih mengalir hingga artikel ini diterbitkan, Jumat (10/8) sejak gempa utama berkekuatan 7 Skala Richter (SR) terjadi pada Minggu (29/7). Bantuan tersebut antara lain berupa pangan, pakaian, selimut, dan obat-obatan.

Salah satu bantuan hadir dari pemerintah dan masyarakat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Bahkan di antara aneka bantuan itu, ada satu ton daging rendang--makanas khas masyarakat Minangkabau.

Rendang tersebut rencananya akan dikirimkan dalam dua tahap. Kloter pertama seberat 426 kilogram telah dikirim pada Rabu (8/8) pukul 11.00 WIB dan tiba pada hari itu pula. Dan jika sesuai rencana, kloter kedua dikirim kemarin (9/8).

Setelah terkumpul, seluruh rendang akan disalurkan ke posko pengungsian korban gempa bumi yang tersebar di berbagai wilayah.

"Pengumpulan paling lambat dalam dua hari inilah. Semakin cepat terkumpul, semakin cepat pula kami distribusikan," jelas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, seperti dikutip Republika.co.id.

Makanan yang biasa terbuat dari daging sapi atau ayam itu merupakan sumbangan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat. Pengumpulannya dilakukan dengan jumlah bervariasi, mulai dari lima hingga 20 kilogram.

Menurut Kepala Biro Humas Provinsi Sumbar, Jasman, gerakan mengumpulkan rendang untuk Lombok ini dimulai dari gubernur dan wakil gubernur Sumbar sejak Selasa (7/8) pagi. Lalu, dilanjutkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan ditutup pada 16.00 WIB.

Selain rendang, Sumbar pun menyumbang uang tunai sebesar Rp350 juta. Sumbangan berupa uang tersebut juga sudah diberikan langsung Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit ke Posko Media Center Tanggap Darurat Bencana Lombok di Aula Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB pada Rabu (8/8) malam.

"Penyerahan bantuan berupa uang sebesar Rp350 juta dan rendang 460 kilogram ini, merupakan bentuk kepedulian sebagai sesama sebangsa dan setanah air Indonesia terhadap musibah bencana gempa bumi yang sedang dialami masyarakat Lombok saat ini," kata Nasrul Abit pada Kamis (9/8) dalam Viva.co.id.
Jumlah korban jiwa bervariasi
Hingga Kamis (9/8), jumlah korban jiwa terus bertambah. Namun begitu, jumlahnya bervariasi.

BBC yang mengutip pejabat berwenang melaporkan korban jiwa sudah mencapai 259 orang. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, angka yang bervariasi itu harus ditata lebih baik lagi lewat koordinasi.

Adapun data yang paling resmi adalah milik BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Menurut data mereka, korban tewas sejauh ini 168 orang.
Data korban tewas akibat gempa di Lombok berbeda-beda. BNPB dan BPBD 168 orang tewas, TNI 381 orang, Gubernur NTB dan Basarnas 226 orang. Perlu koordinasi bersama. Data korban harus dilampiri identitas (nama, usia, jender, alamat) untuk diverifikasi. Data resmi adalah BNPB-BPBD. pic.twitter.com/pNLGnkhAjv
— Sutopo Purwo Nugroho (@Sutopo_PN) August 8, 2018
Sementara pada Kamis kemarin pula, Lombok kembali diguncang gempa. Menurut siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pada pukul 12.25 WIB itu berkekuatan 6,2 Skala Richter dan kemudian status mutakhir adalah 5,9 SR.

Gempa ini berpusat di darat pada jarak 13 kilometer arah timur laut kota Mataram. Kedalaman mencapai 16 kilometer.

Hingga Kamis pukul 13.05 WIB, BMKG mencatat sudah ada 362 aktivitas gempa susulan. 18 Gempa di antaranya bisa dirasakan masyarakat, termasuk pada siang kemarin yang membuat orang berhamburan menyelamatkan diri.
Daging rendang dan tiga versi korban jiwa gempa Lombok


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-gempa-lombok

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Daging rendang dan tiga versi korban jiwa gempa Lombok Akses sekolah anak kota lebih baik dari anak desa

- Daging rendang dan tiga versi korban jiwa gempa Lombok Menyambut pilpres tanpa kata-kata kasar

- Daging rendang dan tiga versi korban jiwa gempa Lombok Perkembangan e-commerce dorong BI siapkan uang digital



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di