alexa-tracking

Anti virus yang cocok untuk laptop ??

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6c7f681ee5df803c8b4567/anti-virus-yang-cocok-untuk-laptop
Anti virus yang cocok untuk laptop ??
haloo , saya mau nanya kira-kira antivirus yang ampuh dan ringan untuk di pakai di laptop apa ya gan  ??

sebelumnya saya pakai SMADAV , tapi menurut saya kurang dan saya baca juga di thread sebelah
banyak comment yg kurang bagus ,

dan pertanyaan selanjutnya tentang windows defender ( antivirus bawaan ) , banyak saya baca bahwa windows defender membuat peformas disk / laptop jadi berat   ??

saya user windows 10

mohon saran nya emoticon-Bingung

Terimakasih .
Ngak usah pake aja.
Saya ngak pake dan windows defender saya matikan.
Quote:


Semua antivirus yang ada fitur realtime scanning setidaknya akan menurunkan disk throughput. Kalau soal cpu cycle (cpu usage) sih tergantung dari seberapa efektif/efisien algoritma engine av scannernya. Ada yang ringan dalam hal penggunaan cpu usage ada juga yang nggak.

Tapi kalau untuk pemindaian file oleh program antivirus dari disk tergantung berapa banyak operasi i/o dari disk strorage itu sendiri. Karena setiap data yang akan dieksekusi atau diakses oleh program akan disaring terlebih dahulu oleh antivirusnya sebelum di load ke memori.

Soal harddisk sendiri umumnya hanya bisa melakukan operasi i/o sekitar 70 - 150 iops, seberapapun cepatnya rpm dari harddisk tersebut. Apabila iops nya sudah terpakai semua, utilitas disk (disk usage) akan menunjukkan 100%, sehingga file/data lainnya yang perlu dibaca tulis oleh sistem akan menunggu antrian.

Untuk Windows Defender sendiri tetap menjalankan proses malware scanning (MsMpEng.exe) sekalipun opsi Real-time Protection, Cloud-based Protection sudah di off kan dari menu Settings.

Apabila servicenya di disable sama sekali (selain yang Windows Defender Firewall) cukup terasa pada notebook atau komputer dengan processor lawas yang menggunakan Windows 10. Penggunaan memori RAM dan swap (pagefile) juga jadi jauh berkurang.

Windows 10 Pro x64 yang biasanya start awal menggunakan 1.4 - 1.7 GB bisa berkurang jadi sekitar 900 MB - 1 GB. Ukuran swap pun jadi bisa dikurangi dari yang awalnya sekitar 1400 MB ke 512 MB.

Untuk meningkatkan performa notebook lebih efektif adalah mengganti harddisk dengan ssd. Komputer desktop dengan processor i7 yang masih pakai harddisk pun akan kalah kalau adu booting startup atau adu kecepatan eksekusi program dengan notebook sekelas Pentium yang storagenya pakai ssd.


KASKUS Ads
image-url-apps
ganti ke linux gan (ane recommend xubuntu), gak perlu antivirus2an, very secure, default running cm pakai Ram 400MB, plus ada unix terminal a.k.a bash
#echo 'linux is awesome'
Quote:


Mengandalkan Smadav saja tidak cukup gan, kalo ada aktivitas Online di PC/Laptop itu..

Defender membuat laptop jadi berat, kembali ke spek PC/Laptop itu..

Defender yang bagus, jika tampilannya sudah seperti ini:

Spoiler for :


Jika masih seperti ini:

Spoiler for :


Segeralah Update Windows 10-nya.

Saran dari ane ya coba aja andalkan Windows Defender, jika tidak terasa berat ya pakai saja terus. Jika berat, coba saja Avast.
×