alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Coret Rusun Ahok, Ribuan Warga Terancam Tak Punya Rumah
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6c496b12e257b14a8b4567/anies-coret-rusun-ahok-ribuan-warga-terancam-tak-punya-rumah

Anies Coret Rusun Ahok, Ribuan Warga Terancam Tak Punya Rumah

Anies Coret Rusun Ahok, Ribuan Warga Terancam Tak Punya Rumah
Jakarta, CNN Indonesia -- Lebih dari 14 ribu warga Jakarta terancam tak punya hunian usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan mencoret anggaran pembangunan tiga rumah susun pada APBD-P 2018.

Jika usulan Anies diketok DPRD, maka tak ada pembangunan rusun baru di Jakarta tahun ini. Padahal jumlah rusun yang ada saat ini belum mampu menutupi kebutuhan hunian warga Ibu Kota.

"Untuk yang sudah ada daftar waiting list saja 14.600 [kepala keluarga]. Kita akan lakukan penghunian tahun ini sekitar 9.400 unit," kata Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Meli Budiastuti, saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Selasa (7/8).


Meli menyampaikan tiga rusun yang bakal dicoret, yakni Rusun Inspeksi BKT di Jakarta Timur, Rusun PIK Pulo Gadung di Jakarta Utara, dan Rusun Karang Anyar di Jakarta Pusat. Pembangunan tiga rusun akan diundur ke tahun anggaran berikutnya.
Lihat juga: Anies Coret Program 8 Rusun Rancangan Ahok Senilai Rp1,3 T

Tiga rusun itu akan dikerjakan secara tahun jamak (multiyears) pada 2019 dan 2020. Total hunian yang akan dihasilkan hanya 2.998 unit.

Jika tiga rusun itu rampung di 2020, maka setidaknya masih ada 2.202 kepala keluarga yang belum dapat hunian. Angka itu belum termasuk kepala keluarga yang masuk daftar tunggu di tahun 2019 dan 2020.

Masalah tak berhenti di situ. Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendarwan mengatakan pihaknya terhambat melakukan relokasi warga di bantaran sungai karena kurangnya rusun yang tersedia.

Hal ini, kata Teguh, salah satu yang membuat pengadaan tanah molor. Sehingga berdampak pada rendahnya serapan anggaran Dinas SDA. Per 31 Juli, dinas ini hanya mampu menyerap 20,40 persen dari anggaran Rp3,27 triliun.

"Kan tadi disampaikan tiga rusun saja tahun ini gagal, Rp700 miliar lebih dimatikan. Artiya kami mengalami ketertundaan," kata Teguh saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Rabu (8/8).

Teguh mengatakan saat ini Dinas SDA sedang memiliki priorotas membenahi tiga titik, yaitu Pesanggrahan, Sunter, dan Ciliwung.

Dia menaksir untuk merelokasi satu titik, butuh 3.000 unit untuk 3.000 kepala keluarga. Berarti untuk tiga titik itu, ia butuh 9.000 unit rusun.

"Kita kan tidak bisa relokasi kalau tidak ada rusunnya," ucap dia.

Dari angka yang disebutkan Teguh dan Meli, setidaknya akan ada 11.202 kepala keluarga di Jakarta yang tak memiliki hunian pada tahun 2020.

Sekretaris Komisi D Pandapotan Sinaga sempat menyesalkan alasan pencoretan hanya karena Pemprov DKI tak mampu menyelesaikan dalam tenggat waktu yang ada.

"Padahal waktu minta anggaran itu, mintanya kayak mau menangis, tapi sekarang tidak bisa dieksekusi," ucap Pandapotan secara lantang dalam rapat komisi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Selasa (7/8/2018).

Sebelumnya, Anies mengusulkan untuk mencoret anggaran delapan rumah susun dalam pembahasan APBD-P 2018. Delapan rusun itu telah dianggarkan sejak era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Lima dari delapan rusun sudah rampung dikerjakan. Tinggal menunggu proses pembayaran yang masih tersendat. Sementara tiga lainnya belum dikerjakan sama sekali.

sumber : https://m.cnnindonesia.com/nasional/20180809090152-20-320769/anies-coret-rusun-ahok-ribuan-warga-terancam-tak-punya-rumah

saat ini warga ga butuh rumah, warga cuman butuh trotoar buat dagang emoticon-Leh Uga
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
woalah, mau berpaling dr pakde tp kok pilihannya pasangan lawak ini emoticon-Cape d... ayo pak beye coba kasih pilihan ke 3, kesempatan ni
14600 org itu dulunya pilih asu kaga?
Klo pilih ... Silahkan protes emoticon-Big Grin
kan dp 0 sudah dibangun. umat jangan takut
yg penting seiman emoticon-Shakehand2
Quote:


Ahokers tambah terguncang hebat gan.
dirikan tenda darurat di balai kota ajaemoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
bikin rumah kardus di semua trotoar emoticon-Big Grin
makanya jgn mau dikibulin
Warga butuhnya rumah di pinggir kali...
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
tenang punya rumah di surga emoticon-Ketupat
Yang penting seiman.
Balasan post bawel69
Quote:

Quote of the day..

emoticon-Big Grin
Gpp rusun ilang, sing penting kebagian Voucher Disolatin Mayat kalo mati nanti..
Balasan post caesaratiensya
Quote:


Bener banget, nanti limbah tinjanya ngalir ke sungai. Sungainya bakal lebih hitam dari aspal dengan aroma yang luar biasa. Dengan begitu, warga (ppsu maksudnya) bisa berkreasi mengecat bantaran sungai hingga jadi warna warni. Setelah itu Gubernur akan melengkapi dengan waring di permukaannya. Sungguh indah, kolaborasi warga yang turut andil dalam pembentukan sungai hitam natural ala Jakarta. Bakal jadi lahan konservasi bakteri metanogen dan bakteri sulfur.

Bakal jadi lahan konservasi archaea nih, saingan yellow stone national park. Malah lebih keren, ada bau baunya gitu. emoticon-Big Grin
terancam gagal.page one
Bahagia Warganyaemoticon-Ultah
Balasan post mituwet
Quote:


Dah kena kuncian tuh pepo... Pilihannya cuma dua, pilih wowo apa wiwi,partai-partai pendukung udah kekunci dikubu masing-masing...
Kejar setoran..uang bos dipake kemarin
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di