alexa-tracking

Qurban Pake Utang, Boleh Gak Sih?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b6c43b5e052279b4c8b4567/qurban-pake-utang-boleh-gak-sih
Qurban Pake Utang, Boleh Gak Sih?
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Berawal dari niat qurban yang dari dulu belom kesampean, akhirnya insya allah taun ini beneran kesampean. Awalnya ane galau gan, ini duit kok susah bener disimpen buat qurban. Giliran buat seneng2 mah niatnye bulet banget, eh kalau buat ibadah malah ada aje yang menghambat niat.

Rasanya berat gitu ngumpulin duit 2 jutaan buat beli kambing. Akhirnya ane cari2 nih, ada gak kira2 cara yang bisa bikin niat ane beneran terlaksana. Setelah research2, akhirnya ada satu cara yang menurut ane masuk akal: Cicilan!

Iye gan, dicicil tuh hewan, udeh kayak motor aje kan. Ane baca artikelnya di sini gan: https://blog.kredivo.com/tabungan-belum-cukup-gunakan-cara-ini-supaya-bisa-berkurban/

Di situ ditulis kalo beberapa lembaga amil zakat yang namanya udeh familiar di kuping ane, macem Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, PKPU, ternyata kerja sama sama ecommerce Tokopedia, Bukalapak, trus ada beberapa lagi. Langsung lah ane meluncur ke websitenye, dan beneran ada. Pas ane iseng2 mau beli, ada pilihan cicilan. Sama persis gan kayak kalau agan2 belanja barang laen. Pilihan cicilannye bisa pake kartu kredit, bisa pake Kredivo juga. Berhubung ane ga punya Kredivo, jadi ane pilih cicil pake kartu kredit, bunganya juga 0%.

Untungnye limit ane masih cukup, meskipun langsung abis. Ya kaga napa deh asal niat ane dari bertahun2 lalu bisa tercapai.

Sekarang ane tinggal bayar cicilannye, dan nunggu kambing ane dipotong pas idul adha. Ohiye, btw tu kambing kaga dibawa ke rumah ane, tapi dipotong langsung di lokasi lembaga zakat dan dibagiin ke yang berhak sama mereka juga. Tapi namanya atas nama ane. Ga masalah buat ane, malah bagus karena ane gak perlu nyium bau embek...

Alhamdulillah ane lega, meskipun barusan ada pro kontra di keluarga ane, kata beberapa orang qurban pake utang itu ga sah. Kalo menurut agan gimane?



image-url-apps
Kalau kutangan udah pasti gak boleh. Karena membuka aurat emoticon-Nohope
image-url-apps
gak boleh
KASKUS Ads
Quote:


justru kutang kan buat nutupin aurat mbah emoticon-Ngakak
Quote:


tuh kan udah denger sendiri....

"Ayo bambang, buka kutangnya kamu gak pantes kutangan" emoticon-Nohope

Qurban Pake Utang, Boleh Gak Sih?
image-url-apps
Quote:


ladalah emoticon-Ngakak
Quote:


Qurban Pake Utang, Boleh Gak Sih?
Quote:


senengane ngambungi jembrina emoticon-Nohope

Qurban Pake Utang, Boleh Gak Sih?

image-url-apps
menurut ane qurban it untk yg mampu.

atau mgkn dblik gan ente nyicil dulu bru qurban, jd pas idul adha it kambing udah lunas.
Dalam artian nabung setahun untk beli kambing untk qurban

Sah atau engakny ane g tw
image-url-apps
kalo ane mending ga usah memaksakan diri
image-url-apps
cicil boleh, kredit ga boleh emoticon-Ngakak (S)
cicil kan bayar didpn toh, ntr barangnya blkgan
klo kredit barang dlu baru bayar

sm aja sih sbnrnya, biar ga pusing aja emoticon-Hammer2
image-url-apps
Kurang tau bre.. emoticon-Bingung
.
Bawah ane nih mungkin ahlinya, soalnya doi udah pernah qurban Onta. emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Jangan lah gan, cash keras aja.
Quote:


Ane beneran nanya nih gann...hedehh
Quote:


Ane coba baca2 ulama nyaranin boleh aja gan, asal tanpa bunga, dan asal kita bisa lunasi
wah ane gak tau breee

mungki bawah ane tau emoticon-Wagelaseh
Reply to dancrutz's post
image-url-apps
Quote:


Iya gan bener sih, harusnya ane nabung dari lama. Jadi pas idul adha, tabungannya udah cukup buat beli kambing. Tapi selalu ada kebutuhan gan. Kalau ane cicil sekarang kan jadi ada kewajiban yang mau gak mau kudu ane bayar

Quote:


Maunya gitu sih gan, tapi apa daya banyak kebutuhan lain. Kalo dicicil berasa lebih ringan
Quote:


Selama kita mampu bayar cicilan apa keitungnya memaksakan diri juga gan?

image-url-apps
Quote:


Iya menurut gue
×